Yi Seong-Gye Rise of Kingdoms: Tips Talent YSG Terbaik dan Terkuat

Kibezaka sebetulnya sudah agak greget mau posting tentang komandan YSG Rise of Kingdoms ini, mengingat Yi Seong-Gye adalah commander legend favorit saya. Makanya saya sebenarnya mengetik paragraf awal ini justru ketika artikel yang saya ketik di notes HP ini sudah selesai. 

Yi Seong-Gye merupakan komandan serbaguna, multifungsi, dan salah satu yang terbaik secara keseluruhan. Meski spesialisasi dia memimpin pasukan Archer/Pemanah, dan punya skil Garrison, tapi fakta di lapangan jelas jauh berbeda. 

cara mendapatkan ysg rok yi seong gye

Kalau tidak salah, YSG ini satu-satunya komandan legend yang punya skil AOE Damage 360 derajat berbentuk lingkaran (Circle) bisa gebuk pasukan musuh sampai 5 target berbeda sekaligus. 

Sebelumnya kita sudah bahas Sun Tzu RoK, yang juga bisa menghantam musuhnya hingga lima target berkat skil AOE. Tapi kalau AOE Sun Tzu sih cuma fan-shapped area alias bukan berbentuk lingkaran, jadi skil AOE-nya bakal efektif kalau musuhnya berada di depan dia saja. 

Label "Komandan Terbaik" untuk YSG ini bukan hanya saya yang kasih loh ya, karena ada ribuan pemain, puluhan YouTuber dan ratusan sultan di game Rise of Kingdoms yang sepakat melabeli Yi Seong-Gye sebagai salah satu komandan andalan & terbaik dalam game RoK.

Cuma saya suka aja sama efek dari animasi skil YSG, damage AOE dia juga punya kesan yang jleb banget deh kalau lagi baku hantam ramai-ramai di KvK, apalagi pake pasukan T5 itu wah, auto nyayur poin wkwk.

Tips Memainkan YSG di Rise of Kingdoms

Yi Seong-Gye (YSG) adalah seorang Komandan Archer Legend, salah satu komandan terbaik di Rise of Kingdoms. Saat memilih Peradaban dengan Archer sebagai unit khusus, Yi Seong-Gye harus menjadi commander legend pertama yang mencapai level dan skil maksimum buat sobat.

Bahkan jikalau pun sobat fokus bermain dengan pasukan Cavalry atau Infantry tidak akan pernah menghentikan efektivitas YSG untuk digunakan buat war.

Lilith seolah membuat Yi Seong Gye ini sebagai seorang komandan hebat dalam pertempuran apa pun yang dia hadapi, unit Archer di bawah komandonya akan lebih mantap dengan talent dan skil luar biasa yang akan menghantam musuh mereka.

Kekuatan efek skil aktif berbentuk busurnya adalah andalan utama baik dalam damage maupun AOE. Selama skilnya digunakan secara maksimal, kita dapat mengeluarkan banyak damage satu demi satu terhadap semua jenis unit.

Perannya sebagai komandan di game bisa untuk Primary Commander (Komandan Utama) atau Secondary (Komandan Kedua) tetap sempurna, YSG tampil sebagai komandan unik dalam gayanya berkat keefektifannya dalam situasi atau tugas apa pun termasuk buat PvE dan PvP.

Talent Build YSG Terbaik di RoK

Sebenarnya agak aneh kalau saya kasih talent YSG terbaik di Rise of Kingdoms ini, karena jujur saja saya lebih sering memakai Yi Seong-Gye untuk dijadikan komandan kedua baik buat perang di open field atau chaining Barbarian di KvK. Jadi talentnya tidak berpengaruh sama sekali, hanya beberapa skil aktif dan pasif dia saja yang berfungsi.

Tapi tenang, buat sobat yang mau menjadikan YSG sebagai komandan utama maka kalian harus tetap memakai talent terbaik YSG RoK ini, pastikan juga Yi Seong-Gye sobat sudah level 60 alias maksimal. 

talent ysg terbaik rise of kingdoms

Dari build YSG di atas difokuskan pada open field, yakni cukup menargetkan talent Archer + Skill YSG dengan tepat. Talent ini sangat efektif buat baku hantam di Open Field.  

Sobat bakal mendapatkan lebih banyak statistik damage untuk pasukan Archer dengan meningkatkan DPS mereka dan membuatnya lebih efektif melawan Infantry (karena counter Infa itu Archer). 

Saat memilih di antara build, kita harus yakin fungsi apa yang akan dipenuhi Yi Seong-Gye di medan perang. Keduanya luar biasa untuk perang, jika kita ingin meningkatkan skill aktif YSG buat menyerang struktur bangunan disarankan untuk memilih build yang berbeda sehingga sobat bisa dapat lebih banyak damage. 

Tetapi saran saya sih hindari pakai YSG sebagai komandan utama buat war di open field. Karena sobat bakal jadi incaran banyak pemain mengingat lemahnya Yi Seong-Gye jika ketemu komandan Cavalry seperti Saladin, Genghis Khan, Attila RoK, Xiang Yu. 

Kelebihan dan Keunggulan YSG

YSG memiliki skil DPS terbaik untuk hal AOE, radius circle damage AOE dia bisa membuat sobat panen poin ke berbagai musuh di open field dan rally. 

Kehebatan Yi Seong-Gye kedua, dia memiliki regenerasi Rage yang cepat baik dalam bentuk skil dan talent. 

Komandan yang bagus buat melawan komandan mana pun berkat DPS-nya yang tinggi asal dijadikan Secondary Commander ya.

Fleksibilitas, talent, dan skillnya sangat bisa diandalkan untuk PVP maupun PVE.

Kekurangan dan Kelemahan Yi Seong-Gye RoK

× Meski bisa berikan damage tinggi kepada musuh, namun YSG sangat lemah dalam hal defensiv. 

× Tidak ada healing factor atau skil menyembuhkan pasukan secara instan saat war. 

× Cavalry adalah musuh terburuk YSG, karena Archer larinya lambat maka mudah dijadikan target utama pemain Cavalry.

Karena komandan Yi Seong-Gye memiliki skill “Garrison”, bagaimanapun tidak disarankan untuk membuatnya mempertahankan struktur bangunan atau kota sebagai komandan utama. 

Menjadi komandan Archer, YSG akan memiliki unit pemanah dengan Defense dan Attack yang lebih sedikit daripada yang lain, serta talent & skil yang juga tidak akan membantu meningkatkan statistik peperangan, musuh yang memimpin pasukan Cavalry di Rally akan menyebabkan banyak kekalahan pasukan bagi pertahanan YSG. 

Combo Pair Pasangan Komandan YSG Terkuat

Duet Richard - YSG : Seperti yang telah dikatakan di awal bahwa Richard I dan Yi Seong-Gye banyak digunakan pada early game sebelum KvK 1 sampai KvK Musim 2. Tidak hanya open field war saja, pairing Richard YSG saya sering gunakan buat farming/chain barbarian sehingga hemat Action Point. 

Jadikan Richard YSG Pairing dengan Richard sebagai komandan utama, silakan simak: Talent Richard Terbaik RoK.

Duet Ramesses II - YSG : Saat ini Ramses jadi komandan yang sangat diandalkan di KvK 4 dan seterusnya, skil Ramesses menyeimbangkan statistik yang dibutuhkan YSG seperti Healing saat war, Defense, dan Health (HP) di open field. Jika kita menggunakannya, kita akan memiliki duo Archer yang sempurna. 

Duet Charles Martel - YSG : Sama seperti Richard YSG, meski Martel lebih fokus dan punya skil memimpin Infantry tapi dia juga bagus dijadikan komandan utama khususnya memimpin Garrison pertahanan kota/bendera/benteng aliansi, dengan Yi Seong-Gye sebagai secondary commander pastinya. 

Duet Aethelflaed - YSG : Percaya deh buat para F2P, ini duet atau combo terbaik untuk Sunset Canyon RoK. Apalagi jika kalian belum expertise Ramses, maka Aethelflaed RoK adalah alternatif buat Lost Canyon dan Sunset Canyon. 

Cara Mendapatkan Komandan YSG RoK

Selanjutnya buat cara mendapatkan YSG Rise of Kingdoms itu sobat harus menunggu sebuah event Wheel of Fortune dan Yi Seong-Gye akan muncul setelah WoF Richard, tepatnya pada pertengahan KvK Musim 1. 

Selagi menunggu kedatangan YSG ke kingdom kalian, sebaiknya kumpulkan patung emas sebanyak mungkin. Karena sangat disarankan untuk expertise Yi Seong-Gye agar skilnya lebih maksimal. 

Tapi kalau kelewat WoF, apakah ada cara lain? Tentu saja, sobat bisa dapat komandan YSG Rise of Kingdom ini melalui Card King Event atau Raja Kartu. Tinggal siapkan Gems dan dapatkan 10 patung emas Yi Seong-Gye untuk summon dia. 

Komandan Archer RoK Lainnya: 

Amanitore 
Gilgamesh 

Sekian panduan mengenai talent YSG terbaik di Rise of Kingdoms dan bagaimana cara menggunakan dia buat baku hantam di KvK.