KD Mati Rise of Kingdoms: Penyebab Kingdom Sepi Pemain

Dalam istilah RoK, ada yang namanya KD mati. Pada dasarnya KD mati di Rise of Kingdoms merupakan sebuah sebutan untuk server kerajaan yang sepi pemain, minim aktivitas, jarang terekspos, dan paling penting sultan di sana hanya sedikit.

Tapi KD mati Rise of Kingdoms itu ternyata banyak diminati, bahkan tidak sedikit yang mau masuk bergabung ke kingdom dengan pemain aktif seadanya saja. 

daftar kd mati rise of kingdoms rok

Kenapa ya kingdom mati di game RoK justru disukai pemain? Sehingga mereka berlomba-lomba mau masuk ke KD mati walau sebenarnya sulit sekali. 

Penyebab KD Mati di Rise of Kingdoms

Sebuah kerajaan yang dikatakan KD Mati adalah server yang sepi pemain. Penyebabnya karena banyak farmers, baca: Alasan kenapa farmers dibenci di Rise of Kingdoms

Dalam beberapa server, kingdom mati bisa saja sebelumnya sangat aktif, ramai, banyak dibicarakan. Namun karena satu dan lain hal seperti konflik internal, bisa membuat kingdom jadi mati. 

Pemain sultan yang aktif war, semua pada migrasi pindah kerajaan. Mereka yang sering ditunjuk jadi Rally Leader dan pemimpin Garrison memilih hengkang ke kingdom lain. 

Buat yang statistiknya bagus secara Power, Kill Point (KP), komandan legend banyak yang expertise, mungkin enak karena mudah diterima bergabung ke kingdom lain. 

Sementara para farmers dengan power tinggi tapi KP rendah, bakal sulit diterima saat mau migrasi ke kingdom lain. Apalagi sekarang banyak kerajaan yang selektif memilih imigran setelah maraknya Civil War. 

Hasilnya pemain dengan power tinggi dan KP sedikit, atau biasa disebut Farmers, itu terjebak di kingdom mereka yang menjadi sepi. Bermain dengan para farmers lainnya di satu kingdom. 

KD Mati juga identik dengan Casual Player, atau pemain yang cuma bermain Rise of Kingdoms apa adanya tanpa memiliki ambisi tertentu seperti Kingdom aktif yang punya tujuan menang KvK.

Sebenarnya bisa saja mereka pindah, asalkan pintar melobi dewan kerajaan yang dituju. Lebih bagus lagi kalau kingdomnya dipimpin oleh orang yang dikenal. Istilahnya, pakai "Kekuatan Orang Dalam".

Kingdom Mati Banyak Diminati

Mulai dari F2P, Low Spender dan Sultan pada mengincar KD Mati. Kenapa? Alasannya jelas karena lebih mudah memenangkan event tertentu. Itu cuma satu dari sekian banyak alasan lain seperti: 

Barbarian Camp dan Keep - Logikanya semakin banyak pemain, maka makin banyak juga yang berburu cetak biru (Blueprint) seperti Silent Trial dan Delane's Amulet. 

Farming Gems - Dalam artikel berjudul: Tips Farming Gems RoK, saya menyebut dalam satu kali KvK berhasil mengumpulkan lebih dari 200 ribu Gem sepanjang Lost Kingdom Event berlangsung. 

Nah, kala itu saya berada di KD mati. Usai KvK selesai, saya memutuskan migrasi pindah kerajaan. Minimnya pemain menjadi keuntungan tersendiri jika sobat fokus farming Gems. 

Apalagi di kerajaan yang mayoritasnya pemain Eropa dan Amerika, secara zona waktu berbeda maka frekuensi jam bermain tidak akan sama. Jadi saat mereka masuk jam istirahat, di sisi lain itu jam aktif bagi pemain-pemain Asia. 

Mengatur MGE - Sepanjang 3 tahun bermain Rise of Kingdoms, saya baru pernah menang Mightiest Governor Event sekali saja yakni mendapatkan peringkat pertama. Itu ketika MGE Constantine RoK untuk upgrade skil dia jadi 5-5-1-1.

Itu pun saat masih di KD mati, dan belum masuk Season of Conquest kala itu. Juga diberikan oleh kingdom council yang notabene teman saya sendiri, karena saya memiliki perlengkapan Infantry yang mumpuni buat baku hantam. 

Farming SDA/RSS Nyaman - Berbeda dengan kerajaan imperium yang padat penduduk yang buat farming SDA Food/Wood/Stone/Gold saja harus rebutan, bahkan di Zona terendah yakni Zone 1 pun harus berebut. Kalau di KD mati itu farming senyaman mungkin. 

Buat para farmers, introvert, dan yang tidak suka keriuhan maka KD mati memang menjadi opsi terbaik untuk disinggahi. Sunyi, senyap, sepi, minim drama, incar ranking bagus di event. 

Sayangnya masuk KD Mati itu susah sekarang. Karena mayoritas Council atau pengurus kerajaan KD mati itu enggan menerima imigran baru yang powernya di atas 25M apalagi sultan. 

Mereka tetap ingin menguasai server tersebut hingga puas mendapatkan apa yang mereka inginkan, bermain di zona nyaman sampai puas barulah kemudian migrasi bersama-sama dengan teman-temannya.

Adakah Daftar KD Mati Rise of Kingdoms

Sebenarnya bisa saja saya tulis di artikel ini daftar kingdom mati di RoK. Namun karena bersifat fluktuaktif jadi enggan juga. Apalagi menyangkut reputasi server kerajaan tersebut. 

Karena belajar dari pengalaman, kingdom mati yang dulu saya singgahi kini sudah berubah menjadi ramai, aktif, dan penuh pemain bahkan hampir berstatus imperium. Mereka selalu di Seed A atau Seed B untuk KvK Rise of Kingdoms.