Tips T5 dan VIP 18 untuk F2P di Rise of Kingdoms dengan Cepat

t5 f2p rise of kingdoms vip 18 rok

Memiliki jenis pasukan terbaik atau Tier 5 (T5) di game Rise of Kingdoms merupakan dambaan semua pemain. Begitu sulitnya dan membutuhkan waktu sangat lama menjadikan T5 sebagai upaya yang hampir mustahil buat F2P atau pemain gratisan tanpa top-up apapun. 

Salah satu kendala sebagai F2P adalah mengumpulkan belasan sampai puluhan ribu Book of Covenant untuk upgrade bangunan Castle, yang menjadi satu dari sekian banyak syarat buat meningkatkan bangunan Academy ke level 25. 

Kendala lainnya yakni mengumpulkan Gems buat mendapatkan Master Blueprint. Setidaknya, sobat harus memiliki lebih dari 12 item tersebut untuk upgrade masing-masing bangunan ke level 25 (kecuali bangunan SDA / RSS dan Hospital yang cukup satu saja dari empat bangunan). 

Selain itu Speedup juga hal yang paling dibutuhkan. Mengingat upgrade teknologi militer semakin tinggi levelnya maka makin lama proses upgradenya. Ada yang mencapai 60 hari, hingga 192 hari alias lebih dari enam bulan untuk upgrade satu level saja. 

Oleh karenanya jika sobat bermain Rise of Kingdoms sebagai F2P, harus cermat dalam mengelola segala macam jenis item di akun RoK. Seperti penggunaan Speedup yang sudah kita bahas pada artikel tips sebelumnya. 

Serta beberapa tips tambahan berikut mungkin dapat membantu dan mesti diperhatikan juga: 

1. Rajin ikut rally Barbarian Fort 

Sumber utama mendapatkan Book of Covenant itu dari Barbarian Fort, sekali join bisa dapat 3 buku. Walau tidak selalu dapat buku, tapi inilah sumber utamanya. 

2. Kelola Gems dengan Bijak

Pengelolaan Gem haruslah bijaksana. Jangan menyia-nyiakan gems yang dimiliki untuk sesuatu yang hanya akan memperlambat progres sobat dalam memiliki pasukan T5. 

Pastikan sejak jauh hari sudah mengumpulkan gems yang didapat baik melalui Barbarian, hadiah event, dan lainnya untuk kemudian digunakan pada event populer kesayangan kita semua yaitu MTG alias More Than Gems

Banyak yang menyarankan agar kita selalu menggunakan Gems untuk upgrade VIP saja. Tetapi apabila sobat sudah mencapai VIP 14 yang notabenenya termasuk hadiah 3 Legendary Sculpture per hari, maka fokus bisa dialihkan ke Book of Covenant

3. Gabung Aliansi Besar 

Bergabung dengan aliansi terkuat dan terbesar di suatu kingdom bukanlah hal mustahil sebagai F2P, asalkan kita memenuhi persyaratan yang diminta oleh Leader. 

Umumnya aliansi kuat mengutamakan power tinggi untuk merekrut pemain. Jika power di akun Rise of Kingdoms sobat sudah memenuhi kriteria, bisa langsung Apply. Atau kalau kurang sedikit-dikit, bisa bicarakan dengan petinggi aliansi secara langsung. 

Apalagi saat Lost Kingdom atau KvK, aliansi besar punya lebih banyak slot untuk menampung jumlah pemain lainnya, sehingga tidak ada alasan untuk menyia-nyiakan kesempatan.

Mengapa aliansi terkuat? Mengingat sudah bukan rahasia lagi kalau banyak P2W Sultan di aliansi besar yang rajin top-up, setiap mereka top up kita dapat jatah baik Wooden Chest, Stone, Bronze, Iron, Silver hingga Golden Chest idaman semua pemain RoK. 

Golden Chest ini kan berisi banyak hadiah menggiurkan, salah satunya Speedup, Gems dan tentunya poin VIP hingga 2000 points yang akan membantu para F2P untuk mempercepat proses ke Tier 5 pastinya. 

4. Rajinlah Farming Gems 

Jangan malas untuk grinding, farming Gem di Rise of Kingdoms jadi hal yang disarankan bagi F2P. Bahkan kalau perlu buatlah 4 akun farm masing-masing buat Food, Wood, Stone dan Gold. Nah, di akun utama fokuskan farming Gems saja.

Ingat selalu kata pepatah, Grindingnya F2P bisa mengalahkan malasnya Low Spender. Itu sudah terbukti oleh beberapa pemain RoK.

5. Ikuti dan Selesaikan Event 

Beberapa event idaman F2P seperti Ark of Osiris, Silk Road, hingga Karuak Ceremony memungkinkan kita mendapatkan Gems dan patung emas Legendary Commander Sculpture.  

Sebisa mungkin sobat jangan melewatkan tiap kesempatan event berharga tersebut. Jika kalian berada di kingdom yang sepi, biasanya bisa ikutan juga memenangkan event Mightiest Governor Event dengan grinding di stage 2 (Barbarian), dan stage 3 (Farming). 

Walau membutuhkan waktu lama dan tidak mudah, namun memiliki level VIP 18 dan pasukan T5 bukanlah hal mustahil, karena sudah banyak terbukti pemain Rise of Kingdoms yang meraih pencapaian tersebut.