Skip to main content

9 Komandan Farming Terbaik di Rise of Kingdoms

komandan farming rise of kingdoms

Daftar Komandan Gathering Rise of Kingdoms Terbaik. Proses pengumpulan SDA atau Resources (RSS) disebut juga Gathering, merupakan kegiatan yang hampir dilakukan pemain Rise of Kingdoms setiap hari. Kita harus mengumpulkan Jagung (Food), Kayu (Wood), Stone (Batu), Emas (Gold) kadang Gems juga saat KvK. 

Semua SDA penting baik buat upgrade bangunan, riset teknologi, sampai healing pasukan seusai perang melawan gubernur lain, terutama pada event The Lost Kingdom. Tapi buat farming RSS di Rise of Kingdoms ada tips tersendiri agar lebih maksimal dan efisien. 

Terutama dalam pemilihan pasukan, gunakan Siege unit buat farming SDA, jangan Infantry, Archer atau Cavalry. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah pemilihan komandan farming atau Gathering Commander di Rise of Kingdoms. 

Ada banyak komandan yang bisa diandalkan buat farming RSS pada RoK. Seperti biasa, terbagi dalam empat klasifikasi Advanced, Elite, Epic dan Legendary Commander. Pemilihan komandan ini penting, agar kalian tidak menyia-nyiakan Gold Head atau Patung Emas buat komandan farming. 

Berikut komandan farming terbaik di Rise of Kingdoms yang mudah dimaksimalkan skilnya dan upgrade talent tree fokus bagian Gathering minimal level 40. 

1. Constance 
2. Sarka 
3. Gaius Marius 
4. Matilda of Flanders 
5. Joan of Arc 
6. Centurion 
7. Ishida Mitsunari 
8. Cleopatra VII 
9. Seondeok 

Seperti kita ketahui jika kalian berhasil memaksimalkan skill Constance dan membuatnya ke level 40 untuk difokuskan semua Talent Tree ke Gathering, maka setiap kali selesai farming bakal dapat bonus RSS yang dikumpulkan sebanyak lebih dari 40% totalnya. 

Kedua ada nama Sarka, berkat skil "The Maidens War", dia bisa meningkatkan Gathering Speed 18%, selain itu Sarka layak dibawa ke RSS Pit Aliansi agar mendapatkan banyak bonus SDA yang bisa ditampung. 

Lalu Joan of Arc, komandan ini sebenarnya serbaguna. Jika fokus Talent Tree di Gathering, maka bisa dijadikan Secondary Commander buat war mengingat buff dari skil utamanya penting meningkatkan serangan. 

Sementara kalau dijadikan Primary Commander atau komandan utama buat war di open field, maka jangan menggunakan talent build Gathering sama sekali. Joan of Arc bagus untuk support pasukan sobat lainnya atau menambah buff ke pasukan teman. 

Seondeok adalah komandan yang bagus untuk farming Gold. Berkat skill "Insightful" apabila dimaksimalkan ke angka 5 maka buff Gathering Speed buat Gold naik maksimal 30%, tapi tak mengurangi speed buff farming SDA jenis lain bahkan meningkat sebesar 20%. 

Sedangkan Cleopatra VII yang notabenenya komandan Legendary ini mirip Seondeok buffnya. Hanya saja fokus dia Gathering Speed 30% untuk Stone, kalau farming Batu lebih cepat. Hal tersebut tertuang dalam deskripsi skill keduanya. 

Kesimpulannya: Komandan farming Food terbaik di RoK adalah Ishida Mitsunari, Gaius Marius. Buat Gold ada Seondeok, Wood di Constance, Stone gunakan Cleopatra VII atau Matilda of Flanders, selebihnya bisa digunakan farming RSS jenis apa saja. 

Tips tambahan: Untuk farming di RSS Pit (Alliance Resource Center) sebaiknya gunakan Constance agar bonus SDA yang didapatkan ketika pasukan sudah kembali ke kota itu jumlahnya lebih banyak dibanding komandan lain. 

Sekian tutorial dan panduan kami tentang komandan farming terbaik Rise of Kingdoms. Kalau saya pribadi kerap mengandalkan Sarka dan Constance untuk pengumpulan SDA pasti mereka berdua selalu ada.