Saladin Rise of Kingdoms: Tips Talent Terbaik dan Terkuat RoK

Kalau sobat bertanya siapa komandan Cavalry favorit para pemain Rise of Kingdom Indonesia, maka Salahuddin Al-Ayyubi alias Saladin adalah jawabannya. Survey yang Kibezaka lakukan terhadap ratusan orang membuktikan bahwa Saladin menjadi andalan mayoritas pemain RoK Indo.

Saladin pun efektif untuk jangka panjang. Artinya dia nggak cuma berlaku buat KvK musim tertentu saja, berbeda halnya dengan rival abadi Saladin yakni Richard I RoK, yang efektivitasnya bertahan di KvK Musim 1 & 2 saja karena banyak counternya. 

saladin rok card king mge

Selain itu Saladin sangat multifungsi dan serbaguna, dia bukan cuma diandalkan buat baku hantam di open field namun juga untuk memimpin pasukan Rally Cavalry mulai KvK Musim 2 dan seterusnya hingga late game.

Ingat sekali saat saya nonton war KvK-nya Kingdom #1412 dimana beberapa pemain besar dan sultan RoK seperti Shinchi, Baba, Ahmed Aziz mencoba counter Rally Pakal - Harald Sigurdsson RoK dengan combo Saladin - William. 

Tips Memainkan Saladin Rise of Kingdoms

Komandan Legend yang sangat satu ini lumayan bagus dalam memimpin unit Cavalry dan punya kemampuan Conquering alias menaklukan kota musuh. 

Salah satu komandan paling serbaguna dalam RoK untuk hal PVP (Player Vs Player) kita dapat menggunakannya baik di Open Field maupun di Rally melawan struktur musuh. 

Skil dia membuatnya menjadi komandan yang kuat, bahkan ketika faktanya Infantry adalah musuh terburuk Cavalry, jangan takut jika sobat memiliki Saladin yang memimpin pasukan kalian, karena dia akan membuat setiap musuhnya takut akan kekuatannya. 

Saladin dianggap sebagai salah satu komandan Legend terbaik dalam Rise of Kingdom selama ia digunakan dengan benar. Tidak wajib expertise, cukup upgrade sampai 5-5-5-1 sudah bisa kalian bawa baku hantam. 

Build Talent Saladin Terbaik di RoK

Ini khusus build Talent Tree Saladin Open Field, bagi sobat yang F2P dan Low Spender jarang memimpin Rally maka bisa abaikan Talent bagian Conquering. Fokus di Cavalry dan Support saja. 

talent saladin terbaik terkuat open field

Saladin di Open Field sangat bagus, Skill damage langsung miliknya bernama “Hold Fast” sangat aman saat mengalahkan musuh karena secara drastis mengurangi Efek Healing yang diterima musuh ketika terkena skil ini. 

Beberapa bonusnya untuk pasukan Cavalry seperti pada skil "Ghulams" membuatnya menjadi komandan yang menakutkan jika dia memimpin pasukan sepenuhnya dengan Cavalry. 

Musuh utama pemain Saladin adalah Komandan 
Infantry seperti Richard, Alexander The Great, dan Guan Yu, namun skill ke-3 Saladin “Bond and Fate” akan mengurangi damage skill mereka hingga 30% terutama jika kita menghadapi Guan Yu yang memiliki damage kuat sekali.

Kelebihan dan Keunggulan Saladin RoK

Komandan Cavalry yang cepat dan dengan damage skil yang tinggi. 

Kehebatan Saladin lainnya, dia memiliki skill Damage Reduction, yang membuatnya menjadi komandan Cavalry yang sangat kuat untuk pertempuran panjang di KvK. 

Mengurangi faktor penyembuhan pasukan (Healing Factor) pada komandan yang diserang oleh Skill mereka, ideal untuk membantai sejumlah komandan Infantry yang kuat seperti Richard.

Kita bisa menggunakannya dalam dua bentuk PVP yakni Conquering atau baku hantam di Open Field.

Kekurangan dan Kelemahan Saladin RoK

× Saladin tidak memiliki damage skill AOE, hanya bisa incar satu target musuh.

× Tidak banyak berfungsi untuk menggunakannya sebagai komandan PVE. Meskipun masih efektif untuk Karuak Ceremony misalnya.

× Tidak memiliki skil untuk Heal pasukan secara instan selama pertempuran.

Combo Pair Pasangan Komandan Saladin Terkuat

Duet Saladin - YSG : Sebelumnya pada postingan YSG RoK saya bilang bahwa Yi Seong-Gye ini memang merupakan komandan serbaguna, meski ia berspesialisasi memimpin pasukan Archer, kenyataan di lapangan dia juga diandalkan buat jadi pairing Saladin, menutupi kelemahan Saladin dengan AOE YSG yang mantap. 

Duet Saladin - William I : Sebagai salah satu combo terbaik di jagat Rise of Kingdoms, Saladin dan William jelas banyak digunakan khususnya di KvK Musim Penaklukan (Season of Conquest) alias musim 4 & seterusnya. 

Duet Saladin - Cao Cao : Skil komandan yang jago lari seperti Cao Cao bakal membantu Saladin untuk mengejar pasukan musuh atau melarikan diri dari kejaran lawan. Selain itu keduanya juga memiliki skil Healing Factor yang membuat combo ini jadi tahan banting. 

Duet Saladin - Baibars : Jika sobat F2P dan tidak punya komandan Cavalry legend yang lain buat dipasangkan dengan Saladin, maka Baibars adalah jawaban mutlak. Hal itu karena dia punya AOE Damage yang dapat menutupi kekurangan Saladin. Simak: Talent Baibars Rise of Kingdoms.

Cara Mendapatkan Komandan Saladin RoK

Ada beberapa cara mendapatkan Saladin Rise of Kingdoms, yang pertama sobat bisa mengumpulkan patung emas dia melalui Mightiest Governor Event (MGE) atau Gubernur Terhebat. Namun persaingannya bakal ketat & tidak mudah, maka dari itu persiapkan Speedup sebanyak mungkin. 

Lalu cara kedua bisa lewat event Raja Kartu, saat ini jadwal Card King Saladin bakalan muncul di kingdom yang sudah terbentuk kurang lebih 300 harian. Event ini muncul hanya satu kali dalam sebulan, jadi jangan sia-siakan. 

Sobat bakal membutuhkan Gems minimal 10k Gem buat jaga-jaga, mengandalkan keberuntungan juga sih. Karena saya waktu itu pun summon Saladin via Card King menghabiskan sekitar 6 ribu Gems total untuk 10 Sculpture.

Lalu ada event berikut: Tavern Legendaris RoK, dimana sobat juga berkesempatan mendapatkan patung emas Saladin.  Langkah terakhir bila sobat merupakan Low Spender, maka kalian dapat beli bundle harian Daily Special Offer di aplikasi Rise of Kingdoms.