Istilah Pada Game Rise of Kingdoms dan Artinya

istilah pada game rise of kingdoms


Dalam game Rise of Kingdoms sebagai pemula pasti ada yang kebingungan apa yang mereka pemain lain bicarakan, baik dalam percakapan aliansi, di chatroom umum atau PM. 

Pada dasarnya kebanyakan merupakan kosa kata istilah yang disingkat, dan umumnya dalam bahasa Inggris. Kami memberikan rangkuman contoh istilah dalam Rise of Kingdoms di kamus sederhana ini. 

Perhatikan bahwa jika bahasa dalam game berbeda maka kemungkinan penyebutan istilahnya akan beda. Contoh versi English "RSS" atau "Resources" sedangkan di bahasa Indonesia itu "SDA". 

1. KvK = Kingdom vs Kingdom, sebuah event terbesar di Rise of Kingdoms digelar selama kurang lebih 2 bulan, dimana total puluhan aliansi dari 8 kerajaan atau lebih, bertemu untuk memperebutkan banyak rewards termasuk objektif utama yaitu menguasai bangunan The Great Ziggurat di Lost Kingdom. 

2. Lost Kingdom = Atau disingkat LK, merupakan kerajaan yang hilang tempat kontes KvK berlangsung. Ini ibaratnya venue netral mempertemukan aliansi besar dari delapan Kingdom berbeda atau lebih.

3. Pre KvK = alias Pra KvK adalah event yang berlangsung selama 6 hari menjelang KvK sebelum memasuki LK. Terbagi dalam tiga tahap yakni mengalahkan Marauders (mirip Barbarians), pelatihan pasukan (Training Troops) hingga menghancurkan Marauders Encampment (seperti Barbarian Fort), masing-masing stage berdurasi 2 hari.

4. Zeroed = secara harfiah artinya Dikosongkan. Ini hukuman yang telak bagi pemain RoK, seseorang yang terkena Zero kotanya akan diserang belasan sampai puluhan pemain hingga semua pasukannya & SDA dihabiskan sampai tak tersisa (Zero) Biasanya pelaku melanggar peraturan kerajaan (Kingdom Rules). Baca: Tips Usai Terkena Zeroed.

5. KD = Kingdom, kerajaan. Sampai artikel ini dibuat sudah ada lebih dari 3000 server kerajaan. Tiap servernya rerata berisi 500-2000 pemain aktif.

6. GC = Group Chat, ruang obrolan aliansi. Dimana semua anggota aliansi dapat berinteraksi satu sama lain. Bisa juga diartikan Golden Chest (paling umum), golden chest merupakan rewards bagi semua pemain di suatu aliansi jika ada salah satu/lebih pemain yang membeli bundle seharga total 1-2 juta rupiah.

7. KC = Kingdom Chat, ini wadah publik bagi semua pemain di suatu Kingdom/server untuk saling tegur sapa dan mengobrol, meminta buff, berdiskusi, provokasi, memancing keributan, membuat drama, dan lain-lain.

8. Architect Please = Meminta title Arsitek di KC, untuk mendapatkan Buff mempersingkat durasi upgrade bangunan (Building Speed) sebesar 10%.

9. Duke Please = Buff untuk melatih pasukan lebih cepat (Training Speed) 10%.

10. Scientist Please = Minta buff persingkat waktu buat riset / Research Speed teknologi di Academy. Biasanya ketiga buff di atas baru tersedia setelah Kingdom sudah terbentuk lebih dari 62 hari atau seusai memiliki King / Raja. 

11. RSS = Resources atau SDA, seperti Food (Makanan/Jagung), Wood (Kayu), Stone (Batu), dan Gold (Emas). Baca juga: Tips Jual RSS di Rise of Kingdoms yang Menguntungkan.

12. Guardians = Wali, mirip barbarians, penjaga Sanctum, Altar, Shrine, Lost Temple, Crusader Camp, Hieron, Sanctuary, Great Ziggurat. Bisa dikalahkan untuk dapat XP banyak buat upgrade level komandan.

13. RSS Pit = Pusat SDA gratisan bagi anggota suatu aliansi, bisa farming dalam jumlah banyak sekaligus. 

14. Diplomacy = Diplomasi, tiap pejabat (Officers) R4 dan pemimpin (Leader) R5 suatu aliansi harus melakukan diplomasi kepada aliansi lainnya, terutama ketika mau memperluas teritorial, agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jika diplomasi gagal mencapai kesepakatan, langkah terakhir adalah perang. Baca: Pentingnya Diplomasi Rise of Kingdoms.

15. Farming = Aktivitas mengumpulkan SDA. Kadang juga penyebutan mengacu pada Farming Barbarians atau Guardian, itu maksudnya mengalahkan barbarian sebanyak mungkin dalam satu waktu. 

16. Rune = Atau Runes, inilah buff paling mudah didapatkan. Ada yang buat mempersingkat waktu latihan pasukan, upgrade building, menambah March Speed / kecepatan komandan & pasukan hingga riset teknologi. Rune berada di sekitar bangunan situs suci Sanctum, Altar, Shrine, Lost Temple, Crusader Camp, Hieron, Sanctuary, Ziggurat.

17. TP = Teleport, kegiatan teleportasi memindahkan kota ke tempat lain. 

18. MGE = Mightiest Governor Event, atau sering disebut juga TMG (The Mightiest Governor), dalam bahasa Indonesia itu maksudnya event Gubernur Terhebat yang diselenggarakan tiap 2 minggu sekali, dimulai pada Senin serta terbagi dalam enam tahap. Baca: Panduan Menang MGE di RoK.

19. AoO = Ark of Osiris, juga event bergengsi yang digelar setiap 2 minggu. Meski kalah, hadiahnya tetap menggiurkan. 

20. Rally = Secara harfiah artinya Demonstrasi, tetapi di dalam game Rise of Kingdoms ini bermaksud mengumpulkan pasukan teman satu aliansi buat menyerang target, baik bendera, kota atau barbarian fort secara bersama-sama, "Serangan Bersatu".

21. Garrison = Benteng pertahanan, ibarat kita punya istana nah sebagai keamanan ada pasukan serta komandan yang menjaga istananya dari serangan musuh. 

22. CH = City Hall, bangunan kota utama di game ini yang harus di upgrade semaksimal mungkin. 

23. Osiris League = Atau disebut juga OL. Layaknya Ark of Osiris, namun dengan format kompetisi liga yang mempertemukan aliansi besar dari berbagai server kerajaan. Simak: Penjelasan Osiris League.

24. Marauders = tukang invasi, mirip Barbarians level 26 yang muncul tiap Pre KvK tahap pertama. 

25. Marauders Encampment = sekilas tampak seperti Barbarian Fort, namun lebih kuat dan sulit dikalahkan. Untuk mengalahkannya harus Rally dengan minimal 1,2 juta pasukan T4. 

26. T1, T2, T3, T4, T5 = Huruf T maksudnya adalah jenis Tier pasukan, jadi disingkat Tier 1 dan seterusnya. Semakin tinggi jenis Tier pasukan makin bagus buat berperang di open field. Untuk unlock tiap Tier harus lakukan riset di akademi, T5 unit paling sulit didapatkan dan membutuhkan waktu sangat lama secara normal. 

27. Commander = Komandan perang, terdapat empat jenis klasifikasi komandan di Rise of Kingdoms yakni Advanced (Hijau), Elite (Biru), Epic (Ungu) dan Legendary (Oranye). Komandan legendaris tertentu sangat sulit didapatkan dan hanya bisa diraih menggunakan Gems di event MGE atau Wheel of Fortune, seperti misalnya Richard I, Yi Seong-Gye (YSG), Guan Yu, Edward of Woodstock, hingga Alexander The Great. 

28. P2W / Whales = Pay To Win, pemain yang rajin top-up setiap hari berkali-kali. Kadang juga disebut Whales (Paus) karena memiliki Power super besar dibanding rerata pemain lainnya, serta selalu menempati peringkat 5 besar di berbagai event, terutama event MGE. Whale adalah in-game achievement atau Pencapaian jika seorang gubernur mencapai power tertentu.

29. F2P = Free To Play, kebalikan dari P2W. Mayoritas F2P tidak pernah top up sedikit pun di game RoK. Atau banyak yang jadi Low Spender tetapi mengakunya F2P. 

30. MTG = More Than Gems, sebuah event yang mengharuskan kita menggunakan Gems untuk mendapatkan rewards menggiurkan. Ini salah satu event paling ditunggu oleh pemain. Cek Info: Jadwal More Than Gems RoK.

31. Fast Build = Bantu membangun bendera (Flag) atau Center Fortress (CF) aliansi dengan cepat yakni mengirimkan pasukan sebanyak mungkin. 

32. Slow Build = Kebalikan dari Fast Build, yaitu membangun dengan santai dan lambat. Maksimal 1 pasukan dan 1 komandan saja, tujuannya supaya mendapatkan Silver Coin lebih banyak. Karena koin aliansi bisa didapat berdasarkan jumlah durasi dalam kontribusi membangun Flag/CF. 

33. AP = Action Point, biasanya Action Points ditandai warna hijau pada profil kalian dan memiliki limit 1500, tiap 8 jam normalnya akan terisi kembali setelah kosong. Fungsi AP untuk menyerang Barbarians, Barbarian Fort, atau event tertentu seperti Karuak Ceremony. Simak: Jadwal dan Tips Upacara Karuak RoK.

34. Expertise = Sudah selesai memaksimalkan seluruh skil seorang komandan yang menggunakan Sculpture. Biasanya ini akan membuat serangan Commander tersebut menjadi lebih besar damage yang dihasilkan. 

35. Reinforce = Bala Bantuan, kirim pasukan untuk mendukung dan membantu pemain lain atau melindungi bangunan aliansi dari serangan lawan.

36. Gather / Gathering = Berkumpul / Mengumpulkan, biasanya kata "Gather" digunakan sebagai ajakan pengurus aliansi kepada semua anggota untuk kumpulkan pasukan di suatu tempat, contohnya "Gather Here / Kumpul Disini". Kalau Gathering biasanya dijadikan bahasa lainnya dari Farming.

37. Imperium Kingdom = Sebuah kerajaan yang memiliki status "Imperium" berarti termasuk yang terkuat, hanya ada sedikit dari ribuan kerajaan di dalam game Rise of Kingdoms yang berstatus Imperium. Sobat tidak dapat migrasi masuk ke Imperium Kingdom jika melewati batas power tertentu, tetapi bisa keluar dari sana pindah ke KD lain. 

38. Grinding = Kata "Grind" di bermakna cukup luas, ada yang secara harfiah, atau juga memiliki makna tersendiri dalam game. Pada RoK, Grinding artinya kita aktif meningkatkan power, menyelesaikan misi harian (Daily Objective) setiap hari, selesaikan event yang tersedia dan mengikuti kegiatan di aliansi. Singkatnya, aktif bermain.

39. LKC = Lost Kingdom Chat, biasanya akan muncul selama KvK berlangsung sekitar 60 hari. Pengguna dari berbagai Kingdom yang berpartisipasi dalam map KvK yang sama bisa berinteraksi disini. 

40. BRB = Be Right Back (Segera Kembali), banyak yang salah kaprah dan mengira orang yang nyebut "Brb" di aliansi itu mau berburu Barbarian. Padahal mereka biasanya hanya keluar aliansi sebentar entah mau kirim RSS, main Ark of Osiris di aliansi lain, atau join war bantu aliansi lainnya untuk kembali lagi nanti. 

41. GPC = Google Play Card, atau Gift Card. Berisi kode redeem untuk isi ulang saldo G-Play yang dapat digunakan untuk top-up semua konten baik game dan aplikasi Android. Banyak gamers memilih memakai GPC dalam satuan USD karena langsung bebas potongan pajak/PPN. 

42. Fighter = Sebutan untuk pemain yang suka war atau perang setiap ada kesempatan buat war dia pasti ikut walau melawan Kingdom sendiri, tidak takut pasukan, speedup dan RSS habis. 

43. Farmers = Pemain yang malas atau takut untuk war, bisa juga mengacu pada gubernur dengan akun Power tinggi namun Kiill Point (KP) rendah. Sejatinya Fighter dan Farmer dibedakan dengan mudah yaitu melihat apakah total KP minimal 3-4 kali lipat lebih tinggi dari Powernya. Baca juga: Alasan Farmers Dibenci di RoK.

44. AFK = Away From Keyboard, hampir semua gamers sudah tahu ini ya. 

45. PvP = Player vs Player, melawan pemain lain biasanya saat war di KvK. 

46. PvE = Player vs Environment, maksud dari Environment adalah Barbarians, Barbarian Fort, Guardian, dan sejenisnya yang bukan diarahkan oleh pemain sungguhan. 

47. Z1, Z2, Z3, Z4, Z5, Z6, Z7 dan seterusnya = Huruf Z berarti Zona/Zone. Saat awal kita bermain RoK dan membuat akun, semua pemain mengawalinya di Zona 1. Sedangkan Zona 7 itu area King's Land tempat Great Ziggurat di Lost Kingdom. 

48. EXP = Experience, menambah pengalaman komandan untuk menaikkan level. EXP bisa langsung didapat dengan mengalahkan Barbarians atau Guardians, sedangkan dari Benteng/Fort itu bentuknya berupa item Tome of Knowledge. 

49. SoC = Season of Conquest, alias Musim Penaklukan. Sebuah format yang dijalani pada KvK 4 dan seterusnya. 

50. SO8 = Strife of The Eight, sebutan untuk salah satu jenis KvK SoC. 

51. HA = Heroic Anthem, juga merupakan format KVK di musim penaklukan. 

52. MOTA = March of The Ages, masih di Season of Conquest bersama dengan HA dan SO8. Format KvK MOTA terbilang baru dirilis. 

53. GH = Golden Head, atau Universal Legendary Sculpture. Pemain Indonesia biasa menyebut Patung Emas. Item untuk meningkatkan skil komandan legend. 

54. GY = Guan Yu, komandan Infantry selebritas paling terkenal di KvK SoC. 

55. XY = Xiang Yu, komandan Cavalry terkenal. 

56. YSG = Yi Seong-Gye, komandan Archer paling favorit dan wajib expertise untuk semua pemain. 

57. YSS = Yi Sun-sin, komandan yang sering ditemui menemani Zenobia sebagai Garrison.

58. GK = Genghis Khan, bisa juga mengacu ke Golden Key. 

59. ROK Calculator = Sebuah aplikasi kalkulator Rise of Kingdoms untuk menghitung total jumlah Speedup, RSS, dan item lainnya. 

60. Seed = atau Seeding, sistem pengelompokan Kingdom atau Kerajaan untuk menentukan Matchmaking dalam event KvK. Dihitung berdasarkan total Power dari pemain di peringkat Top 300 setiap kerajaannya. Seed A terkuat, B lebih lemah dari A, dan seterusnya. Agar lebih seimbang.

61. Barbarian Chaining = atau Chain Barb, maksudnya menggunakan satu pasang March komandan untuk gebuk lebih dari 1 barbarians dalam satu waktu sekaligus tanpa mengeluarkan AP lebih banyak, mengandalkan skil Tank + AOE komandan, biasanya duet Richard-YSG.

62. Open Field = Lapangan Terbuka atau medan terbuka, sering mengacu pada perang atau baku hantam ramai-ramai di map. 

63. Talent Tree = Pohon Bakat, maksimalkan komandan kamu ke level 60 untuk mendapatkan 74 poin talent.

64. CMD = Commander atau Komandan. Ada lebih dari 75 komandan di Rise of Kingdoms hingga saat ini. 

65. Rage = Energi yang dikumpulkan dari Normal Attack untuk memunculkan skil aktif seorang komandan. Tiap komandan membutuhkan jumlah Rage berbeda. 

66. Knock Knock = itu versi bahasa Inggrisnya dari Tok.. Tok.. Tok.., ibarat suara mengetok pintu. Biasanya digunakan dan dikirim di Kingdom Chat kalau minta izin masuk aliansi, atau memberitahu R4/R5 suatu aliansi untuk mengecek tab Settings jika ada yang mau join. 

67. GB = Game Boosting, atau kalau di RoK sama dengan sebutan untuk Feeding, dimana pemain menambah statistik mereka buat dapat rewards dengan menggunakan akun farm atau bantuan pemain lainnya.

68. FFA = Free For All, biasanya merujuk pada sebuah KvK yang tidak ada ally/kawan, atau secara diplomasi bebas mau menyerang kingdom mana saja sesuai strategi masing-masing.

Semua istilah Rise of Kingdoms beserta arti kosa kata tadi akan diperbarui sewaktu-waktu, silakan bookmark halaman ini dan kembali kapan saja kalau kebingungan berkomunikasi di grup aliansi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel