Bagus Mana Infantry, Cavalry atau Archer di Rise of Kingdoms untuk F2P?

Menjawab pertanyaan yang masuk ke kolom komentar blog Kibezaka pada artikel lain, mengenai lebih baik fokus pasukan mana antara Infantry, Archer, dan Cavalry di Rise of Kingdoms? 

Seperti diketahui, dalam game RoK ada empat jenis pasukan yakni Infanteri (Infantry), Kavaleri/Berkuda (Cavalry), Pemanah (Archer), dan Gerobak Siege. Kecuali Siege, tiga Troops Type alias jenis pasukan tadi itu sering dibawa buat perang. 

Sebagai F2P atau Low Spender, dimana-mana orang pada menyarankan untuk fokus terhadap satu jenis pasukan saja di Rise of Kingdoms (tentunya selain Siege). Wajar dan normal. 

Ketiga pasukan ini memiliki karakteristik berbeda. Di dalam game Rise of Kingdoms, sobat akan menemukan lebih banyak Infantry dan Cavalry ketimbang Archer yang jarang digunakan. 

Hal itu juga dibuktikan berdasarkan polling yang dilakukan oleh YouTuber Chisgule Gaming, Cavalry disukai oleh pemain RoK. Kenapa? Berikut alasannya.

Infantry Archer Cavalry Rise of Kingdoms

Mobilitas

Infantry lemah secara mobilitas, kalau dibawa jalan atau lari paling lambat ketiga setelah Cavalry (#1) dan Archer (#2). Kalau sobat main Rise of Kingdoms mungkin sudah paham akan hal ini, Cavalry bisa dibawa kemana-mana dengan cepat. Umumnya pakai buat menyerang pasukan yang lagi farming di KvK.

Archer berada di tengah-tengah, lebih cepat dari Infantry dan lebih lambat dibanding Cavalry. Makanya kalau kita lihat banyak yang main Barbarian Fort itu komandan utamanya Cavalry karena lebih cepat saja, menghemat waktu. 

Komandan

Buat F2P ini penting. Komandan jadi salah satu alasan terbesar dalam memilih pasukan yang diutamakan, dalam hal Commander ini: Infantry > Cavalry > Archer.

Keunggulan Infantry adalah banyaknya opsi komandan sejak KvK musim pertama yang mudah didapatkan meski tidak harus expertise tetap bagus digunakan. Seperti halnya Sun Tzu, atau Richard, hingga Charles Martel dan Alexander The Great

Sementara Cavalry ada di tengah-tengah, mobilitasnya tinggi jika tidak diiringi dengan skil komandan yang mumpuni akan percuma. Kebanyakan komandan Cavalry mulai bagus sejak KvK Season 2. 

Archer lebih sulit lagi, mayoritas komandan dengan pasukan Archer akan maksimal jika semua skilnya expertise. Mengingat sulitnya expertise satu komandan Legendary, inilah alasan kenapa Archer kebanyakan dipakai oleh pemain P2W sultan. 

Equipment

Perlengkapan perang atau equipment juga menjadi pertimbangan untuk memilih jenis pasukan yang akan difokuskan di Rise of Kingdoms. Perlengkapan yang mudah ditempa/forge di seluruh tier itu makin bagus. 

Dalam hal ini, misalnya saja Infantry, perlengkapan hijau (Advanced), Biru (Elite), Ungu (Epic), dan Oranye (Legendary), banyak didapatkan dengan berbagai cara seperti Tavern, event telur, atau hadiah Ceroli Crisis misalnya. 

Selain itu, buff yang diberikan juga tidak kalah bagus. Gatekeepers Shield alias tameng di tier Elite untuk komandan Infantry itu sudah lebih dari cukup buat war di KvK musim 1 hingga Season 3. 

RSS 

SDA atau RSS (Resources) dalam hal pasukan berguna untuk melatih (Training) atau healing. Infantry hanya butuh Food, Wood, dan Gold. Sedangkan Cavalry Food Stone Gold, dan Archer: Wood, Stone, Gold

Memang untuk RSS ini bersifat subjektif tiap orang berbeda preferensi. Tapi kalau saya sebagai pemain Infantry tidak terlalu butuh banyak Stone (Batu). Ini salah satu keunggulan Infantry. Karena farming Stone butuh waktu lebih lama dibanding Food dan Wood. Baca juga: Tips Usai Kena Zero di Rise of Kingdoms

Saling Counter

Infantry counter Cavalry, Cavalry counter Archer, Archer counter Infantry. Sudah hukum alam dan memang didesain oleh Lilith demikian adanya. 

Tambah Semua Jenis Pasukan

Pada akhirnya, terlepas dari F2P, Low Spender atau Sultan P2W, semua pemain Rise of Kingdoms tetap membutuhkan semua tipe pasukan (All Troops Type). Ini berguna untuk memperbanyak jumlah march alias rombongan pasukan yang bisa kita bawa. 

Baik untuk event, atau saat war di KvK Rise of Kingdoms ketika mengisi Garrison dan Rally misalnya, kita bakal membutuhkan semua pasukan yang tersedia baik Infantry, Cavalry, Archer hingga Siege.