Gilgamesh Rise of Kingdoms: Cara Dapat dan Talent Build Terkuat

Panduan bermain Gilgamesh di Rise of Kingdoms, komandan Archer terbaru. Memaksimalkan talent build terkuat, pilihan commander pasangan terbaik buat war serta bagaimana cara mendapatkan dia di RoK. 

Setelah sebelumnya kita bahas tentang Amanitore Rise of Kingdoms, kini yang bakal kami ulas adalah Gilgamesh. Keduanya dirilis secara bersamaaan oleh Lilith dan sama-sama memiliki keahlian memimpin pasukan Archer. 

gilgamesh rise of kingdoms pair pasangan


Walau sesama spesialisasi Archers alias Pemanah, namun fungsi kedua komandan tersebut jelas berbeda. Gilgamesh lebih banyak berguna untuk perang di map atau open-field dan memimpin pasukan rally. Ia disebut bakal jadi counter Zenobia terbaik.

Profil Gilgamesh Rise of Kingdoms

Nama: Gilgamesh 
Julukan: Wrath of Ishtar 
Spesialisasi: Archer - Conquering - Skill 
Kelangkaan: Legendary Commander 

Di dunia nyata, Gilgamesh merupakan seorang Raja atau King bagi sejarah negara bagian Uruk di Sumeria. Ia juga disebut sebagai pahlawan mitologi Mesopotamia Kuno. Khusus di RoK, ia bakal mengubah alur game alias Game Changer.

Ya, Gilagamesh tiba sebagai salah satu komandan meta baru, yang mengkhususkan diri dalam memimpin unit pemanah (Archer) dan ditandai dengan "Conqueror" penakluk kota dan Garrison. 

“Roar of the Tiger“, skill aktif yang kuat dengan skill damage yang besar selain memberikan debuff yang kuat ke musuh, mengurangi HP mereka sebesar 30% selama 3 detik.

Sebagai komandan yang berspesialisasi dalam unit pasukan Archer, skil bernama "Bowman of Uruk" meningkatkan HP Pemanah sebesar 30% selain meningkatkan 20% damage yang diberikan kepada musuh yang pasukannya sisa kurang dari 50%. 

Menjadi penakluk yang hebat, skil "A King's Right" meningkatkan serangan (Attack) Archer sebesar 20% juga menerapkan stack yang kuat dan meningkatkan semua damage yang ditimbulkannya pada kota dan garrison saat memimpin Rally. 

“Enkidu’s Path” skill pasif terakhirnya mengurangi damage serangan normal dan memberikan debuff yang kuat ke musuh sehingga ketika mereka menggunakan semua jenis skil Healing, mereka secara otomatis mendapatkan damage langsung. 

Skill ini lebih ditingkatkan dengan "Expertise: Demigod" meningkatkan pengurangan damage normal, damage langsung, dan menerapkan debuff lumayan tinggi dari peningkatan damage pada musuhnya sebesar 15%. Inilah alasan kenapa Gilgamesh disebut-sebut menjadi pengubah Meta. 

Talent Gilgamesh Rise of Kingdoms Terkuat

gilgamesh rok talent rally

Gilgamesh adalah komandan penakluk (Conquering) di Rise of Kingdoms, berkat talent dan skillnya, dia menjadi saingan atau sekutu yang kuat saat menyerang kota dan Garrison, menakutkan untuk pertahanan apa pun. 

Build tadi memfokuskan talentnya terutama pada peningkatan statistik, buff, dan debuff saat komandan menyerang City/Kota dan Bendera Crusader atau Benteng Aliansi, juga menggabungkannya dengan talent Skil yang meningkatkan damags "Roar of the Tiger" selain mengurangi Rage sendiri. 

Kalau sobat mau memainkan Gilgamesh buat perang di open field, maka talent build yang direkomendasikam adalah sebagai berikut: 

talent build gilgamesh rise of kingdoms rok open field

Talent build Gilgamesh ini efektif untuk Open-field dengan menghilangkan semua skil “Conquering” dan lebih fokus ke talent “Archer” dan “Skill” kita mendapatkan lebih banyak rage, attack dan peningkatan mendasar untuk pasukan yang bisa kita gunakan dengan sempurna dalam baku hantam open-field. 

Meskipun skil berupa "A King's Right" tidak berfungsi untuk open field, Gilgamesh masih merupakan komandan yang kuat yang mampu mengalahkan musuhnya dengan mudah, terutama melawan pasukan Infantry Alex RoK. 

Combo Pair Pasangan Gilgamesh Rise of Kingdoms

Saat ini ada empat komandan Archer yang bisa dijadikan Secondary Commander alias komandan kedua menemani & sebagai pasangan Gilgamesh di RoK yakni: Yi Seong-Gye, Ramesses II, Nebuchadnezzar, dan Koresh Agung (Cyrus The Great). 

Duet Gilgamesh - Ramses II RoK: Dua komandan 
Archer yang hebat untuk Open-field dan Rally, salah satu yang paling lengkap berkat debuff kuat yang secara signifikan meningkatkan damage yang ditimbulkan selain memiliki pengurangan skill damage oleh lawan, Ramses adalah salah satu pasangan yang paling direkomendasikan untuk PVP. 

Pasangan Gilgamesh - YSG: Komandan yang sangat serbaguna untuk tugas apa pun di Rise of Kingdoms, bersama dengan Gilgamesh, YSG menjadi mesin penghantam pasukan musuh, mereka memiliki skill ofensif yang kuat, selain peningkatan damage pasukan mereka, skil aktif keduanya dan AOE hebat yang disediakan YSG ini sempurna sekali. 

Kelebihan dan Keunggulan Gilgamesh RoK

✓ Komandan Legend khusus pasukan Archer yang kuat buat PVP, baik pertarungan Rally atau Open field. 

✓ Memiliki buff serangan di atas normal. 

✓ Damage skill bisa mengurangi (Debuff) attack dari musuh. 

✓ Bisa mengurangi HP pasukan musuh. 

✓ Komandan Conqueror/Penakluk terbaik untuk pasukan Archer, peran utamanya memang menyerang Kota dan Garrison saat KvK di Lost Kingdom. 

Kelemahan dan Kekurangan Gilgamesh Rise of Kingdoms 

× Tidak memiliki skil healing factor untuk instan healing pasukan saat war. 

× Hanya efektif buat PvP, bukan untuk PvE. 

Cara Mendapatkan Komandan Gilgamesh Rise of Kingdoms

Ada dua cara dapat Gilgamesh RoK, yaitu WoF dan Card King. Sobat harus mengumpulkan patung emas dia agar bisa menggunakannya. 

1. Wheel of Fortune - Mengandalkan Gems dan keberuntungan, setiap ada event WoF minimal putar atau spin dengan total 10 kali putaran untuk mendapatkan 5 Sculpture Gilgamesh gratis sebagai bonus. Belum termasuk hadiah dari spin jika beruntung.

2. Raja Kartu - Event Card King RoK juga harus memakai Gems, pun sama-sama andalkan hoki. Bedanya Raja Kartu ini sistemnya maksimal 3 patung emas Gilgamesh yang bisa didapatkan per kesempatannya. 

Komandan Gilgamesh Rise of Kingdoms hanya bisa didapatkan dan digunakan pada KvK Musim Penaklukan, alias minimal sebuah kerajaan sudah terbentuk lebih dari 300 hari di RoK ini.