Siapa dan Apa Tugas Kingdom Council di Rise of Kingdoms?

kingdom council rise of kingdoms


Sobat yang main Rise of Kingdoms pasti sering mendapatkan email atau pemberitahuan yang menyebutkan kalimat "Kingdom Council". Secara harfiah, Kingdom Council artinya Dewan Kerajaan. 

Khusus di Rise of Kingdoms kita juga bisa menyebutnya Staf Kingdom. Lalu apakah sobat penasaran siapa saja yang menjadi bagian dari Council dan bagaimana cara jadi staf lalu tugasnya apa saja? 

1. Kalau sobat belum tahu, Kingdom Council biasanya orang-orang yang menjabat sebagai pemimpin top aliansi. Entah itu top 3, top 5 atau bahkan top 10 baik R4 atau R5. 

Namun di kerajaan saya dimana saya bagian dari Kingdom Council, para staf Kingdom bukan hanya R4 atau R5 alias pemimpin suatu aliansi. Karena kerajaan kami terdiri dari beragam latar belakang dan berbagai negara. 

2. Tugas Kingdom Council, sama seperti Dewan Perwakilan Rakyat. Tugas dewan kerajaan juga mendiskusikan segala jenis keputusan untuk sebuah Kingdom, mana yang terbaik menurut mereka itulah yang dipilih untuk semua pemain. Kadang juga dilakukan voting melibatkan seluruh Council di kerajaan.

Council juga membuat peraturan tertulis yang berlaku untuk seluruh pemain di suatu Kingdom. Misalnya, dalam event The Mightiest Governor (MGE) atau Gubernur Terhebat, pada tahap kelima atau KE pasti akan ada batasan seperti limit poin, tidak boleh menyerang kota, pasukan farming dan sebagainya. 

Pada dasarnya semua aturan diambil atas banyak pertimbangan, Council tidak ingin ada pertempuran internal (Civil War) di dalam Kingdom yang akan merusak fokus & konsentrasi pemain dalam bersiap menghadapi event terbesar di RoK yakni Kingdom vs Kingdom (KvK).  

Nah, ketika masuk KvK, Council akan melaksanakan tugasnya dengan melakukan diplomasi kepada kerajaan lain untuk mencari Ally atau sekutu di event Lost Kingdom yang berlangsung selama 50 hari.

Jumlah Kingdom Council tiap server kerajaan berbeda tergantung kebijakan setiap Raja, di dalam Kingdom saya saat ini ada sekitar 20 orang pengambil keputusan penting, termasuk saya yang dipilih saat itu. Total aliansi aktif sekitar 40-50, dan jumlah pemain di kd saya 12000 lebih.

Jika salah seorang staf kerajaan mendapatkan laporan dari pemain mengenai adanya pelanggaran aturan yang dilakukan pemain lain, maka akan didiskusikan di sebuah Grup Chat khusus Kingdom Council untuk menentukan sanksi / hukuman yang diberikan. 

3. Cara Menjadi Kingdom Council di Rise of Kingdoms - Kalau ini tips yang tidak mutlak. Namun biasanya pemimpin berbagai aliansi dikumpulkan sebagai perwakilan masing-masing aliansi, tiap alianai berisi 130-160 orang anggota.

Saya pribadi saat itu dipilih jadi bagian dari Kingdom Council ketika menjabat sebagai Officer (R4) di suatu aliansi. Dalam satu aliansi ada sekitar 8 orang Pejabat (R4) dan satu orang Leader (R5).

Tetapi saat ini di Kingdom saya, dewan kerajaannya bukan hanya R4 atau R5 suatu aliansi saja. Saya juga sudah mengundurkan diri dari R4 aliansi karena tugasnya begitu berat, namun King atau Raja di Kingdom saya tetap meminta saya menjadi bagian dari Kingdom Council. 

Menjadi Kingdom Council bukanlah hal yang mudah, karena terkadang bahkan ada kesalahpahaman dan ketidaksetujuan satu sama lain mengenai hasil diskusi. Beberapa mantan Council di Kingdom saya ada yang migrasi dan berhenti bermain karena hal ini.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai Bagaimana Cara Menjadi Kingdom Council serta tugas mereka di suatu kerajaan dalam game Rise of Kingdoms.