Strategi 60GT Jadi Aliansi Terkuat di Rise of Kingdoms

Rise of Kingdoms merupakan game RTS (Real-Time Strategy) yang tidak terlalu membutuhkan skil atau kecepatan jari tangan untuk memenangkan event serta menjuarai berbagai kompetisi resmi mau pun Lost Kingdom Event (KvK). 

aliansi terkuat 60gt rise of kingdom

Namun di sisi lain, RoK merupakan game yang membutuhkan strategi matang, rencana kuat, dan adu taktik terbaik mengatur ratusan orang dalam sebuah kerajaan dan aliansi melawan ratusan orang lainnya.

Di game RoK ada lebih dari 3400+ server kerajaan/kingdom sampai artikel ini dibuat, dan setiap kerajaan memiliki belasan sampai puluhan aliansi aktif yang di setiap aliansinya terdapat ratusan anggota/pemain. 

Dari segitu banyaknya aliansi RoK, salah satu atau yang bahkan paling terkenal di jagat komunitas Rise of Kingdoms adalah aliansi dengan kode 60GT. Mereka bernaung di server kerajaan #1960. 

Sebelumnya kita sudah pernah membahas artikel tentang: Kenapa 1960 Menjadi Kerajaan Terkuat di RoK, nah untuk pembahasan kali ini lebih spesifik yakni kita mengulas aliansi yang menggendong kerajaan tersebut juara KvK berkali-kali. 

Aliansi 60GT Rise of Kingdoms

60GT terbentuk pada bulan Juni 2020 silam, saat awal-awal pandemi seiring munculnya kerajaan 1960. Project awal kingdom ini memang cukup kuat karena dihuni oleh para sultan RoK yang di KvK pertama saja sudah mencapai power 100M (million/juta) lebih untuk banyak pemain. 

Proyek jumper yang awalnya diisi oleh sejumlah pemain asal China, kemudian memenangkan ajang KvK berturut-turut. 60GT sudah melewati hampir semua jenis lawan di KvK mulai dari yang biasa saja, sampai melawan kingdom dengan kekuatan setara dalam konsep FFA (Free For All/tanpa sekutu).

Jika kita melihat dari dinding pencapaian (Achievement) di aliansi maka sobat akan menemukan banyak bintang di dekat tag aliansinya. Menandakan memang mereka bukan aliansi kaleng-kaleng karena sudah menjuarai banyak KvK serta menguasai bangunan The Great Ziggurat sampai akhir pertarungan. 

Pemain Tertarik Gabung 60GT

Karena prestasi dan pencapaian gemilang, membuat banyak pemain dari berbagai negara berminat buat bergabung ke 60GT. Para sultan dari kerajaan lain pun sudah pernah merasakan kedigdayaan 60GT di Rise of Kingdoms. 

Saking sulitnya dikalahkan, sekelompok pemain yang dulunya menjadi musuh bebuyutan 60GT di KvK pun kini mulai bergabung ke 1960 dan membantu kerajaan memenangkan KvK lebih mudah lagi. 

Rekrutmen 60GT terbilang cukup sulit bagi kamu yang klaim diri sebagai Low Spender dan F2P. Karena ya maklum, sejak awal memang isinya sultan dan para fighter semua. 

Terlepas dari sultan-sultan, ada beberapa faktor kenapa 60GT menyaring pemain yang ingin gabung. Karena tidak semua sultan bisa gabung begitu saja, berikut sejumlah faktornya: 

Mereka melihat statistik dasar di akun pemain seperti rasio power dengan Kill Point (KP), jumlah pasukan yang mati, komandan yang expertise, perlengkapan perang, armament, VIP, dan lain sebagainya. 

Berdasarkan informasi dari grup Rise of Kingdoms Global di Facebook, hampir semua atau sekitar 98% pemain di 60GT sudah mencapai VIP level 18 alias yang tertinggi saat ini. Sangat menakjubkan sekali bukan?

Lalu kenapa 60GT bisa sekuat itu? Apakah dengan top-up bundle tanpa batas alias unlimited jadi penentu? Oh tentu tidak, berikut alasannya: 

Kompak

Tahu sendiri kan, Rise of Kingdoms itu game yang tidak kenal Solo Player. Mau sekuat apapun power akun kamu tidak akan bisa menjuarai KvK sendirian. Kita harus melakukannya berkelompok alias dalam satu aliansi dan kerajaan. 

Yang dimaksud Kompak disini bukan sembarang Kompak ya. Kekompakan pemain 60GT itu sudah tidak bisa diremehkan lagi. Karena ketika KvK berlangsung mereka akan secara sukarela mengorbankan hal lain demi kemenangan KvK. 

Ada war KvK di jam kerja? Banyak yang ambil cuti atau pakai jasa joki Rise of Kingdoms terpercaya andalan mereka. Kompaknya dalam memahami semua marker atau penanda yang ditetapkan leader/pemimpin aliansi ketika war berlangsung. 

Menurut pengakuan R4/R5 alias Leadership di 60GT, statistik rata-rata 99% pemain di aliansi mereka statusnya ONLINE minimal 15-20 menit sebelum Pass/Gate dibuka untuk berperang di KvK. 

Jika tidak online maka ada konsekuensi yang ditanggung. Seperti dikeluarkan dari aliansi 60GT sepanjang KvK dan tidak diterima lagi, hingga yang terparah sanksi dipaksa migrasi, jika menolak migrasi akan diserang sampai Zeroed atau Zero, baca: Pasca Kena Zero di Rise of Kingdoms.

Kenapa? Karena pemain seperti itu dianggap beban oleh para Kingdom Council di 1960, mereka tidak butuh pemain pengkhianat yang mempengaruhi Matchmaking tapi tidak ada gunanya bagi kerajaan alias kontribusi NOL. 

Mereka cepat dalam membaca marker. Dalam artian ketika penanda/marker dipasang, semua pemain langsung bereaksi mengikuti arahan. Tahu kapan harus mundur, kapan harus menyerang secara bersama-sama dengan kompak. 

60GT Fighter Sejati

Kebanyakan pemain Rise of Kingdoms takut kalau pasukannya habis karena mati diserang musuh saat KvK. Berbeda dengan 60GT yang justru punya ambisi untuk menghabisi semua pasukan yang sudah mereka latih sepanjang off-season (musim di luar KvK). 

Mungkin ini ada kaitannya juga dengan sultan, karena pada dasarnya melatih pasukan dalam jumlah banyak di waktu singkat itu membutuhkan RSS/SDA dan Speedup yang tidak sedikit, terutama jenis pasukan T5. 

Jadi jangan heran kalau sultan di 60GT itu menggunakan Gems untuk melatih pasukan secara instan ketika pasukannya habis di sepanjang KvK berlangsung. 

Isinya Mereka yang Paham Rise of Kingdoms

Maksud saya, pemain-pemain di 60GT sudah tidak perlu diajarin lagi soal basic atau ilmu dasar main game RoK. Hal-hal kecil yang biasa ditanyakan pemain lain biasanya sudah mereka kuasai, bahkan hal dasar seperti RSS Pit/Lumbung Aliansi sebelum habis dan member lain minta pun mereka sudah membuatnya lagi.

Ilmu-ilmu dasar soal war di KvK, yang harus mereka lakukan dan hindari pun rata-rata sudah dikuasai pemain di 60GT. 

Makanya jangan heran kalau katanya di ruang chat aliansi 60GT itu sepi terutama di luar KvK. Sultannya pada sibuk. Bahkan Kingdom Chat (KC) kerajaan 1960 juga jarang yang minta buff seperti Duke/Architect/Scientist, saking sultannya mereka melatih pasukan pakai Gems pun dilakukan. 

Nah, begitulah alasan kenapa 60GT jadi aliansi terkuat. Sebenarnya ada banyak hal lain yang belum disebutkan tapi setidaknya itulah gambaran dasar yang ikut menjadikan 1960 juga sebagai kingdom paling kuat di Rise of Kingdoms.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel