Skip to main content

Fungsi Gold Rise of Kingdoms Lebih Penting dari yang Dikira

fungsi gold rise of kingdoms rok

Mungkin bagi sobat yang baru bermain Rise of Kingdoms akan kebingungan, apa fungsi Gold di RoK sebenarnya? Gold atau Emas merupakan salah satu dari Resources (RSS/SDA) yang ada dalam game Rise of Kingdom selain Food (Jagung), Wood (Kayu) dan Stone (Batu).

Kita tahu betapa esensial RSS di game ini. Pada awal permainan atau early game mungkin sobat jarang sekali menggunakan Gold, bahkan untuk farming saja level 5 Gold titik poin SDA itu dapatnya 384k dibanding Food atau Wood yang mencapai 756k tentunya. 

Namun seiring berjalannya waktu, kalian akan menyadari betapa pentingnya memiliki jumlah Gold yang banyak. Saya pribadi punya 4 akun farm dalam RoK, masing-masing difokuskan buat farming Food, Wood, Stone dan Gold saja. Sehingga akun utama bisa fokus mengumpulkan Gems. 

Sobat bisa simak artikel kami sebelumnya tentang Komandan Farming, disana dijelaskan siapa saja commander yang ahli dan punya spesialisasi Gathering khususnya dengan skil kecepatan mengumpulkan Gold ini. 

Sekarang kembali ke topik, seberapa penting dan fungsi Gold pada Rise of Kingdoms? Jawabannya, penting. Sama seperti SDA lain. Hanya saja kita tidak menyadari secara langsung. Berikut beberapa fungsinya: 

1. Riset Teknologi - Ya, ada bangunan Academy yang berguna buat meriset teknologi militer atau ekonomi. Semua level atau tingkatan ketika mau upgrade tech jelas butuh Gold, dalam trivia bahkan Lilith menuliskan "Gold penting, terlebih untuk Research Technology di Akademi". 

2. Healing Pasukan - Memulihkan semua jenis pasukan akan membutuhkan Gold. Baik Cavalry, Infantry, Archers hingga Siege unit sekalipun. Apabila kalian mencapai pasukan T5 (Tier 5) maka suplai Emas dibutuhkan lebih banyak lagi. Karena buat heal T5 Troops itu mengonsumsi Gold yang tidak sedikit jumlahnya. 

3. Menempa Perlengkapan - atau Forge Equipment, pastinya sobat paham betapa pentingnya perlengkapan perang buat komandan andalan kalian untuk menambah buff. Semakin tinggi tiernya makin banyak Gold yang dibutuhkan untuk membuat Equipment di Blacksmith / Pandai Besi.

Material pada Equipment juga bisa di-downgrade menggunakan Gold. Jadi misalnya sobat punya satu Iron Ore (Besi) berjenis Legendary, maka dapat diturunkan menjadi empat atau lebih material jenis Epic (Ungu), Elite (Biru), Advanced (Hijau), dan Normal (Abu-abu) cukup memakai Emas/Gold yang dibutuhkan itu. 

Pada dasarnya selain membutuhkan Blueprint untuk membuat perlengkapan alias Equipment juga dibutuhkan Gold yang cukup saat ingin Forge / Menempa. Nah, perlu diketahui juga betapa sulitnya mengumpulkan Material, jadi jangan disia-siakan. 

Saya pribadi termasuk yang sering bongkar pasang Perlengkapan/Equipment khususnya jenis Normal dan Advanced. Sehingga untuk proses Dismantle (membongkar) saja membutuhkan Gold, jadi buat jaga-jaga ya perbanyak saja jumlah Gold kalian.

Farming Gold di RoK membutuhkan waktu yang lama dibanding Food, Wood dan Stone, apalagi di home Kingdom tanpa buff Kecepatan Mengumpulkan (Gathering Speed). Oleh karenanya, disarankan bikin akun farm khusus farming Gold saja sepenuhnya.

Demikian topik tentang Fungsi Gold Rise of Kingdoms yang ternyata tidak kalah pentingnya, sehingga disarankan untuk tetap memiliki Emas cadangan di akun RoK kalian, makin banyak jumlahnya semakin bagus.