Skip to main content

Kisah Keyakizaka46

keyakizaka46-skandal

Berdiri dengan nama awal Toriizaka46, Keyakizaka46 (欅坂46) merupakan grup serial kedua dari Sakamichi Series atau kami menyebutnya dengan sebutan Zakamichi.

Anggota generasi pertama Keyakizaka46 diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2015 yang terdiri dari 21 orang anggota perdana ketika awal diluncurkan dan diperkenalkan ke publik.

Member

Berikut merupakan personel Keyakizaka46 generasi pertama antara lain:
  1. Hirate Yurina
  2. Ishimori Nijika 
  3. Watanabe Risa
  4. Uemura Rina
  5. Watanabe Rika
  6. Ozeki Rika 
  7. Moriya Akane
  8. Harada Aoi
  9. Oda Nana
  10. Suzuki Mizuho
  11. Habu Mizuho 
  12. Koike Minami
  13. Harada Mayu
  14. Sugai Yuuka 
  15. Kobayashi Yui
  16. Suzumoto Miyu
  17. Sato Shiori
  18. Shida Manaka
  19. Nagahama Neru
  20. Imaizumi Yui
  21. Saito Fuyuka
  22. Yonetani Nanami
  23. Nagasawa Nanako
Catatan: Nama yang digaris miring itu sudah keluar dari grup baik lulus atau mengundurkan diri.

Sedangkan ini adalah member generasi kedua Keyakizaka46 totalnya 15 orang:
  1. Yamasaki Ten 
  2. Inoue Rena
  3. Moriya Rina
  4. Endo Hikari 
  5. Morita Hikaru
  6. Ozono Rei
  7. Matsudaira Riko
  8. Onuma Akiho
  9. Matsuda Rina
  10. Kosaka Marino 
  11. Seki Yumiko
  12. Matsumoto Kira
  13. Tamura Hono
  14. Fujiyoshi Karin
  15. Takemoto Yui
Grup Saudari dan Unit

Sister group Keyakizaka46 terbagi menjadi dua bagian, yakni adik dan kakak. Kakaknya sebagai senior adalah Nogizaka46 yang lebih dulu didirikan pada 2011.

Sementara untuk grup saudari juniornya ada Yoshimotozaka46 yang dirumorkan bubar serta Hinatazaka46 grup pecahan Hiragana Keyaki dibentuk pada Maret 2019.

Selain itu, Keyakizaka46 memiliki sub-unit yang dibuat dan terdiri dari beberapa anggota mereka, antara lain: Yuichanzu, Goninbayashi, Aozora to MARRY, Sakamichi AKB (duet sama AKB48 Group), Senbatsu, Kanji Keyaki, Techi Neru.

Single dan Album

Sampai artikel ini dibuat, Keyakizaka46 memiliki 8 single dan dua album yang dirilis resmi ke publik berikut daftarnya:

Single:
  • Silent Majority
  • Sekai ni wa Ai Shika Nai 
  • Futari Saison
  • Fukyouwaon
  • Kaze ni Fukarete mo 
  • Glass wo Ware! 
  • Ambivalent 
  • Kuroi Hitsuji
Album:

Masshirona Mono wa Yogoshitaku Naru (2017)
Hashiridasu Shunkan (2018)

Variety Show dan Drama

Ssjauh ini Keyakizaka46 memiliki dua program varietas, tiga drama Jepang, dan satu siaran radio yang dibintangi membernya.

Variety:
  • Keyakitte, Kakenai? 
  • KEYABINGO! 
Drama:
  • Zankoku na Kankyakutachi
  • Re:Mind
Radio:
  • Keyakizaka46 Kochira Yurakucho Hoshizora Housoukyoku
Mereka juga kadang muncul di variety show milik sister groupnya yakni AKBINGO!, NOGIBINGO! dan HINABINGO!.

Konflik dan Skandal

Menerapkan konsep yang sama seperti 48 Group, dimana semua member Keyakizaka46 harus berfokus pada tugas dan pekerjaan mereka sebagai idola.

Pacaran dan kencan tidak dilarang, namun jika ketahuan dan mengecewakan penggemar maka para member harus menerima konsekuensi dan bertanggungjawab atas perilaku mereka.

Biasanya member Keyakizaka46 yang kena skandal akan diberikan sanksi hukuman. Baik skorsing, penangguhan aktivitas sampai terberat dikeluarkan paksa dari grup.

Skandal Keyakizaka46 terparah dialami Mayu Harada dimana fotonya yang kurang sopan ketika berpacaran sama gurunya dan sang guru memegang bagian... Ah suxahlah, cek di google saja.

Berikut daftar skandal anggota Keyakizaka46 dan mantan member yang ketahuan pacaran:
  • Nana Oda
  • Manaka Shida
  • Neru Nagahama
  • Harada Mayu
Selain itu, ada konflik yang menyebabkan aktivitas Keyakizaka46 terhenti pada akhir 2019 sampai pertengahan 2020. Sebuah kasus terbesar dalam sejarah idol group ini sampai harus menunda perilisan single berbulan-bulan lamanya.

Kasus diawali dengan isu yang menyebar terkait Suzumoto Miyu akan segera mengumumkan kelulusan bersama seorang member yakni Oda Nana. Suzumon diketahui memiliki konflik sama anggota lain yang belum terungkap.

Ketika single ke-9 akan segera rilis, Hirate Yurina yang sejauh ini dipercaya menjadi pengisi posisi center delapan kali berturut-turut dikabarkan tidak suka dengan hasil rekaman audio.

Sehingga semya member senbatsu dituntut untuk melakukan rekaman ulang, hanya demi memenuhi permintaan Techi yang kurang suka dengan hasil akhirnya. Ini akan memperberat tugas anggota lain tentunya.

Hirate Yurina kemudian terbongkar mendapatkan perlakuan khusus dan istimewa dari manajemen sejak awal grup ini dibentuk. Semua keputusan rilis single ternyata harus meminta persetujuan dirinya terlebih dahulu.

Itulah yang menyebabkan Suzumoto Miyu dan Oda Nana pada Januari 2020 memilih lulus, sedangkan Techi juga keluar mengundurkan diri dengan efek langsung meski masih solo karir di bawah naungan agensi yang sama seperti Keyakizaka46 yakni Seed & Flower.