4 Cara Mengetahui Tanggal Pembuatan Akun Rise of Kingdoms

Statistik pada akun RoK biasanya cuma menampilkan angka-angka berupa Power, KP, Pasukan Mati, Menang, Kalah, Berapa banyak RSS/SDA yang sudah dikumpulkan dan dikirim serta jumlah bantuan aliansi (Alliance Help). Apakah ada cara cek kapan akun Rise of Kingdoms dibuat?

Jawabannya, pasti ada. Sepengetahuan saya bermain game Rise of Kingdoms hampir 3 tahun, game ini sendiri tidak menyediakan fitur atau tulisan khusus kapan sebuah akun RoK dibuat oleh pengguna sendiri atau orang lain. 

Namun bukan berarti kita sama sekali tidak bisa mengecek ya sobat. Faktanya cukup mudah untuk tahu umur akun Rise of Kingdoms orang lain dan sendiri, baik dengan atau tanpa software pihak ketiga.

cek umur akun rise of kingdoms rok

Tenang, yang akan kami bagikan di sini merupakan aplikasi aman dan tidak membutuhkan data sensitif sobat seperti email atau password. Hanya saja butuh ID Gubernur yang terlihat oleh publik dan terdapat pada setiap akun RoK. 

Cara Melihat Waktu Registrasi Akun Rise of Kingdoms

Kini terdapat beberapa cara mengetahui sejak kapan bermain Rise of Kingdoms serta menentukan umur akun RoK tersebut dengan mudah. 

Pertama bisa memakai metode login dan mengecek sendiri oleh sobat. Kalian bisa masuk ke karakter akun yang ingin dicek lalu mengetahui waktu mundur usia akun RoK berdasarkan jumlah hari. 

Metode kedua bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga buatan gamers Rise of Kingdoms juga. App ini dinamakan RoK Companion, bisa dipasang gratis untuk pengguna Android via Google Play Store. 

Langkah alternatif kalau sudah tidak bisa login atau hilang akunnya, baik akibat lupa kata sandi/password, diambil alih orang lain, yakni dengan melihat daftar pencapaian (Achievement) di statistik Google Play Games. 

Semua caranya sudah kami bahas satu per satu, silakan disimak.

Cek Umur Akun Rise of Kingdom Sendiri dan Orang Lain

Ini metode yang mudah tapi memerlukan aplikasi tambahan. Silakan sobat install dulu "Rise of Kingdoms - RoK Companion" buatan Hafizi Rahim. 

Selain berfungsi sebagai RoK Calculator pada versi 2.0.1 aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya cek usia akun Rise of Kingdoms sendiri dan milik orang lain. 

Caranya sebagai berikut: 
  • Pastikan sobat instal aplikasinya versi 2.0.1 kalau di atas atau di bawah itu sudah dihapus fiturnya. 
  • Lalu kalau belum buat akun, registrasi saja asal-asalan tidak apa-apa.
  • Setelah lakukan pendaftaran, langsung login. Kalau disuruh konfirmasi email ya periksa inbox/kotak masuk sobat.
  • Kemudian masuk ke logo kalkulator.
  • Pilih bagian "Account Checker" pada kolom "Enter ID" masukkan ID Gubernur yang mau dicek akunnya. Lalu tekan "Check". 
  • Maka akan tampil tulisan "Date Created: (tanggal pembuatan akun RoK)".
Untuk mengetahui ID Gubernur, buka profil Rise of Kingdoms lalu pada bagian atas nama pemain akan terdapat tulisan Governor/Gubernur (ID: 23456). Angka-angka itu merupakan ID dan tiap pemain pasti berbeda angkanya. 

Melalui Profil RoK

Untuk metode ini sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya. Yakni hanya melihat sekilas angka pada ID Profil Gubernur Rise of Kingdoms. 

Buat mengetahui berapa lama umur akun bermain Rise of Kingdoms bisa juga dicek dengan melihat awalan nomor pada ID Gubernur. Jika berawalan 1 maka itu termasuk akun tua yang lebih dari 2 tahun, apabila berawalan 6-7 dan seterusnya itu akun muda yang dibuat kurang dari dua tahunan. 

Periksa Kapan Akun Rise of Kingdoms Dibuat dengan VIP

Langkah terakhir yakni mengandalkan Level VIP. Caranya mudah, login ke karakter/akun RoK yang mau dicek. Kemudian tap pada level VIP di pojok kiri atas. 

Jika ada tulisan "Consecutive Login Days" atau "Login Berturut-turut" di sampingnya ada total angka jumlah hari yang mencatat sebuah akun login berturut-turut ke Rise of Kingdoms. Contohnya saya login 1002 hari berturut-turut.

Sayangnya metode terakhir ini tidak akurat. Karena bisa saja akun yang dibuat pada 2018 tapi tidak login setahun, dan ketika baru masuk lagi sehari, jadi dihitungnya cuma 1 hari. Coba metode lainnya saja. 

Alasan Harus Tahu Usia Akun Rise of Kingdoms

Kebanyakan pemain yang bertransaksi dalam jual beli akun Rise of Kingdoms khusus akun sultan T5 ingin mengetahui kapan pertama kali dibuat akunnya.

Tujuannya sebagai referensi dan perbandingan saja. Tidak selalu diutamakan, tapi bisa jadi calon pembeli merasa tolok ukur dengan cara ini buat mendapatkan harga lebih murah.

Karena ya agak kurang lucu saja jika akun sudah nyaris 3 tahun tapi belum unlock T4 apalagi T5, kecuali memang sejak awal pembelinya tahu mau beli akun Farm.


Memang sebaiknya kita kasih feedback atau saran/masukan kepada Lilith agar menambahkan fitur untuk mengetahui sejak kapan bermain Rise of Kingdoms berdasarkan tanggal pembuatan atau registrasi pertama kali main.