Henry V Rise of Kingdoms: Komandan Baru RoK Spesialis Archer

Pengembang Rise of Kingdoms bakal merilis komandan baru lagi. Setelah Infantry, Cavalry, dan Leadership, sekarang komandannya bakal punya spesialisasi memimpin pasukan Archer di RoK, namanya Henry V. 

henry v rok rise of kingdoms

Komandan ini dirilis setelah Patch 1.0.57, jika melihat jarak antara perilisan komandan sebelumnya maka terbilang cepat. Scipio dan Flavius baru diluncurkan pada patch April 2022 silam dan mungkin belum banyak pemain yang summon kedua commander tersebut.

RoK Henry V Disebut Pengubah Meta Rise of Kingdoms

Henry V digadang-gadang bakal mengubah susunan META yang ada di Rise of Kingdoms saat ini. Itu bukan tanpa alasan, karena skil aktif Henry V yang bernama "Divine Right" terbilang di atas rata-rata komandan Legendary RoK lainnya. 

Ia punya Direct Damage Factor 1500 normalnya, dan jika mencapai expertise naik hingga 2300, fantastis. Tidak cuma itu, skil aktifnya pun bisa mereduksi damage dari komandan pasukan musuh maksimal hingga 30%. 

Itu baru skil pertama (Active Skill). Skil keduanya (Pasif 1) bisa memberikan buff ke pasukan Archer (pemanah) berupa Attack Bonus 20% Max, Defense Bonus 20% Max, serta March Speed 20%.

Apakah Henry V Cocok Buat Open Field RoK

Ya, Henry V lumayan bagus untuk baku hantam di Open Field. Namun dia punya role atau tugas yang sama seperti Xiang Yu, bisa digunakan untuk menyerang struktur bangunan lawan seperti Kota (City Hall), Bendera Aliansi (Alliance Flag), Benteng Crusader (Crusader Fortress), Pass, Hieron, Sanctuary, dan Great Ziggurat. 

Hal itu karena Henry V memiliki skil dan talent "Conquering". Skill ketiga bernama "Road to Empire" bisa meningkatkan bonus counter attack sampai 30%, serta memiliki kesempatan 10% untuk menambah damage kepada musuh sebesar 30% selama 3 detik, tapi munculnya 5 detik sekali.

Jadi jika ditanya bagus atau tidaknya Henry V untuk war di open field maka jawabannya, Ya, bagus. Tinggal sesuaikan dengan gameplay sobat saja. Kalau fokusnya di Archer, bisa sekali expertise Henry. 

Cara Mendapatkan Komandan Henry V RoK

Sama seperti kebanyakan komandan Legend lain. Saat awal-awal perilisan, Henry V hanya bisa di-summon lewat event tertentu saja yakni Mightiest Governor (MGE)

Namun bukan tidak mungkin ke depannya ia akan muncul juga di event lain seperti Tavern Legendaris serta Card King. Pertanyaannya sekarang, F2P dan Low Spender haruskah memaksimalkan dan upgrade skil Henry V? 

Semua balik lagi pada preferensi gameplay. Archer tipikal pasukan yang jarang digunakan, saran saya fokus pada komandan yang sesuai dengan unit yang sobat mainkan. Kalau mainnya Infantry maka tidak usah upgrade Henry V, apalagi jika jumlah Legendary Sculpture atau Patung Emas terbatas. 

Sebelum meningkatkan skil Henry V, selalu pastikan sobat menggunakan Gold Head untuk komandan yang tepat. Di Rise of Kingdoms, item GH ini terbilang langka dan sulit didapatkan. Makanya banyak yang menyarankan fokus ke satu komandan dulu.