Setelah Alex dan YSG, Siapa Fokus Berikutnya? Komandan Rise of Kingdoms

guan yu 5155 rise of kingdoms rok

"Kalau YSG sama Alex sudah expertise, terus kita harus fokus ke commander yang mana?" - Pertanyaan bagus! Alexander The Great dan Yi Seong-Gye merupakan komandan legendary yang harus diutamakan untuk Expertise di Rise of Kingdoms. Tidak peduli apakah kalian Big Spender, Low Spender dan F2P. 

Pasalnya Aleksander Agung serta YSG sampai saat ini jadi dua dari banyaknya komandan legend terbaik yang harus dimaksimalkan skilnya. Alex punya skil aktif dan skill pasif yang mumpuni untuk perang open field murni, artinya tidak ada skil khusus buat Garrison, Rally atau Barbarian. 

Sementara YSG komandan serbaguna dan dia punya AOE 360 derajat yang bisa membasmi musuh maksimal 5 march pasukan di sekitar lingkarannya, apapun fokus tipe pasukan kalian baik Infantry Guys, Archer Gank, atau Cavalry Squad, tetap Yi Seong-Gye harus jadi komandan pertama yang di expertise setelah itu Alex. 

Seperti yang sudah dibilang sebagai komandan serbaguna, mayoritas YSG posisinya sebagai komandan kedua (Secondary Commander), bisa disandingkan dengan Richard untuk Barbarian Chain di KvK, dipasangkan dengan Aethelflaed untuk Sunset/Lost Canyon. 

Sangat jarang pemain RoK menjadikan YSG sebagai Primary Commander (komandan utama), mengapa demikian? Karena Yi Seong-Gye ia sering jadi incaran pertama bagi musuh ketika perang di open field. 

Nah, kembali ke topik. Setelah YSG dan Alex maksimal, maka selanjutnya Universal Legendary Sculpture harus kita apakan? Atau digunakan ke komandan legend yang mana? Berikut panduannya. 

#Balik ke Fokus Tipe Pasukan kalian. 

Seperti yang sudah disebutkan barusan, Alex & YSG 100% wajib expertise tidak peduli apapun jenis troops yang kalian fokuskan untuk bermain Rise of Kingdoms. 

Jika skil keduanya sudah dimaksimalkan, maka jawaban terbaik dari pertanyaannya ialah kembali ke komandan untuk tipe pasukan yang sobat lagi fokuskan. Misalnya kalian adalah pemain Infanteri, maka simpan patung emas itu buat komandan Infantry berikut: 

1. Guan Yu 
2. Cheok Jungyeong (Baca tentang: Tips Cheok Jun-Gyeong
3. Harald Sigurdsson 
4. Leonidas  
5. K'Inich Janaab Pakal 
6. Zenobia 
7. Constantine I

Apakah semua komandan di atas mesti expertise juga? Expertise memang selalu lebih baik. Tentu tidak semuanya wajib ya. Tapi khusus Cheok Jungyeong ini mirip Alex, artinya jika kalian ingin bertahan lebih lama di kvk musim penaklukan maka investasi Legendary Sculpture ke dia sangatlah direkomendasikan. 

Sementara Guan Yu jadi komandan paling banyak digunakan di Season of Conquest atau KvK 4 dan seterusnya. Dia tidak mesti expertise, cukup dapatkan skill 5155 jika beruntung walau agak sulit ya. 

Skill kedua Guan Yu "Conquering" hanya diperlukan untuk yang suka memimpin Rally atau Rally Leader. Jadi apabila sobat bukan tipe pemain yang pimpin rally maka skil keduanya ini tidak dibutuhkan sama sekali, tapi skill 3 & 4 dia itu bagus banget. Ada bonus damage tambahan dan healing instan. 

Zenobia dan Constantine ini opsi terakhir, kalau sobat suka memimpin Garrison baik defend bendera crusader, pertahanan kota, & Benteng Aliansi Crusader maka dia wajib Expertise. 

Apalagi Constantine ini punya skill buff dan debuff, minim damage tapi. Ya bagus disandingkan dengan Joan of Arc di Sunset Canyon & Lost Canyon. Constantine 5511 cukup oke, jarang ada F2P/Low Spender di game ini yang expertise dia kecuali para sultan RoK. 

Sobat pemain Archer? Maka komandan Archer legend berikut sangat direkomendasikan: 

1. Nebuchadnezzar II (Nebukadnezar) 
2. Koresh Agung (Cyrus The Great) 
3. Ramses II (Ramesses) 
4. Artemisia I 
5. Edward of Woodstock 
6. Tomyris 

Itu urutan dari yang paling recommended sampai yang tidak usah diprioritaskan. Karena Tomyris ini dianggap paling lemah dari daftar komandan di atas, dia juga sering dijadikan komandan kedua. 

Kalau saya merekomendasikan Ramesses untuk pemain Archer. Jika dia expertise maka Ramses ini memberikan tambahan damage ke musuh setidaknya sebesar 80% Attack! Terus dia juga punya Faktor Heal, membuat healing pasukan secara instan ketika bertarung di open field. 

Archer termasuk yang jarang dimainkan. Kenapa? Sangat mahal, dalam artian komandannya hampir semua harus dimaksimalkan skillnya (Expertise). Terlebih pasukan Archers menjadi sasaran utama ketika war di open field. 

Lalu apabila sobat adalah pemain Cavalry, maka beberapa pilihan Komandan Cavalry berikut ini bisa dipertimbangkan untuk difokuskan meningkatkan skilnya: 

1. Saladin 
2. Xiang Yu 
3. Attila 
4. William I 
5. Genghis Khan 
6. Jadwiga 
7. Takeda Shingen

Kenapa Takeda Shingen bukan prioritas? Posisinya memang lebih baik dijadikan Secondary Commander atau komandan kedua dan dipasangkan dengan Attila. Jika mereka berdua expertise, maka skillnya akan lebih mantap lagi. 

Saladin itu komandan paling recommended buat pemain Kavaleri. Cukup tingkatkan skilnya sampai 5551 dan simpan patung emas untuk komandan lain, Saladin bisa digunakan sejak KvK Musim 2 dimulai dan terus berfungsi sampai late game di Musim Penaklukan. 

Sementara apabila kalian merupakan Rally Leader yang suka menyerang bendera crusader di KvK atau kota musuh, maka Attila dan Xiang Yu wajib expertise. Untuk William sama seperti Saladin, cukup jadikan 5551. 

Kesimpulan: Setelah selesai memaksimalkan dua komandan legend yakni Alex dan YSG memang kerap jadi kebingungan sendiri bagi pemain Rise of Kingdoms. Tetap berhati-hati dalam menggunakan Patung Emas (Universal Legendary Sculpture) agar tidak sia-sia mengumpulkan. Saran di atas tadi bisa jadi referensi supaya tidak bingung lagi.