Tamat Main Rise of Kingdoms: Indikator Menamatkan Game RoK

Sebagai pembukaan, sobat RoK yang bertanya apakah main Rise of Kingdoms bisa tamat? Maka Kibezaka akan menjawab, tergantung. 

rok tamat main rise of kingdoms

Tamat secara universal kan menyelesaikan semua misi dalam game, jika game tersebut bersifat offline. Sementara Rise of Kingdoms adalah seperti game online pada umumnya yang tidak ada tamatnya. 

Kalau zaman saya dulu ketika puncak kejayaan PS1-PS2 di rental, seseorang bisa dibilang menamatkan game tersebut setelah mengalahkan Raja terkuat atau misi paling terakhir. Ini yang tidak berlaku di game online.

PUBG, Mobile Legends, Garena Free Fire, game online tersebut sudah bertahun-tahun eksis dan pemain yang sama dari dulu sampai sekarang pun masih bermain, baik Pro Player atau publik. 

Agar gamenya lebih menarik dan tidak membosankan, para developer game tersebut melakukan banyak upaya. Mulai dari menyelenggarakan turnamen profesional, merilis karakter/hero baru, buff dan nerf item atau hero, update fitur event baru tiap bulannya. 

Begitu juga dengan Rise of Kingdoms. Adanya siklus komandan baru yang hadir membuat META lebih cepat berubah saat ini. Walau pun hal itu bisa menimbulkan ketimpangan antar pemain, tapi ya itulah realitanya.

Peningkatan fitur dan menambahkan event-event terbaru pun jadi usaha Lilith untuk membuat pemain RoK nyaman dalam bermain game ini. 

Jangan lupakan juga drama dalam Rise of Kingdoms yang sering kita temui seperti saat KvK misalnya, atau ketika kingdom mengalami Civil War antar aliansi di awal-awal kerajaan baru terbentuk. Seninya Rise of Kingdom ya memang begitu. 

Bisakah Tamat Main Rise of Kingdoms

Tapi jika kalian benar-benar ingin menamatkan Rise of Kingdoms, Kibezaka punya tips supaya kalian mendapatkan predikat Tamat RoK. Indikator ini hanya versi kami saja dan bersifat subyektif.

Expertise Semua Komandan. 

Pertama ialah memaksimalkan semua skil komandan dari lintas tier, baik Advanced, Elite, Epic, atau Legendary Commander. Kalian bisa menganggap diri tamat main Rise of Kingdoms apabila sudah expertise semua komandan yang tersedia saat ini. 

Nah, masalahnya untuk expertise SATU komandan Legend Saja membutuhkan 690-700 Gold Head atau Patung Emas. Sedangkan mendapatkan satu Gold Head itu sulitnya bukan main, jika mengandalkan VIP 14 setiap hari butuh waktu sangat lama hingga 2 tahun. 

Sedangkan saat ini ada lebih dari 45 komandan Legend. Dan seperti yang tadi dibilang bahwa komandan Legendary yang baru itu rilisnya sangat cepat jarak waktunya, jadi membuat pemain sulit beradaptasi pada komandan yang lagi META.

Hanya segelintir pemain yang bisa expertise semua komandan Rise of Kingdoms, meskipun itu commander baru rilis. Biasanya player P2W sultan seperti Marquinhos, MaverickL, atau Baba TC Ataturk. 

Melengkapi Pencapaian atau Achievement

Kalian mungkin sudah paham Dinding Pencapaian pada profil gubernur? Itu jumlahnya sangat banyak jika dicek satu per satu. Ini masih ada kaitannya dengan poin pertama tadi. 

Jika kita expertise setiap komandan legend Rise of Kingdoms, maka ada poin pencapaian baru yang akan didapatkan. Belum lagi achievement lainnya yang sulit diraih untuk sekelas P2W sekali pun. 

Mungkin juga sobat mau membuka VIP 18 dan T5 di Rise of Kingdoms dulu sebagai F2P atau Low Spender sebelum memutuskan untuk tamat main game RoK?

Sudah Tidak Ada Tujuan Lagi

Biasanya orang main game offline atau online memiliki tujuan masing-masing. Misalnya, dalam Rise of Kingdoms seseorang bertekad membawa kingdomnya menjuarai KvK karena ia sudah anggap teman-teman di satu kerajaan sebagai keluarga dunia maya. 

Tujuan lainnya bisa saja berupa kedua poin yang sudah kami sebutkan tadi. Atau mungkin sobat ingin menantikan komandan asal Indonesia yang sampai artikel ini dibuat masih dalam wacana Lilith Games. 

Bisa juga karena kalian bertahan dalam game RoK hanya sekadar menikmati drama setiap KvK yang melibatkan kingdom besar. Itu sah-sah saja selama tidak melanggar aturan game. 

Pada dasarnya semua akan mencapai titik jenuh suatu saat nanti. Waktu akan menjawab dimana sobat bakal mulai merasakan kebosanan dan menyadari bahwa sudah saatnya pensiun main Rise of Kingdoms atau game online lainnya.

Jadi indikator-indikator tamat main Rise of Kingdoms ini bisa dipertimbangkan bagi kalian yang memang ingin merasakan tuntas sepenuhnya bermain RoK.