Hak Pemain: Mendapatkan Passport Rise of Kingdoms Gratis

Menurut saya, Halaman Paspor atau Passport di Rise of Kingdoms adalah item yang paling layak dibeli menggunakan koin aliansi di Alliance Shop. Bahkan ketika kita tidak berniat untuk migrasi pindah kerajaan sekali pun, saya mengumpulkan koin aliansi cuma untuk Passports saja. 

Kenapa demikian? Ada beberapa alasan saya cuma minat beli Passport di toko aliansi Rise of Kingdoms. Beberapa diantaranya seperti berjaga-jaga, item ini langka, dan sulit didapatkan. 

halaman paspor rise of kingdoms passport rok


Passport Penting Buat Berjaga-jaga

Seandainya dan umpamanya Kingdom kalian yang saat ini adem ayem, tentram, damai sejahtera, ternyata ada sekelompok pemain sultan dengan power di atas 70M semua lagi pada bosan.

Mereka mendadak bikin rencana menyerang para pemain di KD tanpa pandang bulu, terjadilah Civil War Rise of Kingdoms. Kota kalian pun tidak luput dari ancaman penyerangan. 

Oleh karenanya, menyiapkan halaman paspor yang cukup buat migrasi ke Kingdom lain itu suatu kewajiban setiap pemain. Atau suatu waktu kalian sudah tidak betah dan kurang sejalan dengan visi misi Raja serta Council, bisa juga migrasi sendirian. 

Halaman Paspor Itu Langka

Di toko aliansi tersedia Speedup, RSS Booster buat tingkatkan produksi SDA di Kota/City, VIP Poin, Random/Territorial dan Targeted Teleport, Tome of Knowledge, Talent Reset sampai Silver Key. 

Namun semua item yang disebutkan barusan itu bisa didapatkan dengan cara lain, sedangkan Passport pilihannya cuma dua saat ini. Yaitu pakai opsi dibeli dengan top-up bundle bernama "New World (Dunia Baru)" atau di Toko Aliansi. 

Oleh karenanya, menurut saya hanyalah Passport item yang layak dibeli dari Alliance Shop. Meski lumayan mahal yaitu 600 ribu Silver Coin per 1 paspor tapi tetap sebanding, mungkin ke depannya Lilith bisa mengurangi banderolnya. 

Apalagi buat para F2P yang tidak pernah top-up bundle apapun, memiliki paspor itu ibarat investasi buat masa depan akun kalian. Jikalau sobat mau pensiun dan menjual akun misalnya, keberadaan passport bisa menambah nilai jual tersendiri. 

Ingat, bahwa semakin tinggi power akun RoK sobat maka makin banyak jumlah paspor yang dibutuhkan untuk migrasi. Selain itu, usahakan juga menghabiskan SDA/RSS sebelum melakukan imigrasi pindah Kingdom. 

Saya pribadi mengumpulkan minimal 30 ribu koin aliansi seharinya dari Slow Build Flag (maksimal 20k sehari), dan menekan tombol Help (10k per hari). Belum lagi dari hadiah Chest, Ark of Osiris, dan menukarkan patung emas Aethelflaed. 

Passport Adalah Hak Pemain

Sayangnya di banyak Kingdom, pejabat aliansi tidak suka restock Passport atau menyediakan halaman paspor di Alliance Shop. Ya, kalian harus minta izin dulu ke Officers (R4) atau Leader (R5) aliansi jika item Passport tidak tersedia.

Dan buat kalian para R4 serta R5 aliansi, apabila ada teman satu aliansi sobat menginginkan halaman paspor dan kredit aliansi (Alliance Credit) sangat mencukupi, tolong berikan saja dia Passport. 

Terlepas dia cuma mau koleksi atau ingin migrasi itu sudah jadi hak dirinya. Karena kredit aliansi pun didapatkan dari kontribusi para member dalam membantu aliansi, sehingga mereka berhak mendapatkan yang diinginkan. 

Kecuali memang pemain tersebut bukan penghuni tetap di aliansi & tiba-tiba datang masuk minta Paspor, itu kurang sopan namanya. 

Sebagai orang yang pernah menjadi bagian dari Kingdom Council, tidak ada faedahnya memaksa pemain bertahan di suatu kerajaan kalau memang mereka tidak ingin berada di kingdom yang sedang dihuninya.

Apalagi jika Power mereka tinggi, biarkan mereka dapat passport dan bermigrasi pindah KD dari pada cuma merusak Matchmaking KvK tanpa mau berkontribusi saat ada perang & push Honor Poin Individu, itu hanya merugikan kerajaan di Lost Kingdom nanti.

Begitulah opini saya tentang halaman paspor atau Passport Rise of Kingdoms yang sekarang lagi ramai jadi perbincangan di komunitas RoK Indonesia.