Pasca Zeroed: Tips Usai Terkena Zero di Rise of Kingdoms

Jika sobat sudah membaca halaman Daftar Istilah Rise of Kingdoms mungkin tidak asing lagi dengan kata-kata "Zero" atau "Zeroed" ya. Banyak pemain yang mengalami kena Zero di game RoK. 

Apabila sobat terkena Zero berarti kota/city kalian diserang biasanya oleh akun yang lebih kuat atau setara, baik sendiri atau diserang ramai-ramai, penyerangan dilakukan terus menerus hingga semua pasukan dan RSS/SDA yang ada di kota kalian habis tak tersisa alias ZERO.

arti zeroed rok maksud zero rise of kingdoms

Kebanyakan pemain yang kena Zero kotanya diserang saat tidak sadar atau tanpa sepengetahuan mereka. Misalnya sering terjadi dalam event Lost Kingdom alias KvK. 

Ketika kota sobat yang tadinya aman karena berada di dalam teritorial aliansi, namun kalian offline entah karena tertidur atau sibuk tanpa mengetahui progres pertempuran yang menghasilkan kekalahan dari pihak KD/aliansi sobat. 

Bendera Crusader yang dihabisi musuh hingga roboh, membuat kota kalian jadi tidak aman karena tak lagi ada di dalam teritorial aliansi, dan lawan bisa menyerang kapan saja. Penyerangan biasanya diawali dengan Rally, berisi lebih dari 2 juta pasukan gabungan ke kota yang ditargetkan.

Jika hasil serangan Rally sudah selesai, kota target akan di Scout/Intai untuk melihat apakah masih ada pasukan dan SDA/RSS yang tersisa. Kalau dianggap masih menyisakan walau sebatang pasukan, maka tetap terus diserang hingga Nol alias Zero. 

Termasuk RSS, pemain bisa looting atau mengambil SDA secara gratisan biasanya pakai jenis unit pasukan Siege agar bisa menjarah Resources sekaligus dalam jumlah yang banyak. 

Pemain yang Zeroed Lebih Sering Terjadi di KvK 

KvK di Rise of Kingdoms itu memakan banyak waktu pemain. Makanya tidak heran ada yang sampai mengambil cuti kerja berhari-hari demi menjaga harga diri dan martabat Kingdom mereka agar fokus menang war di LK. Banyak juga yang terpaksa memakai jasa joki agar tetap terkesan aktif bermain 24/7 (24 jam 7 hari).

Ada dua jenis penyebab kenapa seseorang terkena Zero di Rise of Kingdoms. Pertama, karena dia lalai berada di zona pertempuran ketika mau offline lupa memasang bubble /  Peace Shield atau memindahkan kota ke zona aman dengan Territorial Teleport. 

Nah, yang kedua biasanya memang sengaja di-zero teman satu Kingdom sendiri atas perintah Kingdom Council atau Raja. Bisa jadi karena melanggar peraturan kerajaan, sehingga ia harus menerima hukuman tersebut. Baca juga: Tugas Raja di Rise of Kingdoms

Paling umum terjadi di home kingdom itu pemain barbar menyelinap merusak peraturan dalam event MGE yang urutan pemenangnya sudah ditentukan oleh Council. Sering kejadian begini di berbagai KD.  

Kadang-kadang juga kalau terjadi Civil War RoK, maka siapa saja berpotensi terkena Zero oleh pemain lain. Makanya disarankan sobat punya stok item Peace Shield sebanyak mungkin dan gunakan saat butuh saja.

Setelah Kena Zero, Apa yang Harus Dilakukan? 

Apabila sobat adalah P2W yang rajin top-up dalam jumlah banyak, mungkin bukan masalah besar. Tapi untuk F2P alias gratisan dan pemain Low Spender, kehilangan pasukan dan RSS dalam waktu singkat & jumlah besar terutama tanpa sepengetahuan sendiri itu akan menyakitkan sekali. 

Oleh karenanya, yang dapat dilakukan adalah menyembuhkan pasukan yang tersisa di Hospital. Ini akan berguna untuk membantu kita farming RSS, barbarian, dan ikutan event yang butuh pasukan.

Lalu kalau mau melatih pasukan baru, bagi F2P penggunaan speedup Training Troops fokus saja ke satu jenis pasukan yang digunakan entah itu Infantry, Cavalry atau Archer, jangan pakai speedup buat melatih pasukan Siege.

Jangan sembarangan juga saat melatih pasukan, tunggu saat event Training Day, Now or Never atau Game of Power yang mengharuskan kalian menghabiskan Speedup Rise of Kingdoms, untuk tambahan hadiah Patung Emas (Gold Head).

Karena saat ada event biasanya juga sang paduka Raja mengaktifkan Kingdom Buff berupa kecepatan melatih 10%, lalu cari Rune Training Speed yang 10% atau 15% lebih bagus, minta title Duke untuk buff tambahan 10%. Barulah pakai speedup kalian. Saya pribadi lebih suka menunggu event seperti: Zenith of Power RoK.

Apabila sobat berada di kingdom tua yang sudah masuk KvK Musim Penaklukan (Season of Conquest) maka beruntung, karena di akhir musim KvK biasanya pasukan mati akan kembali dengan rasio pengembalian 50%. Itu salah satu kelebihan SoC dibanding KvK 1, 2 dan 3 yang rasionya lebih rendah.

Walau Rise of Kingdoms terbilang game yang santai dan cenderung tidak membutuhkan skil, tapi harus memakai logika mengatur strategi karena ini game RTS. Sobat harus tahu kapan waktunya mundur, menyerang, memakai segala jenis item dengan tepat. Termasuk menghindari potensi kena Zero ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel