Pemula Rise of Kingdoms: Perhatikan Saran dan 5 Hal Berikut

Sebagaimana yang admin Kibezaka berulang kali katakan pada artikel-artikel panduan sebelumnya, bahwa Rise of Kingdoms merupakan game 'kejam' yang tidak dapat mentolerir kesalahan pengguna. 

panduan rise of kingdoms pemula rok

Maksudnya, ketika sobat dengan asal-asalan bermain tanpa mengetahui tujuan sebenarnya maka bisa jadi penyesalan mendalam di masa mendatang. Itulah kenapa blog Kibezaka.com menulis banyak konten Rise of Kingdoms agar pemula tidak melakukan kesalahan seperti yang kami lakukan. 

Kesalahan pemula ini cukup sering dilakukan oleh gamers yang baru bermain Rise of Kingdoms hingga ada istilah "Beginner Mistakes". Banyak dari mereka baru menyadarinya setelah berbulan-bulan atau 1-2 tahun bermain, hingga akhirnya memutuskan bikin akun baru atau restart dari awal lagi. 

Saking banyaknya pemain yang sama-sama melakukan kesalahan itu sampai muncul istilah "Akun Jump RoK" atau "Jumper", berkelompok membentuk aliansi di kerajaan baru dengan modal pengetahuan lebih dibanding mereka yang benar-benar baru memulai. 

Karena kesalahan yang dibuat sejak awal akan merusak progres akun Rise of Kingdoms kamu, bahkan cenderung tertinggal dibanding teman-teman satu aliansi dan musuh-musuh kalian di KvK.

Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Pemula Rise of Kingdoms

Agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama seperti kami, maka bisa simak panduan berikut. Boleh dipraktikan atau tidak itu terserah karena hakikatnya semua tergantung preferensi pribadi. 

Gems

Gems adalah SDA atau RSS (Resources), bedanya dengan Food, Wood, Stone, dan Gold, Gems ini terbilang item yang langka dan kebanyakan bisa didapatkan lewat top-up. Gems gratisan pun lumayan sering bisa kita kumpulkan dengan menyelesaikan event harian, mingguan, atau bulanan. 

Jangan sekali-kali menggunakan Gems tanpa kalian mengetahui tujuannya. Gems biasanya digunakan pada saat event berikut: More Than Gems (MTG). Yang sekarang frekuensi kemunculannya sekitar 1 bulan sekali. 

Gunakan Gems tergantung seberapa jauh progres akunmu. Umumnya Gems digunakan untuk meningkatkan level VIP agar mendapatkan buff penting yang bisa digunakam sehari-hari. Baca juga: Tips Farming Gems dengan Cepat di Rise of Kingdoms.

Idealnya kita harus mengincar poin VIP sampai ke VIP 10, VIP 12, dan VIP 14 untuk dapat Gold Head atau Patung Emas. Soal Gold Head kita akan lanjut bahas di poin kedua berikut ini. 

Patung Emas atau Gold Head

patung emas rok gold head rise of kingdoms

Sama pentingnya dengan Gems. Gold Head atau Universal Legendary Commander Sculpture (player Indonesia biasa menyebut Patung Emas), ini termasuk item terlangka dalam game RoK. 

Fungsi Gold Head untuk meningkatkan skil komandan dengam Tier Legendary agar bisa lebih sakti dan dapat diandalkan ketika baku hantam melawan musuh (PvP), atau Barbarian, Barbarian Fort, Upacara Karuak (PvE).

Tapi harap dicatat bahwa sobat juga tidak boleh asal-asalan memakai Gold Head untuk komandan Legend tanpa mengetahui bagus tidaknya komandan itu. Karena tidak semua komandan Legendary layak diupgrade skilnya, terutama jika sobat adalah F2P atau Low Spender di RoK. 

Sobat bisa mengumpulkan patung emas dari berbagai event yang tersedia. Ditambah setiap hari kalau VIP 10 dapat 1 Patung Emas, VIP 12 dapat 2 Gold Head dan VIP 14 mendapatkan 3 Patung jika login setiap hari (Reset pukul 07:00 WIB pagi). 

Speedup

Speedup cenderung lebih mudah didapatkan dan dikumpulkan jika kita grinding setiap hari di Rise of Kingdoms. Mulai dari event daily objective atau misi harian, hingga mingguan dan bulanan.

Untuk speedup, penggunaannya harus tepat pada waktunya. Sebagai informasi, ada event di RoK yang mengharuskan kita menggunakan item speedup. Biasanya muncul sebulan 2-3 kali. 

Tujuan memakai speed up saat event adalah agar kita dapat hadiah tambahan termasuk Gold Head juga, dibanding menggunakan speedup diluar event sehingga sayang sekali kalau dilewatkan.

Jangan Menyerang Kota Lain

Ketika iseng membuat akun jumper, saya sering sekali melihat akun-akun baru menetas saling serang satu sama lain. Ini juga yang saya lakukan ketika dulu pertama kali main Rise of Kingdoms. 

Saran dari saya, jangan asal-asalan serang kota siapa pun itu. Kenapa? Karena percuma, hanya akan membuat akun kalian jadi lebih lambat progresnya. Kehilangan pasukan mati dan RSS sia-sia disaat orang lain pada berprogres mempersiapkan KvK. 

Pemain yang sudah paham tidak akan menyerang CH milik orang lain meski akun dia berkali-kali lipat lebih kuat karena buang-buang waktu dan percuma. Apalagi ketika kita menyerang kota yang lebih kuat levelnya, bisa-bisa kita diserang balik sampai Zero. Jika demikian, bisa baca: Tips usai terkena Zero di Rise of Kingdoms

Gabung Aliansi

Bergabung dengan aliansi akan membuat progres akun kita jadi lebih baik. Karena segala upgrade bangunan dan riset di Academy akan dipersingkat durasi waktunya dengan fitur 'Alliance Help'. 

Selain itu, setiap ada teman satu aliansi yang beli bundle atau top-up, kita bakal mendapatkan benefitnya juga. Makanya ketika kita baru membuat akun, usahakan langsung gabung aliansi. 

Aliansi terkuat di kerajaan yang baru dibentuk biasanya merupakan aliansi berisi pemain Jumper, membentuk project bahkan sebelum kingdom tersebut dirilis oleh sistem Lilith Games. Bagi pemula, hindari terlibat dalam drama antar pemain yang menyebabkan perang internal. Baca juga: Tentang Civil War RoK.

Itulah 5 hal yang disarankan untuk menjadi perhatian para pemula di game Rise of Kingdoms agar progres akun RoK lebih baik.