--> Skip to main content

10 Komandan Archer Rise of Kingdoms Terbaik Paling Bagus

komandan archer terbaik rise of kingdoms


Sebelumnya kami sudah bahas tentang Commander dengan spesialisasi memimpin pasukan Cavalry dan Infantry. Nah, pada kesempatan ini kita lanjutkan dengan satu jenis pasukan lagi, yakni komandan yang bagus untuk Archer di RoK. 

Archer merupakan pasukan pemanah yang sering dianggap remeh dan paling jarang digunakan. Padahal, Archers sangat baik untuk melawan balik serangan dari pasukan Infantry. Ya, Archer bagus buat lawan Infa. 

Walau dikatakan bisa mengalahkan Infantry, namun faktanya Archer terbilang lemah ketika berhadapan melawan pasukan Cavalry. Apalagi saat ini pemain banyak yang menggunakan Cavalry selain karena mobilitas tinggi juga bisa "Hit and Run" alias serang dan kabur. 

Tapi banyak komandan Archer terbaik di Rise of Kingdoms dengan skil mumpuni, beberapa dari mereka bagus untuk duel 1v1 atau bisa dipasangkan di Sunset Canyon dan Lost Canyon. 

1. Yi Seong-Gye 
2. Artemisia I
3. Edward of Woodstock 
4. Tomyris 
5. El Cid 
6. Ramesses II 
7. Hermann 
8. Kusunoki Masashige 
9. Cyrus The Great (NEW) 
10. Nebuchadnezzar II (NEW)

YSG / Yi Seong-Gye: Yi-Seong Gye dulu memegang gelar untuk komandan Archer terbaik tetapi tidak sampai komandan Archer legendaris baru seperti Edward of Woodstock dan Tomyris diperkenalkan di Rise of Kingdoms. 

Nah, sekarang, mungkin agak sulit untuk menganggapnya sebagai komandan pemanah terbaik dalam Rise of Kingdoms tetapi tidak dapat disangkal dia adalah salah satu komandan Archer terbaik. Mengapa? 

Ini jelas karena kemampuan nuking AOE-nya yang kuat. Ya, dia mampu mengeluarkan burst damage tinggi hingga maksimal 5 target musuh. Siapapun yang mencoba mengelilinginya dan menyerangnya pasti akan terkena damage besarnya. 

Faktanya, bahkan jika ada pasukan lawan yang diam di sekitarnya pun akan terserang dipengaruhi oleh skil AOE-nya. Merupakan ide yang buruk untuk berdiri di dekat bangunan yang dibentengi Yi-Seong Gye karena Anda pasti akan terkena damage AOE. 

Ditambah, dia memiliki skill damage buff yang sangat baik dan healing pasukan yang membuatnya lebih kuat sebagai nuker. Dia mungkin bukan komandan Archer terbaik secara keseluruhan tapi dia pasti yang terbaik dalam nuking AOE. 

Edward of Woodstock: Edward mungkin adalah nuker terkuat di Rise of Kingdoms. Dia juga mungkin, jika tidak salah, satu-satunya komandan dalam game yang mampu memberikan lebih dari 2000 Damage Factor dasar ke satu target dari skill aktifnya. 

Ini mungkin alasan mengapa dia membutuhkan persyaratan rage yang sangat tinggi untuk melepaskan skill aktifnya. Selain menjadi nuker yang luar biasa terhadap satu target, ia juga merupakan komandan Archer yang sangat baik di Rise of Kingdoms, karena buff dan skill pemanahnya. 

Buff Archer miliknya memungkinkan dia untuk meningkatkan damage skill sebesar 25%, dan meningkatkan Archer Troop Health dan kecepatan berbaris (March Speed); dengan demikian, secara signifikan meningkatkan damage hanya pasukan pemanahnya dan keberlanjutan damage masing-masing. 

Kombinasi skill-nya jelas membuat Edward of Woodstock jadi seorang komandan nuking yang sangat kuat melawan satu target. Ini cenderung membuatnya menjadi penantang gelar komandan Archer terbaik di RoK. 

Bagi sobat yang berminat, cara mendapatkan komandan Edward of Woodstock di Rise of Kingdoms maka harus menunggu server kerajaan atau Kingdom kalian lebih dari 150 hari sejak dibuka. 

Sementara itu untuk dua komandan baru yakni Nebuchadnezzar II dan Cyrus the Great masih belum banyak digunakan oleh pemain, karena faktor pertama: kedua Commander hanya bisa digunakan di Kingdom yang sudah lebih dari 310 hari, alasan kedua: keduanya baru dirilis beberapa hari lalu.

Komandan pemanah atau Archer di Rise of Kingdoms dikenal karena kemampuan nuking mereka yang kuat. Base attack damage mereka yang tinggi dan skill damage yang luar biasa pasti akan memaksa barisan musuh mendapatkan damage yang cukup besar. Terlepas dari bagaimana Anda akan memanfaatkannya, komandan Archer pasti tidak akan mengecewakan Anda.