Skip to main content

Cara Mengatasi Dibungkam Oleh Sistem Rise of Kingdoms

anda telah dibungkam oleh sistem RoK

Pernahkah sobat ketika ingin mengirim chat ternyata tidak bisa dan justru muncul tulisan "You Have Been Muted By System" atau dalam bahasa Indonesia (Kamu Telah Dibungkam Oleh Sistem) di Rise of Kingdoms. 

Tenang, kalian tidak sendiri. Karena sudah banyak yang mengalami hal ini. Tetapi itu semua terjadi bukan tanpa sebab, melainkan bisa jadi akibat ulah atau perkataan sobat ketika mengirimkan chat baik di ruang obrolan aliansi, Kingdom Chat (KC) dan Lost Kingdom Chat (LKC). 

Pembungkaman ini sudah diterapkan oleh Lilith sejak pembaruan Patch Notes akhir tahun lalu. Mereka juga membatasi jumlah karakter yang dapat dikirimkan ke chat untuk meminimalisir spam dalam ruang chat. 

Ada beberapa penyebab kenapa kamu kena mute sistem sehingga tidak bisa kirim chat, antara lain: Mengirimkan kata-kata terlarang seperti rasis, memancing keributan, provokasi secara masif dan sistematis, dan ada yang melaporkan teks yang kamu kirimkan. 

Anehnya dari update ini adalah Lilith akan menggeneralisir. Maksudnya begini, contoh jika sobat mengirimkan kata "Rusak", tapi jika diterjemahkan ke bahasa Mongolia itu memiliki arti & makna yang buruk/jahat, sehingga saat pemain dari Mongolia melaporkan chat sobat, nanti sobat akan terancam kena Mute / Dibungkam. 

Lantas, bagaimana cara memperbaiki Dibungkam Oleh Sistem di Rise of Kingdoms? Untuk mengatasi hal ini harus membuka tiket dan komplain lewat Customer Service. 

1. Masuk ke game Rise of Kingdoms. 

2. Tap ikon foto profil di kiri atas, pilih Pengaturan (Settings) ikon roda gigi. 

3. Lalu pilih tombol Customer Service (Layanan Pelanggan), dengan ikon tanda tanya. 

4. Pada pojok kanan atas terdapat logo headset atau tanda tambah (+), silakan tap. 

5. Sekarang kalian jelaskan di kolom deskripsi, minta bantuan untuk melepas Muted pada akun. Gunakan bahasa Inggris dan mencantumkan ID akun, saya berikan contoh kalimatnya di bawah nanti bisa kalian ikuti.

6. Pada kolom nama, cantumkan nama akun Anda. Email dikosongkan saja. 

Contoh kalimat ajukan banding jika Kamu Telah Dibungkam Oleh Sistem di Rise of Kingdoms: "Hi, my account has been Muted. Can you please help to fix it? My Governor ID: 123456". Silakan ganti angka ID dengan akun sobat yang terkena Mute ya.

Cara mengetahui ID akun Rise of Kingdoms atau karakter tepatnya, buka profil kalian. Di bagian atas nama akun terdapat ID, contoh Gubernur (ID: 654321) itulah yang harus sobat cantumkan ketika mengajukan banding. Pastikan juga 

Berapa lama biasanya terkena Muted atau Dibungkam sistem pada Rise of Kingdoms? Tergantung tingkatannya, jika Lilith menganggap sudah keterlaluan kalimat/kata-kata pelanggarannya dan provokatif, maka sobat bisa kena Mute seminggu, sebulan bahkan setahun. 

Demikian panduan cara mengatasi Kamu Telah Dibungkam Oleh Sistem di Rise of Kingdoms atau You Have Been Muted By System, meski masih ada celah dan kelemahan yang harus diperbaiki, setidaknya dapat mengurangi provokasi di ruang obrolan.