Cara Mendapatkan Crystal Rise of Kingdoms Saat KvK

kristal rise of kingdoms crystal tech

Ketika sobat sudah masuk Season of Conquest atau Musim Penaklukan alias KvK 4 dan seterusnya entah Heroic Anthem atau Strife of the Eight, kalian harus mengumpulkan banyak RSS baru bernama Crystal/Kristal sepanjang berada di Lost Kingdom. 

Crystal berfungsi untuk upgrade bangunan Crystal Mine (Tambang Kristal) yang fungsinya juga mirip building RSS seperti Food, Wood, Stone dan Gold. Selain itu fungsi utama Crusyal untuk upgrade riset teknologi militer di bangunan Crystal Research Center (Pusat Riset Kristal).

Sayangnya Kristal ini jenis SDA/RSS yang tidak bisa di-farming di map. Mendapatkan Crystal juga tidak mudah, kecuali sobat adalah pemain P2W atau rajin top-up untuk membeli bundle. 

Namun bukan berarti F2P tidak dapat berpartisipasi di KvK sama sekali. Selama CH sobat sudah level 25, maka di awal game akan mendapatkan 1,5M Crystal gratis. Manfaatkan ini sebijak mungkin ketika riset teknologi dengan menyesuaikan apakah kalian F2P, Low Spender, atau Big Spender di RoK. 

Ada banyak cara mendapatkan Crystal di KvK Rise of Kingdoms. Beberapa diantaranya sebagai berikut: 

1. Mengalahkan Barbarian 

Seperti yang diketahui pada musim penaklukan (Season of Conquest/SoC), Barbarians itu levelnya tidak ada yang di bawah 40. Adanya cuma level 41 ke atas. 

Setiap barbarian yang dikalahkan berpotensi memberikan rewards sangat banyak selain Speedup, RSS, Tome of Knowledge, Gems, Material Equipment hingga Crystal. 

2. Rally Barbarian Fort 

Di Lost Kingdom KvK Musim Penaklukan juga benteng Barbarian tidak mudah dikalahkan, hanya ada level 11 ke atas. Jadi disarankan jika teknologi perang kalian belum memadai, lebih baik jangan memaksakan diri. Ikut gabung rally pemain T5 saja. 

Mengalahkan Barbarian Fort bisa membuat sobat mendapatkan Crystal sekitar 2500 dalam satu kali level 11 Fort. Tapi seperti halnya Book of Covenant, keberadaan Kristal gratis ini tergantung seberapa besar kecilnya drop rate. Kadang dapat, sering juga tidak ada. 

3. Bastion Quest

Setiap bangunan Bastion di LK memberikan tantangan/tugas kepada semua gubernur, jika tantangannya diselesaikan maka ada rewards atau hadiah. Nah, hadiahnya dari misi ini juga terdapat Crystal selain Speedup, Favor, Materials, Legendary Sculpture. 

4. Will of the Ancients 

Buka halaman event KvK atau Lost Kingdom Page di kanan atas, lalu pilih War of Conquest (Perang Penaklukan). Pada minggu pertama berlangsung akan ada event bernama "Will of the Ancients (Wasiat Kuno)" setiap hari tangannya juga berbeda. Selesaikan tiap misi untuk klaim Crystal gratis. 

5. Top-up Bundle 

Pada akhirnya kalau kalian tidak ingin membuang atau nggak punya waktu banyak & kalian para spender di game RoK, maka cara alternatifnya ialah beli bundle khusus Kristal yang hanya tersedia sepanjang KvK musim tersebut berlangsung. 

Ada setidaknya dua bundle yang dapat dibeli, pertama di Supply Depot "Suplai Kristal Musim Premium (Premium Season Crystal Supply)" harga Rp75 ribu per musim mendapatkan total 3M (3 juta Crystal) sudah termasuk 1050 Gems serta kecepatan Tambang Kristal 50% & kedua di Super-Value Bundle Hemat "Wasiat Sang Penakluk (Conqueror's Will)", serta bundle yang muncul edisi terbatas setiap upgrade banguan Tambang Kristal & Pusat Riset Kristal. 

Semua akun yang sudah City Hall 25 dapat Kristal gratis dari Lilith di awal KvK. Meskipun itu termasuk akun farm, tapi SDA Crystal tidak bisa dikirim lewat Trading Post seperti halnya Food/Wood. 

Sayangnya kelemahan dari Season of Conquest adalah, semua Kristal yang telah kita dapatkan pada musim tersebut akan reset & hilang alias mulai dari nol lagi di musim KvK berikutnya. Jadi tidak diakumulasikan, termasuk kedua bangunan Crystal harus upgrade ulang dari awal.

Inilah yang banyak diprotes oleh pemain Rise of Kingdoms, mengingat mendapatkan banyak Kristal itu sangatlah sulit apalagi bagi para F2P yang mengumpulkan Crystal lewat perjuangan tidak mudah.