Inilah Tugas Raja di Rise of Kingdoms yang Tidak Mudah

kingdom buff kerajaan rise of kingdoms rok

"Apakah mengaktifkan buff kerajaan memakai gems?" - Satu pertanyaan fantastis! Jawabannya adalah Ya, semuanya! Menggunakan gems buat aktifkan Kingdom Buff itu memang nyata dan jarang diketahui pemain Rise of Kingdoms. Akan kita bahas dalam topik tugas King di RoK ini.

Makanya tidak jarang orang bersikap skeptis dan menilai jadi Raja di game Rise of Kingdoms itu tidak lebih dari seorang budak yang memakai mahkota. Meski anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena banyak keuntungan menjadi King. 

Sekarang ada lebih dari 2400+ server kerajaan di Rise of Kingdoms yang artinya juga minimal ada 2400 pemain yang menjadi seorang Raja di Kingdom mereka masing-masing. Segudang keuntungan jadi King sudah banyak dipahami.

Tapi salah satu kelemahan/kekurangan menjadi King atau Raja di Rise of Kingdoms adalah butuh banyak Gems untuk aktivasi Buff dan skill kerajaan buat dinikmati seluruh pemain di kerajaan.

Faktanya, ada lima buff kerajaan dan 4 skil raja di RoK saat ini yakni: 

1. Mobilize for War (Buff: Kecepatan Melatih Pasukan / Troops Training Speed 10%) = Aktivasi pakai Gems 2500.

2. From The Ground Up (Kecepatan Membangun / Building Speed 10%) = 1200 Gems.

3. Healing First (Kecepatan Penyembuhan Pasukan / Heal Troop 30%)  = 2000 Gem

4. Favorable Weather (Meningkatkan Produksi SDA / Resource Production 20%) = 1500 Gem

5. Industrial Revolution (Kecepatan Riset / Research Speed 30%) = 1800 Gems.

Kelima Kingdom Buff tadi ada tiga yang berdurasi 4 jam, sementara khusus Favorable Weather & Healing First durasinya hingga 8 jam maksimal. Lalu ada empat King Skill atau skil raja yaitu: 

1. Tax: Durasi 8 Jam, fungsinya Meningkatkan Kecepatan Mengumpulkan SDA di map (Gathering Speed 50%) = 2000 Gems.

2. Imprison: Durasi 10 menit, fungsinya mengunci kota yang ditargetkan agar tidak bisa teleport. = 3000 Gems.

3. Leader: Cooldown 10 menit, fungsi menambah buff damage pada semua pasukan di sekitar yang sudah ditentukan sang paduka raja.

4. Exile: Cooldown 72 Jam, fungsi: sebuah kota musuh yang menggunakan Peace Shield akan dipaksa pindah ke zona 4 saat di KvK Lost Kingdom, ini hanya bisa digunakan ke pemain dari kerajaan lain. Inilah skill baru yang dirilis Lilith kemarin. 

Jadi jelas ya, aktivasi Buff Kingdom itu tidak cuma sekadar tekan tombol ceklis di Lost Temple. Tapi harus siap Gems untuk mengaktifkan buff kerajaan. 

Menurut pengakuan dari mantan King di kingdom #1930, dia harus menggunakan 50-60 ribu Gems total saat war di KvK 3 saja, untuk aktivasi King Skill saat perang di Lost Kingdom. Belum termasuk buff KD dan sebagainya. 

Cuma begitu saja? Oh tentu tidak, sang Raja punya tugas lebih berat lagi ketika KvK berjalan. Mulai dari diplomasi kerajaan untuk memilih sekutu, mengatur teritori kingdom dan pembagian struktur bangunan agar buff aliansi besar sama rata. 

Mendata statistik K/D pemain yang berkontribusi sepanjang KvK mulai dari kontribusi dalam perang dan honor point, untuk nantinya lebih adil di pembagian hadiah akhir KvK jika menang KvK. 

Semua itu tidak mudah, mengingat di setiap kerajaan terdapat ratusan hingga ribuan pemain aktif yang ikut KvK. Makanya, seorang Raja membutuhkan bantuan dari staf atau dewan kerajaan disebut Council. Sudah kita bahas di artikel: Tugas Kingdom Council

Serta tugas-tugas lainnya yang menyita waktu dan sulit dibayangkan bagaimana King mendedikasikan waktunya buat Kingdom kalian di balik layar. Makanya kita harus menghargai jerih payah Raja minimal dengan tidak melanggar peraturan dasar kingdom serta selalu mengikuti arahan mereka. 

Jika kalian benci dengan aturan Raja, sebaiknya migrasi pindah kerajaan. Dan bayangkan juga ada beberapa kingdom yang pernah kosong tidak memiliki Raja sama sekali itu sangat berantakan tidak teratur & otomatis kalah KvK, sebab pemain mereka tak tahu apa yang harus dilakukan. 

Lantas siapa yang berhak jadi raja? Apakah ada pemilihan umum? Tidak, Raja bukan dipilih oleh penduduk kerajaan sebagaimana sebuah negara demokrasi. King atau Raja di Rise of Kingdoms hanya untuk mereka yang mengajukan diri dan siap dalam berbagai aspek, contohnya seperti yang dijelaskan tadi minimal banyak Gems ya buat aktivasi Buff kerajaan.

Rata-rata yang menjadi Raja di Rise of Kingdoms itu bukan mereka yang punya Power paling tinggi. Sebab mayoritas sultan di RoK tidak punya waktu mengurus kerajaan yang rumit, mereka cuma siap membantu dalam baku hantam jika waktunya perang sudah tiba. 

King di Rise of Kingdoms juga tidak selalu laki-laki. Justru pemain perempuan terkadang lebih paham dan mampu organisir kerajaan, contohnya mantan Raja dari kingdom #1954 cewek berusia 20 tahun asal London memimpin kerajaannya juara KvK Musim 1 melawan #1960 dan sekutunya. 

Jadi Raja pada Rise of Kingdoms membutuhkan dedikasi minimal berupa: 

Responsivitas = Raja harus mengetahui apa pun kejadian yang ada di Kingdom mereka sendiri, juga membuat keputusan. Dia akan mendapatkan laporan dari staf kerajaan jika ada hal-hal genting, misalnya pemain provokator, pelanggar aturan MGE & ancaman perang internal. 

Adil = Meski jadi Raja, bukan berarti dia bisa bebas menangkan event seenaknya sendiri. Ia harus bersikap adil terhadap semua pemain. Walau teman di aliansinya sendiri melanggar peraturan, tetap harus dihukum sesuai hukuman yang berlaku.

Beruntung saya punya King yang bijaksana meski keputusannya kerap dianggap kontroversial karena memberlakukan MGE menguntungkan pemain kecil F2P & Low Spender untuk dapat komandan legend. Asalkan semua yang masuk daftar mendapatkan Patung Emas itu adalah fighter sejati atau yang suka membantu berkontribusi dalam perang di KvK.

Cerdik = Maksudnya cerdik adalah tidak ceroboh, tak egois dan selalu berdiskusi dengan Kingdom Council mengenai keputusan besar. Misalnya, memilih sekutu menjelang KvK dimulai haruslah berhati-hati agar menang KvK dan tidak terjadi pengkhianatan. 

Menjadi raja memanglah tugas berat di Rise of Kingdoms, termasuk konsumsi Gems yang banyak saat KvK berlangsung. Makanya jangan heran kalau King kalian suka memindahkan tahta kerajaan ke akun farm sementara cuma buat mengaktifkan Kingdom Buff itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel