Panduan MGE Rise of Kingdoms: Tips Menang Gubernur Terhebat

rok mge rise of kingdoms gubernur terhebat

Dalam Rise of Kingdoms terdapat sebuah event bernama The Mightiest Governor atau Gubernur Terhebat, biasa disingkat dengan MGE. Event ini akan terus muncul 2 minggu sekali di seluruh kerajaan yang sudah terbentuk lebih dari seminggu. Pembahasan kali ini Kibezaka bakal ulas lebih dalam lagi soal MGE ini.

MGE memang event idaman banyak gubernur RoK, karena dari event inilah sobat bisa mendapatkan banyak patung emas atau Legendary Commander Sculpture untuk komandan legend tertentu. 

Bahkan peringkat pertama bisa mendapatkan 180 patung emas. Kita tahu betapa sulitnya buat dapetin 1 palbot emas ini, dan arena hadiahnya menggiurkan itulah banyak drama, kontroversi serta konflik bermunculan akibat MGE ini. Termasuk yang pernah kita bahas: Kudeta Kerajaan 1958.

Tentang Mightiest Governor Event

Dihelat selama enam hari, terdiri dari 6 tahap, dan hanya muncul dua minggu sekali. Dulunya MGE hanya terbagi dalam 5 stages bagian saja, tapi sejak update tahun lalu konsepnya diubah oleh Lilith sebagai developer. 

Ini event dengan hadiah paling mantap. Makanya di awal-awal kerajaan paling para sultan RoK yang sering menang karena mereka top up begitu banyak bundle untuk memiliki item berupa Speedup yang sangat penting di event ini. 

Penjelasan Fixed MGE

Sedangkan pada Kingdom yang sudah terbentuk lebih dari 3 bulan atau telah memiliki King/Raja, biasanya mulai terorganisir atau biasa disebut Fixed MGE. Peringkat buat Fixed MGE ditentukan siapa saja pemenangnya yang menempati peringkat 1-15. 

Kenapa hanya top 15 saja yang sering diatur? Sebab hadiah dari urutan pertama sampai lima belas itu berbeda signifikan dan itu yang paling ditargetkan pemain. Sementara rewards untuk ranking 16-25 itu sama yakni 3 patung emas. 

Selain itu soal berapa batas poin maksimal untuk pemain yang tidak dalam daftar Fixed MGE ini juga tiap server kerajaan punya kebijakan berbeda, namun intinya tidak boleh melebihi batas yang ditetapkan atau rank 15 ke atas. 

Siapa saja yang berhak masuk daftar Fixed MGE? Biasanya seorang Raja atau dewan kerajaan/Kingdom Council akan mengirimkan email/pesan kerajaan kepada semua pemain di KD tersebut. 

Mereka bertanya siapa yang ingin mengajukan diri untuk mendapatkan peringkat top 15 di MGE, Council juga menentukan kritetria khusus seperti harus memastikan komandannya akan berguna di KvK nanti. 

Jika ada banyak yang berminat, mereka bakalan disaring lagi dengan beberapa kriterianya antara lain: Apakah sudah T5? Lalu siap expertise sebelum KvK berikutnya muncul? Bagaimana dengan Gear/Equipment perlengkapan perangnya? Semua harus dipastikan agar tidak sia-sia dan demi kebaikan Kingdom juga. 

Kadang juga peringkat Fixed MGE dilihat dari kontribusi para pemain sepanjang Lost Kingdom atau KvK berlangsung. Satu hal lagi, Fixed MGE lebih sering terjadi selama off-season atau saat KvK tidak berlangsung. 

Biasanya kalau lagi KvK, kebanyakan MGE tidak diatur atau hampir mustahil terorganisir peringkatnya jadi kita bebas mau dapat poin berapa pun dan peringkat yang diinginkan. Karena stage 5 yakni Enemy Elimination agak fatal kalau dibatasi poinnya, orang mau bantu war di KvK jadi malas ya kan. 

Trik Menang MGE Rise of Kingdoms

Stage 1 - Melatih Pasukan: Jika sobat sudah yakin ingin mendapatkan peringkat tertentu di MGE, maka latih pasukan atau Training Troops sejak jauh hari memakai item Reserves sangatlah disarankan. Nanti ketika hari pertama MGE "Training Troop" kalian tinggal klaim buat dapat poin. Jangan lupa cari rune dan menanti Kingdom Buff juga.

Stage 2 - Mengalahkan Barbarian: Ini mengharuskan sobat mengonsumsi Action Point yang lumayan banyak. Kalau di KvK SoC itu agak enak karena jumlah poin yang didapatkan per satu Barbarian itu bisa berkali-kali lipat lebih tinggi jadi tidak sia-sia AP yang digunakan. 

Stage 3 - Mengumpulkan SDA: Pada tahap ketiga ini Gathering Resources alias farming RSS, saran saya farm Gold atau Gems sejak jauh hari misal 5 hari sebelum Stage 3, bawa pasukan semaksimal mungkin dan jangan biarkan pulang ke kota kalian sampai Stage 3 ini datang. Untuk rekomendasi komandan silakan baca: Gathering Commander RoK yang bagus buat farming. 

Stage 4 - Upgrade Power: Untuk tahap keempat ini kalian bisa menambah poin dengan upgrade bangunan, riset teknologi atau latih pasukan, poinnya dikalikan 2 dari total power hasil upgrade/research/training. Sangat tidak disarankan melatih pasukan dengan jumlah banyak di stage ke-4 ini, alangkah baiknya lakukan di Stage 1 tadi buat dapat point yang lebih tinggi. 

Stage 5 - Enemy Elimination: Mengeliminasi musuh maksudnya adalah menyerang pasukan dari pemain lain, bukan Barbarian. Hampir semua kerajaan punya aturan ketat di Stage 5 ini seperti tidak boleh menyerang pasukan orang lain secara sembarangan. Biasanya kalau Stage 5 bersamaan dengan waktu war di KvK itu bakal lebih mudah dapat poin. 

Stage 6 - Final Sprint: Ini tahap akhir dimana sobat bisa mendapatkan poin dengan melakukan semua kegiatan dari lima stage sebelumnya namun dengan jumlah perolehan poin yang tidak se-efektif/sebesar masing-masing stage sebelumnya. 

Urutan Komandan MGE Rise of Kingdoms

Sejak pembaruan atau Update tahun lalu juga Lilith mengubah konsep urutan komandan MGE RoK. Khusus untuk pemain di Kingdom sebelum KvK Musim 1 sampai KvK Season 3 (Light vs Darkness) mungkin pilihan commander pada Mightiest Governor Event itu cuma satu saja. 

Tapi di Season of Conquest alias Musim Penaklukan - biasanya kerajaan yang sudah terbentuk setahun - itu bakal terdapat 3 sampai 4 pilihan komandan legend berbeda yang bisa kita pilih. 

Berikut Urutan Komandan Gubernur Terhebat Rise of Kingdoms dari KvK 1 sampai Season 3 (LvD): 

1. Julius Caesar (Hari ke-11)
2. Charles Martel (65) 
3. El Cid (121)
4. Saladin (177)
5. Constantine I (233) 
6. Tomyris (289) 

Setelah Tomyris, kemungkinan sobat masuk musim penaklukan (KvK Musim 4 dan seterusnya), pilihan komandan bakal makin banyak di MGE dan kemunculan commander Wheel of Fortune (WoF) bukan cuma satu saja. 

Tips Memenangkan MGE untuk F2P dan Low Spender

Jika sobat sebagai pemain F2P, maka harus bersikap realistis dan menerima kenyataan bahwa MGE itu event yang sangat kompetitif dan konsumsi banyak item Speedup, RSS/SDA, dan waktu bermain (Grinding) yang tidak sedikit. Itulah alasan kenapa F2P jangan memaksakan diri buat mendapatkan peringkat yang tinggi di setiap MGE yang dihelat. Karena sobat hanya akan buang waktu, Speedup dan SDA hanya untuk rewards yang kurang worth it menurut saya. 

Pastikan sobat ikut MGE untuk komandan yang punya spesialisasi memimpin jenis pasukan yang kalian mainkan. Misal Archer, Infantey atau Cavalry. 

MGE di awal-awal Kingdom itu yang paling susah dimenangkan, sebaiknya lupakan saja. Sultan Rise of Kingdom bakal mengamuk apalagi edisi Charles Martel. Simpan saja semua Speedup kalian buat MGE usai KvK 1 atau lebih baik lagi patisipasi MGE di SoC. 

Mayoritas kerajaan yang sudah punya struktur kepemimpinan yang cukup solid bakal menerapkan peraturan ketat untuk MGE, beradaptasi adalah kunci buat kalian, jangan melanggar aturan karena bakal percuma. 

Ada kerajaan diktator yang menentukan ranking MGE hanya untuk Raja dan teman-temannya saja, juga ada kerajaan yang Demokratis membebaskan pemain mendapatkan poin & peringkat berapa pun yang diinginkan. 

Kesimpulan

Berpartisipasi dalam MGE Rise of Kingdoms itu memang disarankan, sobat tinggal adaptasi dengan aturan Kingdom dimana kalian berada. Sebagai game RTS atau Real-time Strategy, sobat cukup harus memahami kapan waktunya memakai item berupa Speedup, RSS, dan sejenisnya.