--> Skip to main content

Istilah Pada Game Rise of Kingdoms dan Artinya

istilah pada game rise of kingdoms


Dalam game Rise of Kingdoms sebagai pemula pasti ada yang kebingungan apa yang mereka pemain lain bicarakan, baik dalam percakapan aliansi, di chatroom umum atau PM. 

Pada dasarnya kebanyakan merupakan kosa kata istilah yang disingkat, dan umumnya dalam bahasa Inggris. Kami memberikan rangkuman contoh istilah dalam Rise of Kingdoms di kamus sederhana ini. 

Perhatikan bahwa jika bahasa dalam game berbeda maka kemungkinan penyebutan istilahnya akan beda. Contoh versi English "RSS" sedangkan di bahasa Indonesia itu "SDA". 

1. KvK = Kingdom vs Kingdom, sebuah event terbesar di Rise of Kingdoms digelar selama 2 bulan, dimana total puluhan aliansi dari 8 kerajaan bertemu untuk memperebutkan The Great Ziggurat di Lost Kingdom. 

2. Lost Kingdom = Atau disingkat LK, merupakan kerajaan yang hilang tempat kontes KvK berlangsung. Ini ibaratnya venue netral mempertemukan aliansi besar dari delapan Kingdom berbeda. 

3. Pre Kvk = alias Pra KvK adalah event yang berlangsung selama 9 hari menjelang KvK. Terbagi dalam tiga tahap yakni mengalahkan Marauders (mirip Barbarians), pelatihan pasukan (Training Troops) hingga kalahkan Marauders Encampment (seperti Barbarian Fort), masing-masing stage berdurasi 3 harian.

4. Zeroed = secara harfiah artinya Dikosongkan. Ini hukuman terbesar pemain RoK, seseorang yang terkena Zero kotanya akan diserang belasan sampai puluhan pemain hingga semua pasukannya & SDA dihabiskan sampai tak tersisa. Biasanya pelaku melanggar peraturan kerajaan (Kingdom Rules). 

5. KD = Kingdom, kerajaan. Sampai artikel ini dibuat sudah ada hampir 2800 server kerajaan. Tiap servernya rerata berisi 5000-7000 pemain aktif.

6. GC = Group Chat, ruang obrolan aliansi. Dimana semua anggota aliansi dapat berinteraksi satu sama lain.

7. KC = Kingdom Chat, ini wadah publik bagi semua pemain di suatu Kingdom saling tegur sapa dan mengobrol. 

8. Architect Please = Meminta title Arsitek di KC, untuk mendapatkan Buff mempersingkat durasi upgrade bangunan selama 10%.

9. Duke Please = Buff untuk melatih pasukan lebih cepat. 

10. Scientist Please = Minta buff persingkat waktu buat riset / Research teknologi di Academy. Biasanya ketiga buff di atas baru tersedia setelah Kingdom sudah lebih dari 62 hari atau seusai memiliki King / Raja. 

11. RSS = Resources atau SDA, seperti Food (Jagung), Wood (Kayu), Stone (Batu), dan Gold (Emas). 

12. Guardians = Wali, mirip barbarians, penjaga Sanctum, Altar, Shrine dan Lost Temple. Bisa dikalahkan untuk dapat XP banyak.

13. RSS Pit = Pusat SDA gratisan bagi anggota suatu aliansi, bisa farming dalam jumlah banyak sekaligus. 

14. Diplomacy = Diplomasi, tiap pejabat (Officers) R4 dan pemimpin (Leader) R5 suatu aliansi harus melakukan diplomasi kepada aliansi lainnya, terutama ketika mau memperluas teritorial, agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jika diplomasi gagal mencapai kesepakatan, langkah terakhir adalah perang. 

15. Farming = Aktivitas mengumpulkan SDA. Kadang juga penyebutan mengacu pada Farming Barbarians atau Guardian, itu maksudnya mengalahkan barbarian sebanyak mungkin dalam satu waktu. 

16. Rune = Atau Runes, inilah buff paling mudah didapatkan. Ada yang buat mempersingkat waktu latihan pasukan, upgrade building, menambah March Speed / kecepatan komandan & pasukan hingga riset teknologi. Rune berada di sekitar Sanctum, Altar, Shrine dan Lost Temple. 

17. TP = Teleport, kegiatan teleportasi memindahkan kota ke tempat lain. 

18. MGE = Mightiest Governor Event, atau sering disebut juga TMG (The Mightiest Governor), dalam bahasa Indonesia itu maksudnya event Gubernur Terhebat yang diselenggarakan tiap 2 minggu sekali serta terbagi dalam lima tahap.

19. AoO = Ark of Osiris, juga event bergengsi yang digelar setiap 2 minggu. Meski kalah, hadiahnya tetap menggiurkan. 

20. Rally = Secara harfiah artinya Demonstrasi, tetapi di dalam game Rise of Kingdoms ini bermaksud mengumpulkan pasukan teman satu aliansi buat menyerang target, baik bendera, kota atau barbarian fort secara bersama-sama, "Serangan Bersatu".

21. Garrison = Benteng pertahanan, ibarat kita punya istana nah sebagai keamanan ada pasukan serta komandan yang menjaga istananya dari serangan musuh. 

22. CH = City Hall, bangunan kota utama di game ini yang harus di upgrade semaksimal mungkin. 

23. Osiris League = Layaknya Ark of Osiris, namun dengan format kompetisi liga yang mempertemukan aliansi besar dari berbagai server kerajaan. 

24. Marauders = tukang invasi, mirip Barbarians level 26 yang muncul tiap Pre KvK tahap pertama. 

25. Marauders Encampment = sekilas tampak seperti Barbarian Fort, namun lebih kuat dan sulit dikalahkan. Untuk mengalahkannya harus Rally dengan minimal 1,2 juta pasukan T4. 

26. T1, T2, T3, T4, T5 = Huruf T maksudnya adalah jenis Tier pasukan, jadi disingkat Tier 1 dan seterusnya. Semakin tinggi jenis Tier pasukan makin bagus buat berperang di open field. Untuk unlock tiap Tier harus lakukan riset di akademi, T5 unit paling sulit didapatkan dan membutuhkan waktu sangat lama secara normal. 

27. Commander = Komandan perang, terdapat empat jenis klasifikasi komandan di Rise of Kingdoms yakni Advanced (Hijau), Elite (Biru), Epic (Ungu) dan Legendary (Oranye). Komandan legendaris tertentu sangat sulit didapatkan dan hanya bisa diraih menggunakan Gems di event Wheel of Fortune, seperti misalnya Richard I, Yi Seong-Gye (YSG), Guan Yu, Edward of Woodstock, hingga Alexander The Great. 

28. P2W / Whales = Pay To Win, pemain yang rajin top-up setiap hari berkali-kali. Kadang juga disebut Whales (Paus) karena memiliki Power super besar dibanding rerata pemain lainnya, serta selalu menempati peringkat 5 besar di berbagai event, terutama event MGE.

29. F2P = Free To Play, kebalikan dari P2W. Mayoritas F2P tidak pernah top up sedikit pun di game RoK. Atau banyak yang jadi Low Spender tetapi mengakunya F2P. 

30. MTG = More Than Gems, sebuah event yang mengharuskan kita menggunakan Gems untuk mendapatkan rewards menggiurkan. Ini salah satu event paling ditunggu oleh pemain. 

31. Fast Build = Bantu membangun bendera (Flag) atau Center Fortress (CF) aliansi dengan cepat yakni mengirimkan pasukan sebanyak mungkin. 

32. Slow Build = Kebalikan dari Fast Build, yaitu membangun dengan santai dan lambat. Maksimal 1 pasukan dan 1 komandan saja, tujuannya supaya mendapatkan Silver Coin lebih banyak. Karena koin aliansi didapat berdasarkan jumlah durasi dalam kontribusi membangun Flag/CF. 

33. AP = Action Point, biasanya Action Points ditandai warna hijau pada profil kalian dan memiliki limit 1000, tiap 8 jam normalnya akan terisi kembali setelah kosong. Fungsi AP untuk menyerang Barbarians dan Barbarian Fort. 

34. Expertise = Sudah selesai memaksimalkan skil utama komandan yang menggunakan Sculpture. Biasanya ini akan membuat serangan Commander tersebut menjadi lebih besar damage yang dihasilkan. 

35. Reinforce = Bala Bantuan, kirim pasukan untuk mendukung dan membantu pemain lain atau melindungi bangunan aliansi dari serangan lawan.

36. Gather / Gathering = Berkumpul / Mengumpulkan, biasanya kata "Gather" digunakan sebagai ajakan pengurus aliansi kepada semua anggota untuk kumpulkan pasukan di suatu tempat, contohnya "Gather Here / Kumpul Disini". 

37. Imperium Kingdom = Sebuah kerajaan yang memiliki status "Imperium" berarti termasuk yang terkuat, hanya ada 32 dari ribuan kerajaan di dalam game Rise of Kingdoms yang berstatus Imperium. Sobat tidak dapat migrasi masuk ke Imperium Kingdom, tetapi bisa keluar dari sana pindah ke KD lain. 

38. Grinding = Kata "Grind" di bermakna cukup luas, ada yang secara harfiah, atau juga memiliki makna tersendiri dalam game. Pada RoK, Grinding artinya kita aktif meningkatkan power, menyelesaikan misi harian (Daily Objective) setiap hari, selesaikan event yang tersedia dan mengikuti kegiatan di aliansi.  

39. LKC = Lost Kingdom Chat, biasanya akan muncul selama KvK berlangsung sekitar 60 hari. Pengguna dari berbagai Kingdom bisa berinteraksi disini.

Semua istilah Rise of Kingdoms beserta arti kosa kata tadi akan diperbarui sewaktu-waktu, silakan bookmark halaman ini dan kembali kapan saja kalau kebingungan berkomunikasi di grup aliansi.