Tips Farming Gems dengan Cepat di Rise of Kingdoms

farming gems rise of kingdoms

Panduan cara mendapatkan Gems Rise of Kingdoms dengan cepat pakai metode farming. SDA atau Resource paling bernilai di game RoK adalah Gem, ia termasuk sulit didapatkan secara gratisan, kecuali kita mau grinding tiap hari. 

Bagi sultan, mungkin kalau lagi butuh Gems tinggal top-up saja. Tapi sebagai F2P, terkadang kita harus farming Gems terlebih dahulu walau agak sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. 

Ada banyak metode supaya kita dapat Gems gratis di Rise of Kingdoms. Mulai dari yang paling mudah, tergantung keberuntungan, hingga tersulit melawan para sultan di RoK sebagai pesaing. 

Kami akan bagikan tips berdasarkan pengalaman pribadi mendapatkan total 4000+ Gems per hari gratis di Rise of Kingdoms sebagai motivasi buat kalian.

Ya, saya mengumpulkan total lebih dari 242 ribu Gem hanya dari farming selama KvK Musim 2 saja yang berlangsung sepanjang 50 hari. Belum termasuk Gems dari hadiah event, Chronicle, Okupasi bangunan pertama kali (Pass 4,5,6,7, Crusader Camp/Fortress, Hieron, Circle, Great Ziggurat), Golden Chest dan lain sebagainya. 

Hasilnya, kini saya sudah bisa upgrade VIP 14 dan Castle Level 25 buat langkah awal unlock pasukan T5 Troops. Apabila kalian juga pemain F2P, silakan simak trik ini ya. 

1. Zona 3 - Resources Nodes, atau level SDA di dekat Lost Temple benar-benar tinggi dan hijau sekali. Kita harus menuju ke zona tiga agar menemukan Gem node level 2 di Home Kingdom. 

2. Constance dan Matilda - Komandan Constance & Matilda of Flanders yang berfokus pada Gathering memiliki skil tambahan berupa Resource Bonus jika sudah Expertise, jadi ketika dia selesai farming akan mendapatkan bonus SDA sebesar 10% saat kembali ke kota. Gunakan dia buat mendapatkan Gems tambahan. 

Catatan: Upgrade kedua komandan itu ke level 40 dan fokus talent Tree di bagian Gathering saja untuk memaksimalkan bonus yang didapatkan.

3. Riset Cutting & Polishing - Di Academy kalian harus riset teknologi tersebut hingga minimal level 9 agar ketika komandan farming Gems durasinya jadi lebih cepat dan dipersingkat. 

4. Lost Kingdom - Saat event KvK berlangsung, kita bisa teleport ke LK, disana level SDA tinggi semua. Minimal level 5 untuk terendahnya, dan lv 3 buat Gems. 

Selama kalian berada di Lost Kingdom, semua KD yang berpartisipasi dan pemainnya akan menerima buff Gathering Speed 50%. Apalagi jika kalian berada di aliansi yang menguasai bangunan Kamp Crusader Camp dengan buff tambahan Gathering Speed 25%. Ambil rune Gathering Speed 10% di tiap situs suci bangunan Benteng Crusader/Camp.

Khusus KvK Musim 1 dan Season 2, disarankan selama 3 minggu pertama KvK, kalian farming Gems di Zona 4 saja. Mengingat war bisa terjadi kapan pun dan pasukan kalian bisa saja diserang saat farming SDA. 

Sobat juga bisa mengambil Rune berupa Gathering Speed Buff di Crusader Camp, Sanctuary, Hieron atau Crusader Fortress. Selain itu, tanyakan juga kepada King / Raja kalian mengenai Kingdom Buff Gathering Speed kapan diaktifkan. 

Trik: Bawa pasukan lebih dari kapasitas Gem Node. Misalnya satu Gems Node level 3 berisi 30 Gems, maka harus bawa 800 Pasukan T1 Siege, bawalah lebih dari itu, misalnya saya 35 ribu pasukan per Antrian/March. 

Sehari bisa kumpulkan 800-1000 Gems per Marches. Jika pakai 5 Marches maka kalikan saja totalnya. Di hari libur bisa dapat lebih banyak lagi. Ketika ada March komandan yang hampir selesai di suatu Gem Node, maka langsung cari Gem berikutnya, jangan langsung dibiarkan balik ke kota begitu saja. 

Ibarat kata merantau itu para pasukan buat mencari Gems. Kendalanya? pasti ada, banyaknya pesaing yang ingin farming Gems sementara di satu sisi jumlah titik SDA Gem itu terbatas. Apalagi tak jarang pemain tanpa etika tidak bisa menghargai first line atau garis menuju resource point. 

Tips: Buatlah akun farm di RoK, satu cukup. Kalau empat itu lebih bagus dan bisa fokus untuk tiap SDA yakni Food, Wood, Stone dan Gold. Sehingga antrian pasukan di akun utama difokuskan farming Gems saja. 

Saya sendiri punya 4 akun farm dan 1 akun utama di satu Kingdom. Akun utamanya untuk kegiatan Farming Gems, main Barbarian Fort, mengumpulkan koin aliansi (Slow Build Bendera), berburu Guardian, dan masih banyak lagi. Cek juga: Jadwal Recharge Rewards buat kalian Low Spender di game RoK.

Sekian dulu panduan kami cara mendapatkan Gems di Rise of Kingdoms gratis dengan cepat menggunakan metode Farming Gem paling efektif dan komandan khusus.