Kalkulator Rise of Kingdoms Ini Wajib Dimiliki Pemain RoK

kalkulator rise of kingdoms rok calculator

Bagi para pemain Rise of Kingdoms, apalagi F2P dan Low Spender, penting sekali mengetahui seberapa banyak RSS/SDA dan jumlah Speedup mereka yang ada di item tas. Biasanya untuk persiapan ikut event besar seperti Zenith of Power yang muncul 4-6 bulan sekali. 

Setelah mengumpulkan berbulan-bulan, mungkin sobat RoK penasaran sudah berapa item speedups yang dimiliki. Sekarang tidak perlu lagi menghitung secara manual, sebab kini ada aplikasi bernama Rise of Kingdoms The Companion. 

Fungsi dari app tersebut adalah menghitung prakiraan jumlah speedup, RSS, Book of Covenant, Arrow of Resistance (Panah Resistansi) untuk uprade bangunan mau pun riset teknologi militer di Academy menuju T5. 

Perjalanan panjang untuk mencapai Tier 5 Troops bukanlah hal mudah bagi F2P dan Low Spender, untuk itulah alasan kenapa para pemain harus cerdas serta bijak, wajib tahu & paham kapan saatnya menggunakan Speedup. Baca juga: Tips Penggunaan Speedup Rise of Kingdoms Agar Efisien.

Sekilas Tentang Aplikasi Kalkulator Rise of Kingdoms The Companion 

Dibuat oleh seorang pengembang bernama Hafizi Rahim, aplikasi ini bisa diinstal secara gratis lewat Google Play Store buat pengguna Android, dan di App Store khusus para user iOS. 

Sudah dirilis sejak Maret 2020, calculator Rise of Kingdoms buatan Gubernur Hafizi itu telah diunduh lebih dari 100 ribu kali, sampai artikel ini dibuat telah mencapai versi 3.0.1 yang diperbarui awal Agustus 2021. 

Tak hanya menghitung Speedup dan RSS saja, sobat bisa juga hitung item lain misalnya berapa patung emas (Universal Legendary Commander Sculpture) yang dibutuhkan untuk meningkatkan skil komandan Legend, Epic, Elite, dan Advanced. 

Misalnya dari commander legend dari 1000 ke 5511 butuh 190 patung emas. Kalau mau lanjut expertise, tinggal ubah angka 11 ke 55 semuanya nanti muncul berapa sisa Patung Emas yang sobat butuhkan. 

Kalian juga bisa hitung berapa banyak speedup, RSS, yang diperlukan ketika ingin mencapai poin MGE tertentu. Khususnya di stage 1 Training Troops atau melatih pasukan, dan stage 4 upgrade power dengan tingkatkan level bangunan atau riset. 

Panduan Komandan RoK dan Tier Mereka 

Aplikasi kalkulator Rise of Kingdoms ini terbilang lengkap, selain dapat kalkulasi jumlah item, kita juga bisa membaca panduan komandan Legend dan Epic dengan membaca deskripsi skil mereka, serta distribusi skill yang perlu ditingkatkan agar bisa dipakai buat perang di open filed minimal. 

Pembagian Tier klasifikasi komandan Legend juga mesti dipahami para pemain, kenapa? Agar tidak membuang-buang patung emas ke komandan yang salah. Ingat selalu, bahwa mendapatkan satu Legendary Sculpture itu sulit, maka janganlah sia-siakan satu pun patung emas. 

Misalnya sobat ingin main pasukan Archer, minimal fokus ke komandan RoK YSG atau Yi Seong-Gye sampai skill dia maksimal dulu, jangan menggunakan patung emas ke komandan lain selain YSG sebab hanya akan memperlambat progres kalian. 

Beserta banyak lagi fitur menarik dari aplikasi Kalkulator Rise of Kingdoms ini, disarankan pasang ke Smartphone apabila suatu waktu butuh tidak perlu lagi hitung manual jumlah item yang dimiliki. 

Kita juga patut berikan apresiasi kepada Hafizi Rahim sebagai pembuat aplikasi Kalkulator Rise of Kingdoms ini, dia mendedikasikan app gratis tersebut karena kecintaannya terhadap game RoK yang sudah dia mainkan sejak 2018 silam.