Musim Penaklukan Tidak Bagus Buat F2P Rise of Kingdoms

crystal tech rise of kingdoms rok kvk

Setelah menjalani KvK Musim 1, 2 dan Season 3 (Light vs Darkness), sobat akan masuk ke Season of Conquest (Musim Penaklukan). Di kvk 4 dan seterusnya ini, kalian akan berpotensi menghadapi lawan dari semua Kingdom yang juga sudah berada di SoC. Dan itu lebih berat.

Ya, seluruh kerajaan tua. Termasuk kd #1002, dimana itu merupakan server paling awal di game ini. Namun yang dikhawatirkan oleh F2P dan Low Spender adalah bukan masalah tua-mudanya kerajaan, tapi format & sistem kvk SoC itu tidak ramah F2P. 

Ada hal baru bernama Crystal/Kristal. Sebuah RSS khusus yang muncul selama KvK musim penaklukan berlangsung baik itu Heroic Anthem, Strife of The Eight (Perselisihan Delapan Pihak) dan March of the Ages (Pengerahan Terbesar Zaman), semuanya menggunakan Crystal Tech. 

Apa itu Crystal Tech? Dalam musim penaklukan kvk Rise of Kingdoms, teknologi militer akan semakin kuat bagi pemain P2W. Sebelumnya sudah pernah kita bahas mengenai hal ini di artikel: Mendapatkan Crystal

Ketimpangannya amat sangat terasa, karena dengan adanya kristal ini riset teknologi militer P2W bisa berpotensi menjadi 100 kali lipat lebih kuat dibanding F2P. Alhasil, tidak ada kesempatan bertahan lama perang di open field bagi F2P. 

Jadi bukan cuma kalah di komandan & equipment saja, pasukan pemain F2P pun akan terasa lemah di KvK musim penaklukan. Ini bukan mitos atau bualan belaka, tapi fakta. Makanya saya berbagi pengalaman disini & sebagai F2P juga agar jadi referensi bagi sesama gubernur Free to Play.

Karena saya sendiri sampai saat ini sudah menjalani KvK 5 di kd sekarang berada, atau dalam artian dua kali Season of Conquest dengan dua story berbeda yaitu HA dan Perselisihan Delapan Pihak. 

Jika kalian memaksakan diri ikut perang open field, harus berhati-hatilah. Jangan terlalu offside atau pasukan kalian otomatis dikeroyok habis, hospital gampang penuh. Karena meski kalian sudah unlock T5 dan pakai komandan legend expertise, kalau Crystal Tech sobat kalah jauh maka akan sia-sia. 

Biasanya F2P menghindari open field lalu ikut support mengisi Rally atau Reinforce bangunan aliansi seperti Alliance Fortress, Pass & Bendera/Flag. Lalu kumpulkan speedup latihan pasukan, karena pastinya dengan mengisi rally & defend bendera itu akan membuang-buang troops sobat. 

Beruntungnya untuk musim penaklukan, 50% dari total pasukan yang gugur di medan perang akan dikembalikan oleh Lilith, maksimal 30 hari setelah KvK resmi berakhir.

Teknologi kristal pemain P2W bisa rata kanan hanya dalam waktu beberapa hari sejak map Lost Kingdom dibuka. Sehingga ketika Pass 4 terbuka di LK, mereka sudah siap baku hantam dengan 5 sampai 7 march antrean pasukan per orang. 

Lalu bagaimana solusinya? Selalu simpan koin aliansi kalian, jangan beli apapun di Alliance Shop, selain passport. Karena halaman paspor berguna untuk migrasi pindah kerajaan serta kembalilah ke kingdom lebih muda untuk menjalani KvK musim 2 dan musim 3 LvD. 

Apalagi sejak adanya pembaruan atau Update Patch Notes beberapa bulan lalu, kita bisa menjual patung emas Aethelflaed Sculpture dikonversi ke Silver Coin individu. Rajin ikut Slow Build (20k koin/hari), dan maksimalkan bantuan aliansi (Alliance Help 10k per hari) untuk cepat dapat paspor. 

Kalau sobat F2P & belum unlock T5, maka KvK Season of Conquest harus dihindari sebisa mungkin. Apalagi di LK musim penaklukan itu Barbarian Fort tidak memberikan item Book of Covenant sama sekali, jadi bisa menghambat progres kalian menuju Castle level 25 yang mana itu salah satu syarat utama membuka jenis troop Tier 5. 

Sehingga kesimpulan berdasarkan pengalaman saya, migrasi kembali ke KvK 2 lebih baik sampai kalian benar-benar siap main di musim penaklukan Rise of Kingdoms. Minimal unlock teknologi T5, lalu Expertise Alex dan YSG serta sudah menempa perlengkapan (Equipment) perang yang cukup bagus. 

Tenang saja, Rise of Kingdoms itu game yang tidak ada tamatnya. Balik lagi main KvK Musim 2 bukan berarti hal buruk, justru bagi F2P itu sangat direkomendasikan.