Zenobia Rise of Kingdoms: Tips Talent Build Terbaik

rok-zenobia-rise-of-kingdoms-equipment

Untuk postingan spesial talent Zenobia RoK terbaik. Di beberapa artikel tentang Rise of Kingdoms yang sudah saya terbitkan duluan, admin Kibezaka selalu bilang bahwa Zenobia merupakan komandan Garrison terbaik saat ini.

Pernyataan saya bukan tanpa alasan, karena sebagai Garrison Commander seorang Zenobia punya skil mumpuni untuk menghantam balik serangan Rally dari pasukan musuh. Hal ini pun disepakati oleh banyak pemain dalam komunitas RoK. 

Sampai sejauh artikel ini dibuat, tidak ada yang menandingi Zenobia dalam hal Garrison. Komandan garison lain seperti Charles Martel, Yi Sun-sin, Wu Zetian, Yi Seong-Gye, Theodora, Jadwiga, hingga Constantine I sudah diuji coba namun Zeno tetap yang paling direkomendasikan. 

Kisah dan Profil Zenobia RoK

Lahie pada tahun 240 Masehi, Zenobia adaah ratu dari Kerajaan Palmyra era modern di Suriah. Zeno terkenal karena wajah cantiknya yang menawan dan kepemimpinan dirinya bagi Palmyra saat bertarung melawan Kekaisaran Roma. 

30 tahun setelah ia lahir, atau 270 M, Zenobia memulai serangan invasi menghadapi Kekaisaran Roma. Dengan mengendalikan sebagian besar wilayah Roma Timur, ia dan pasukannya sukses menguasai Mesir. 

Hingga pertengahan 271 M, kekuasannya meluas sampai ke wilayah Ancyra, Anatolia Tengah, terus memperluasnya hingga ke Mesir Selatan. Pemerintahan Zenobia di Mesir bertahan samai 272 M ketika dia dikalahkan oleh pasukan Roma. 

Menurut sejarah, riwayat Zenobia berakhir saat dirinya ditangkap oleh kasira Roma kala itu, Aurelian. Teori lain menyebutkan bahwa Aurelian membuang Zeno ke Roma dimana ia menghabiskan sisa hidupnya. 

Di bawah komando dan pemerintahan Zenobia, kaum intelektual sangat merasa dihargai dan dihormati serta banyak sarjana dan filsuf yang dihadirkan ke persidangan. Zenobia sangat toleran terhadap rakyatnya dan melindungi keragaman budaya mereka. 
  • Nama: Zenobia
  • Julukan: Ratu/Queen of Palmyra
  • Spesialisasi: Infantry - Garrison - Support
  • Kelangkaan: Legendary Commander
Sudah punya skil Garrison yang kuat, ditambah ia berspesialisasi memimpin pasukan jenis Infantry yang seperti kita ketahui Infanteri merupakan tipe unit pasukan paling banyak digunakan & diminati para pemain di game Rise of Kingdoms. 

Kelebihan dan Keunggulan Zenobia

Inilah beberapa kehebatan skil Zenobia di RoK: 

√ Memiliki instan healing factor, buat heal pasukan secara instant dengan persentase tertinggi, salah satu yang terbaik di Rise of Kingdoms. 

√ Komandan Infantry terbaik untuk mempertahankan garrison dan kota. 

√ Punya efek besar untuk pasukan Infantry, mulai dari defensif, damage dan pengurangan damage.

Kelemahan dan Kekurangan Zenobia

× Hanya bisa diandalkan buat PVP itu pun cuma menjadi komandan Garrison mempertahankan CH, Fortress (Benteng) dan Flag (Bendera) aliansi. 

× Lemah buat PvP saat war di open field.

× Tidak memiliki damage per skill yang besar, resistance dan support-nya menjadi senjata utamanya.

× Sama sekali tidak efektif untuk PVE.

Talent Zenobia Terbaik di Rise of Kingdoms

Zenobia adalah komandan Infantry terkuat yang berspesialisasi dalam mempertahankan garrison dan kota.

Build Talent tree berikut ini merupakan fokus kepada Garrison yang diisi full cuma pasukan Infantry (tanpa Archer, Cavalry, apalagi gerobak Siege).

talent zenobia rok rise of kingdoms terbaik

Meskipun jika sobat ingin menggunakannya untuk hal lain seperti baku hantam di open field, hal itu tidak disarankan karena banyak skill Zenobia yang tidak akan efektif. 

Skill "Queen of Palmyra" merupakan skil aktif yang sangat baik yang mampu healing pasukan dalam proporsi besar, bahkan jika ada marches atau pasukan teman di dekat sobat dalam jumlah yang lebih kecil, pasukan yang terpengaruh oleh skil ini (termasuk Anda sendiri) akan mendapatkan buff Health (HP) ekstra hingga 40%. 

Lalu “Unmatched Beauty” adalah skill utamanya saat bertugas sebagai pelindung garrison atau pertahanan kota, unitnya akan mendapatkan pengurangan damage yang besar dari serangan musuh dan pada saat yang sama meningkatkan serangan pasukan yang dipimpin Zenobia berikan kepada musuh mereka. 

Zenobia, sebagai komandan Infantry yang hebat meningkatkan defensif semua unit di bawah komandonya dalam hal HP (Health) dan serangan (Attack), hingga maksimum 20% berkat skillnya, " Conqueror's Ambition (Ambisi Penakluk)". 

Selain itu semua damage yang dia timbulkan pada pasukan yang berkumpul di sekitarnya jadi meningkat sebesar 10%, salah satu skil terbaiknya. Skill ini memiliki DPS per probabilitas yang dapat digunakan saat memimpin Garrison atau kota mana pun. Buktinya kemarin waktu dihantam Harald Sigurdsson dan Pakal.

Talent build Zenobia RoK yang kami rekomendasikan difokuskan untuk melindungi kota dan benteng/bendera garrison dengan berbagai cara, dengan menambah damage pada musuh, dan meningkatkan defensive yang lebih tinggi lagi. 

Combo Pair Pasangan Zenobia Terbaik di RoK

Duet Zenobia - Yi Sun-sin: Dua komandan ini seolah-olah terlahir berpasangan, ya keduanya sangat efektif dan kuat jika diduetkan. Zeno-YSS efisien dalam memberikan peningkatan buff defense, kedua commander ini akan memberikan pasukan mereka pertahanan, serangan, dan counter attack mantap, yang mampu menahan serangan musuh saat diserbu Rally. 

Duet Zenobia - Constantine I: Jika sobat belum punya YSS tapi sudah expertise Constantine maka jadikan Zenobia sebagai komandan utama dan Constantine untuk Secondary Commander saja. Keduanya berspesialiasi memimpin pasukan Infantry. 

Duet Zenobia - YSG: Zeno bisa duet sama Komandan Archer yang paling lengkap dalam game ini yakni Yi Seong-Gye, sangat defensif sekaligus melindungi Garrison berkat skil amage yang besar, ketika dipasangkan dengan Zenobia, maka melindungi struktur bangunan apa pun di "Lost Kingdoms" benar-benar efektif, adanya damage AOE yang dimiliki oleh YSG dapat fatal bagi beberapa pasukan musuh.

Cara Mendapatkan Zenobia Rise of Kingdoms

Ini yang sulit :), Zenobia adalah komandan Garrison terbaik + Infantry + didapatkan lewat Mightiest Governor Event (MGE) alias event Gubernur Terhebat dan di kerajaan yang sudah terbentuk lebih dari 310 hari. Karena punya predikat salah satu commander terbaik itulah alasan mendapatkan komandan Zenobia RoK sangat sulit. 

Apalagi MGE sekarang kebanyakan sudah ditentukan oleh staf dewan kerajaan dan Raja itu sendiri. Tapi jangan khawatir, sobat tetap bisa summon Zenobia lewat event Card King, meski harus menunggu cukup lama. Tinggal siapkan Gems selagi menanti dia hadir ke kingdom kalian. 

Silakan baca juga: Panduan MGE Rise of Kingdoms.

Sobat tidak akan menemukan Zenobia di event Wheel of Fortune, dalam sejarahnya hampir nggak ada komandan yang muncul di MGE terus muncul juga di WoF. Paling-paling Charlemagne yang dijuluki komandan terburuk dalam game RoK. 

Lagi pula, Zenobia kebanyakan digunakan oleh sultan pada KvK Season of Conquest (SoC), sehingga apabila sobat merupakan Low Spender & F2P, sebaiknya jangan menggunakan patung emas buat upgrade skill Zenobia. Fokuskan ke komandan lain yang lebih berguna untuk dipakai baku hantam di open field seperti Guan Yu, Alex, YSG, Ramses, Saladi  dan sebagainya.

Sekian panduan tentang tips talent build terbaik Zenobia di Rise of Kingdoms serta cara mendapatkannya, sobat bisa saja memakai Charles Martel sebagai alternatif buat memimpin garrison kota kalian.