Cara Refund Rise of Kingdoms Pembelian Google Play

Bagaimana cara refund di Rise of Kingdoms terbaru. Kalau sobat suka top up bundle di game RoK maka hal yang wajar dan normal jika kita kurang puas dengan paketan yang dibeli. 

Bisa jadi juga bukan kemauan sobat buat top-up Gems dan paket lain. Maka tidak ada salahnya meminta pengembalian dana walau sudah sukses melakukan pembelian. 

cara refund rise of kingdoms top up rok

Google sendiri memfasilitasi pengguna yang mau refund dana mereka, dengan alasan apa pun. Misalnya sobat beli bundle Writer of History RoK dengan menggunakan kartu debit atau credit card, bisa mengembalikan saldo Google Play ke rekening bank kamu. 

Untuk minta pengembalian dana Google Play ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Contohnya pembelian dilakukan kurang dari 72 jam. Sobat bisa refund semuanya. 

Cara Refund Pembelian Rise of Kingdoms

1. Disarankan pakai komputer atau PC, kalau menggunakan HP bisa lewat browser. 

2. Masuk ke website https://play.google.com/store/account. 

3. Pastikan sudah dalam keadaan login ke akun Gmail/Google yang digunakan untuk top up. 

4. Tap menu "Riwayat Pesanan (Order History)". 

5. Pilih bundle atau pesanan yang ingin sobat refund. Tidak semua pembelian bisa dilakukan refund dana. 

6. Tap tombol "Minta Pengembalian" atau "Laporkan Masalah". 

7. Kemudian pilih opsi dan jelaskan semua di deskripsi alasan refund. 

8. Lalu ada formulir persyaratan refund Google Play, isi dengan benar. 

9. Selesai. Notifikasi "Terima kasih" akan muncul. 

Selanjutnya sobat hanya perlu menunggu email masuk dari tim Google Play Store.

Berapa Lama Proses Refund Google Play

Tidak butuh waktu lama, sobat hanya perlu menunggu sekitar 30 menit maksimal agar pengembalian dana Google Play sepenuhnya selesai. 

Update: Butuh waktu sekitar 15-30 menit agar email datang, sedangkan proses Pengembalian dana google play bakal rampung 3-4 hari kerja.

Penyebab Gagal Refund Google Play

Apabila proses pengembalian dana tidak bisa dilakukan atau gagal, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. 

Pertama, bisa jadi bundle yang dibeli dianggap sudah melewati batas waktu syarat refund yang ditetapkan. Atau mungkin juga karena pembeliannya dianggap tidak sah oleh sistem Google. Hingga kebijakan dari developer game/aplikasi terkait.

Biasanya pihak Google akan menjelaskan lewat email terkait alasan kenapa refund tersebut gagal diselesaikan.

Yang Terjadi Setelah Refund

Lilith Games sebagai developer dan pengelola game Rise of Kingdoms sudah mulai memperketat aturan pengembalian dana. Menghindari kasus Refund Abuse yang terjadi beberapa waktu lalu. 

Misal: jika sobat beli Gems sebesar 5000 Gem seharga 25 ribu rupiah, tapi Gemsnya sudah dipakai dan di akun hanya tersisa 0 (Nol) gems. Maka ketika sobat refund, nanti jumlah Gems pada akun sobat jadi minus -5000. Baca : Penyebab Jumlah Gems RoK Minus.

Karena dulu ada kejadian lebih parah, saat pemain top up sangat banyak lalu minta refund. Alhasil ia mendapatkan progres akun T5 secara gratis, tapi jumlah Gems minus hingga -492 ribu gems.