9 Komandan AOE Terbaik di Rise of Kingdoms

Bukan rahasia lagi bahwa komandan dengan skil AOE damage di Rise of Kingdoms lebih diminati pemain ketimbang yang Direct Damage (satu target) terhadap musuh. 

Hal tersebut karena skil AOE damage dapat memberikan Kill Point yang cukup banyak dalam satu waktu dengan menghantam lebih dari 1 March pasukan lawan sekaligus. 

komandan aoe rise of kingdoms rok

Untuk Rise of Kingdoms yang sampai artikel ini dibuat, sudah memiliki lebih dari 90 komandan dari berbagai kasta mulai Advanced, Elite, Epic hingga tier Legendary. Semuanya memiliki animasi efek skil aktif yang unik dan berbeda. 

Lantas siapa sajakah komandan RoK dengan skil AOE Terbaik di Rise of Kingdoms per 2024 ini? Berikut Kibezaka rangkum berdasarkan pengalaman bermain game ini hampir 5 tahun.

Yi Seong-Gye

Mungkin banyak pemain yang tidak heran dan setuju akan hal ini. Yi Seong-Gye memang disebut-sebut sebagai komandan skil AOE tersakit dan terbaik di Rise of Kingdoms sejauh ini. 

Ia sangat berguna di early game, dan akan terus bermanfaat sampai late game. Serbaguna juga, bisa untuk chain Barbarian, Sunset Canyon atau war di open field. Diduetkan dengan commander apa pun sikat saja. Apalagi jika sobat berfokus pada unit pasukan Archer (Pemanah). 

AOE YSG berbentuk fan-shape (busur), tapi kalau sudah expertise bisa 360 derajat maksimal 5 marches pasukan musuh di sekitarnya bisa dihantam dalam satu waktu. Simak: Talent YSG Terbaik RoK

Sun Tzu

Kenapa Sun Tzu? Dia komandan Epic, gratisan dan mudah didapatkan sejak awal game oleh semua pemain baik F2P, Low Spender hingga Sultan bakal mengandalkan pak Sun Tzu di early game. 

AOE Infantry milik Sun Tzu ini berbentuk busur atau fan-shapped area. Maksudnya skil damage AOE baru bisa berguna ketika semua musuhnya berada di depan si Sun Tzu saja. 

Usahakan untuk expertise Sun Tzu agar bisa maksimal skil aktif AOE dia buat hantam lima musuh sekaligus. Selengkapnya: Build Talent Sun Tzu RoK

Aethelflaed

Siapa sangka bahwa Aethelflaed juga menjadi komandan Legend andalan sejak early game sampai ke late game. Ya, banyak yang masih menggunakan Aeth hingga KvK Musim Penaklukan alias KvK 4 & seterusnya. 

Aethelflaed termasuk komandan yang serbaguna dan komandan dengan skil AOE Rise of Kingdoms yang bisa menghantam hingga 3-4 Marches pasukan musuh sekaligus. Buat F2P dan Low Spender, dia bisa diandalkan di Sunset Canyon. Selengkapnya simak: Talent Aethelflaed RoK

Nebuchadnezzar

Salah satu komandan AOE Rise of Kingdoms terbaik saat awal-awal rilis. Nebukadnezar atau Nebuchadnezzar II sempat punya skil aktif AOE damage yang berbentuk Circle mirip YSG tapi dengan lingkaran lebih luas areanya. 

aoe commander rok rise of kingdoms

Sayangnya pembaruan di awal tahun membuat Nebu kena nerf. Sehingga kini AOE dia tidak selebar saat pertama kali dirilis. Tapi jelas, Nebuchadnezzar masih menjadi komandan legend dengan skil AOE mumpuni buat baku hantam khususnya di open field. Untuk penjelasannya bisa simak: Nebuchadnezzar Rise of Kingdoms.

Xiang Yu

Inilah komandan Cavalry yang saat ini paling banyak dipakai untuk Rally dan Open Field di KvK Season of Conquest sejauh ini. Xiang Yu sebagai komandan AOE Rise of Kingdoms terbaik memiliki skil aktif dengan damage (DPS) yang tinggi. Cek: Xiang Yu RoK.

Apalagi ketika dia kena Swarm pasukan musuh, maka ada tambahan buff seperti halnya Harald Sigurdsson. Jika sobat pemain Cavalry, maka Xiang Yu sangat recommended buat di expertise. Invetasikan patung emas buat dia, tidak akan menyesal untuk jangka panjang. 

Update: Kini sudah ada Zhuge Liang, komandan Archer terbaru yang juga memiliki skil AOE mumpuni.

Zhuge Liang

Seperti yang dikatakan, Archer memiliki banyak komandan dengan skil AOE. Yang terbaru ada Zhuge Liang, dimana luas area damage AOE-nya mirip dengan YSG. 

Saya pribadi untuk beberapa kasus seperti Sunset/Lost Canyon sangat menyarankan duet Zhuge Liang-Yi Seong Gye karena bisa dengan cepat mengalahkan pasukan musuh lebih dari 1 Marches. 

Joan of Arc Prime

Sejatinya Joan of Arc adalah komandan yang ada dua versi di RoK yakni versi tier Epic untuk difokuskan ke farming RSS (mengumpulkan SDA/Gathering Commander).

Sedangkan yang terbaru adalah Joan of Arc Prime atau versi Legendary dimana skil utamanya memimpin pasukan Cavalry. Joan versi Legend ini juga memiliki skil AOE yang kalau diduetkan dengan Xiang Yu bakal mendapatkan KP yang cukup gurih.

Scipio Africanus Legend

Sama seperti Joan, Scipio pun ada versi Epic dan Legend. Bedanya yang Scipio Africanus Legendary punya keahlian memimpin pasukan Infantry. 

Skil AOE-nya juga bagus jika disandingkan dengan komandan Infanteri yang memiliki skil AOE lainnya seperti Guan Yu atau Liu Che. 

Liu Che

Jika kamu pemain Infantry dan memiliki 690 patung emas dan belum summon Liu Che, maka disarankan summon dulu lalu kemudian langsung Expertise semua skill sampai maksimal. 

Kenapa demikian? Hingga artikel ini diupdate, Liu Che jadi komandan Infantry terkuat yang bisa diandalkan di KvK SoC alias musim penaklukan. Duetnya bisa dengan Alexander The Great atau Scipio. Damage yang dihasilkan dari skil aktifnya lumayan GG lah ya. Selengkapnya baca: Liu Che RoK.

Sebenarnya masih ada beberapa komandan yang memiliki skil AOE Damage di Rise of Kingdoms. Tapi tidak sebagus lika commander yang disebutkan tadi dan kebanyakan fungsinya sebagai Garrison. Jelas, daftar di atas bisa bertambah atau berubah mengingat Lilith meluncurkan komandan Legendary terbaru setiap 3 bulan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel