Tugas R4 Rise of Kingdoms yang Menguras Waktu

Banyak pemain yang penasaran kira-kira apa saja tugas R4 di Rise of Kingdoms. Kalau jawaban versi saya: banyak. Akan saya jelaskan satu per satu berdasarkan pengalaman bermain RoK sepanjang 3 tahun terakhir. 

Kalau buat pemula yang belum paham. R4 itu Officers untuk aliansi. Setiap aliansi memiliki satu slot untuk R5 (Leader), 8 slot buat R4 (Pejabat/Officers), dan R3, R2 serta R1 unlimited alias tidak dibatasi kapasitasnya. 

Tugas R4 Rise of Kingdoms RoK

Biasanya R1 sampai R3 diisi oleh anggota aliansi yang jumlahnya sekitar lebih dari 100 pemain tergantung seberapa luas teritori aliansi yang dapat menentukan kapasitas member. 

Ada Banyak Tugas R4 Rise of Kingdoms

Ini saya bagikan berdasarkan pengalaman. Mungkin bakal berbeda dengan kamu para R4 aliansi di luar sana. Meski demikian, sekarang saya sudah bukan jadi bagian dari R4 aliansi saya. 

Saya sudah mengundurkan diri. Karena menjadi R4 itu bukan cuma menguras waktu, tapi pikiran juga. Apalagi kalau saat diplomasi di KvK ada ketidaksepakatan antar sekutu. Itu harus didiskusikan bersama semua Kingdom Council. 

Oh iya, tugas R4 ini tidak akan jauh berbeda dengan yang sudah kita bahas di artikel: Tugas Kingdom Council RoK. Tapi saya akan jelaskan lebih spesifik dan sisanya saja di postingan ini.

Mendata Member Aliansi

Tahu nggak sob, kalau R4 aliansi itu di luar game juga mainan Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dll. Semuanya punya tugas masing-masing. 

Contoh dalam hal ini saya sempat menjadi bagian dari pendata tiap member. Karena aliansi kami punya anggota tetap sebanyak 149 orang kala itu, sekarang sudah naik ke 157. 

Setiap sebelum KvK, satu per satu member saya catat total power, kill points, pasukan mati, jumlah alliance help, resource assistance (bantuan SDA/RSS), dan sebagainya. 

Itu semua saya lakukan ke total 149 orang sob termasuk R4 dan R5 juga didata, bayangin aja, eh udah jangan dibayangin, pegal ngebayanginnya. Tujuannya apa? Buat mendata siapa yang paling berkontribusi dan tidak sama sekali. 

Di KvK akan ada banyak perang terjadi. Jadi di akhir KvK nanti, atau dua bulan kemudian akan di-data ulang satu per satu lagi. 

Pemain yang tidak ada kontribusi atau paling minim kontribusinya akan ditendang oleh Leader dari aliansi utama yang penuh GC dan super aktif ini untuk digantikan dengan imigran yang baru migrasi. 

Udah tau capek, kenapa saya tetap lakukan? Karena waktu itu ada cekcok antar council sehingga saya direkrut jadi R4 dan melakukan tugas ini ya hitung-hitung berkontribusi dikit gitu kan sambil menambah pengalaman. 

Organisir AoO

Nah, kalau ini udah bukan bagian saya. Ini tugas R4 lain. Tapi bisa saya jelaskan bagaimana R4 Rise of Kingdoms mengorganisir AoO. Baca: Tentang Event Ark of Osiris RoK

Pada intinya, main AoO membutuhkan strategi yang bagus dan kekompakan pemain yang solid. Seorang R4 yang bertugas mengatur taktik AoO harus paham karakteristik tiap pemain yang bakal berpartisipasi. 

Seperti, misalnya, siapa yang jadi Rally Leader. Siapa nanti yang ada di area atas, ikut ke tengah, lalu bagian bawah dipimpin oleh pemain mana.

Mengecek komandan, VIP, equipment para pemimpin Rally dan Garrison. Itu semua harus diatur sebaik mungkin agar bisa mendapatkan kemenangan. 

Memperluas Teritori

Bendera aliansi pada game RoK dibangun tidak asal-asalan sob, di Rise of Kingdoms kita harus membangun Alliance Flag dengan benar dan memperhatikan Resource Point. 

Nah Resource Point ini ada kaitannya dengan topik: Menambah SDA Aliansi RoK. Supaya aliansi memiliki banyak SDA gratis buat para member yang bisa diklaim semua orang. Juga membantu aliansi membangun benteng & bendera di Lost Kingdom saat KvK.
 
Ada R4 yang juga khusus menyelesaikan tugas pembangunan bendera aliansi ini. Yang jelas, ini bukan tugas saya juga. 

Bikin Pusat SDA

Mungkin ini tugas yang mudah. Pusat SDA itu titik poin RSS atau RSS Pit atau pemain Indo biasa menyebutnya lumbung aliansi. Tempat dimana semua member aliansi berkumpul jadi satu farming bareng untuk 1 jenis SDA yang sama. 

Hanya anggota berstatus R5 dan R4 yang dapat membangun pusat SDA aliansi. Oleh karenanya member lain terkadang mengirim chat di Alliance Chatroom seperti "RSS Pit please". 

Mengatur Event

Selain Ark of Osiris, R4 harus organisir beberapa event RoK seperti Silk Road Rise of Kingdom, lalu Upacara Karuak (saat mengalahkan bos), hingga event lain yang memerlukan kekompakan seluruh pemain satu aliansi. 

Para R4 dan R5 harus berdiskusi menentukan waktu kapan dimulainya event, seperti apa strateginya. Semua diketik lalu dikirim dan disebar via in-game mail kepada seluruh anggota aliansi. 

Diplomasi

Faktanya diplomasi dalam game RoK itu penting. Khusus awal/early game ketika sebuah server kerajaan baru terbentuk, R4 diharapkan bisa membantu R5 untuk melakukan diplomasi dengan aliansi lain sebaik mungkin. 

Diplomasinya seperti menentukan teritori setiap aliansi, membuat aturan tertentu di kerajaan, pembagian struktur bangunan aliansi agar semua lebih merata mendapatkan buff yang sama.

Kalau sudah masuk KvK, diplomasi lebih berat. Harus mencari sekutu serta berdiskusi pembagian rewards/hadiah KvK jika menang. Lalu bagi tugas juga kingdom kamu menyerang yang mana, kerajaan mereka harus serang bagian mana. Semuanya diatur di balik layar. 

Jangan sampai kamu mengalami kasus seperti ini: pengkhianatan KvK, dimana sekutu berkhianat di tengah event Lost Kingdom. Atau kasus kudeta kerajaan 1958 dan 2345 yang sempat heboh.

Seperti itulah tugas R4 di Rise of Kingdoms yang tidak mudah. Sebenarnya masih banyak lagi tugasnya dan jarang diketahui pemain lain. 

Misalnya, melakukan restock item di alliance shop yang kadang lupa, menendang keluar yang offline di zona 4 dan menerima pemain masuk saat war di KvK. 

Tapi ada kelebihan dan keuntungan jadi R4 aliansi yakni: Otomatis bakal dapat rewards KvK jika menang tanpa harus melalui seleksi honor poin individu dan statistik war lain. Khususnya KvK 1-3. Kalau KvK SoC lebih enak deh berkat sistem koalisi. 

Selain itu, kalau kita dekat dan punya hubungan baik dengan Leader dan King di kerajaan, kita bisa mengajukan diri untuk mendapatkan peringkat MGE yang bagus. 

Anggaplah itu sebagai self-reward atau hadiah buat diri sendiri setelah mendedikasikan waktu buat kingdom kalian.

Tugas R4 di Rise of Kingdoms memang tidaklah mudah dan menguras waktu tidak sedikit. Oleh karenanya sebagai anggota aliansi kita harus memperhatikan setiap marker atau penanda yang diarahkan mereka.