Cao Cao Rise of Kingdoms: Tips Talent Build Terbaik

cara-main-cao-cao-rise-of-kingdoms

Jika ada komandan di Rise of Kingdoms yang jago begal, maka Cao Cao adalah salah satunya selain Belisarius tentunya. Ia sering digunakan buat membasmi farmers baik di early, mid hingga late game sekali pun.

Hal itu karena Talent Cao Cao Begal jadi andalan berkat spesialisasi kombinasi antara Cavalry dan Mobility. Ditambah skil ketiganya yakni Tiger Knight jika dimaksimalkan dapat mempercepat March Speed pasukan yang dibawa Cao Cao. 

Selain itu, Cao Cao cenderung mudah didapatkan. Untuk pemula dan akun baru yang main sebelum KvK musim 1 memang sering mengandalkan Legendary Commander seperti Cao Cao dari Gold Key. 

Selain Charles Martel RoK, maka Cao Cao bisa disebut sebagai komandan terbaik kedua yang bisa sobat dapatkan gratis lewat Golden Key. 

Namun tetap tidak disarankan menggunakan Universal Legendary Sculpture atau patung emas untuk Cao Cao. Karena masih banyak komandan Cavalry yang lebih baik dari pada Cao Cao, seperti Xiang Yu, Saladin, Attila, Takeda Shingen, Chandragupta Maurya, Jadwiga atau William.

Tips Memainkan Cao Cao Rise of Kingdoms

Cao Cao disebut komandan multifungsi, bisa diandalkan buat war di open field sebagai PvP (melawan pemain sungguhan), hingga dijadikan PvE commander untuk mengalahkan Barbarian dan Barbarians Fort. 

Semua kembali lagi pada build talent tree Cao Cao yang digunakan, karena berbeda role atau fungsi maka beda pula talent yang harus dipasangkan. Kalau talentnya fokus Peacekeeping, jelas lemah digunakan untuk PvP.

Talent Cao Cao Terbaik RoK

Cao Cao memiliki beberapa talent luar biasa dari March Speed, talent yang menjadikannya komandan tercepat dalam Rise of Kingdoms seperti yang telah kami katakan. 

Untuk talent Cao Cao begal ini sebutan alternatif saja karena dia memang terlalu cepat membawa lari pasukan Cavalry. Istilahnya tuh Hit and Run gitulah, setelah menyerang musuh dia bisa lari menjauh, apalagi dikejar sama Infantry yang lemot.

talent cao cao terbaik terkuat rok

Apalagi talent ini juga disertai dengan skil luar biasa yang akan membuatnya semakin kuat yakni "Tiger Knight", skil pasif terbaik untuk memimpin kavaleri, Bonus Kecepatan Bergerak Cavalry 10%, Bonus Serangan Cavalry Attack 30%. 

Ditambah skil ini punya kekuatan maksimumnya yang akan sangat penting digunakan untuk Build "Komandan Begal" julukan dari kami. 

Meskipun talent yang kita share dalam Build ini difokuskan pada March Speed, Cao Cao dalam pertarungan PvP tidak akan berhenti efektif dalam hal damage dan skill, sebaliknya, justru akan jauh lebih bervariasi dan gesit sambil mempertahankan tingkat DPS yang tinggi. 

Dengan menggunakan Talent Cao Cao terkuat ini, kita akan menyadari bahwa ada banyak talent kecil lainnya yang akan meningkatkan March Speed atau kecepatan bergerak pasukan kita, serta kita akan memiliki talent yang akan mendukung stabilitas troops di medan perang. Hal ini memang tidak akan begitu efektif untuk menghasilkan DPS tertinggi jika damage lah yang kita cari, tetapi kita akan memiliki keserbagunaan yang unggul di bidangnya sendiri, Cao Cao bisa bikin musuh pusing karena larinya kencang.

Kelebihan dan Keunggulan Cao Cao Rise of Kingdom

Komandan Cavalry dengan talent dan skill yang menjadikannya “komandan tercepat dalam RoK.” 

Komandan yang sempurna untuk mengejar musuh atau melarikan diri dengan cepat dari pertempuran. 

Skill aktifnya sangat kuat, menyebabkan banyak damage pada semua jenis unit yang kita hadapi. 

Cao Cao memiliki faktor penyembuhan pasukan (Instant Healing Troops) saat war berlangsung.

Fleksibilitas, talent tree, dan skilnya sangat baik baik PVP maupun PVE.

Kelemahan dan Kekurangan Cao Cao

× Tidak memiliki damage skill AOE, hanya satu target. 

× Kurang bagus untuk Sunset Canyon dan Lost Canyon di KvK Season of Conquest. 

× Menjadi seorang komandan yang cepat, kalau lagi di pertarungan “Tahan Posisi” karena senjata terbaiknya, kecepatan alias Speed, tidak berguna sama sekali. 

× Infantry akan menjadi musuh terburuk Cao Cao berkat ketahanan dan Healing mereka yang hebat dan Cao Cao tidak memiliki skil atau talent penangkalnya dalam hal ini.

Combo Pair Pasangan Cao Cao Terbaik

Cao Cao mendapat manfaat dari talent Cavalry dengan build tadi untuk meningkatkan nilai damage per second (DPS) dan ketahanannya di medan perang, walau sebagian talent build bisa menghilangkan beberapa talent di bagian Mobility (Mobilitas) tetapi bisa memperoleh statistik lain yang akan lebih berguna melawan musuh yang dia hadapi. Baik talent dan skil Cao Cao sepenuhnya akan menjadi penting untuk mendapatkan hasil maksimal di Rise of Kingdoms.

Duet Cao Cao - Minamoto no Yoshitsune : Duo komandan legend ini sering dijadikan satu pasangan untuk PvE memainkan Barbarian Fort atau war di KvK 1, keduanya bisa bertukar posisi siapa pun bisa mengisi komandan utama (Primary Commander) dan kedua (Secondary Commander). 

Duet Cao Cao - Genghis Khan : Damage dadi Skillnya yang besar, peningkatan skil Cavalry, dan regenerasi Rage yang cepat akan membuat GK menjadi pasangan terbaik untuk Cao Cao. Ini adalah combo pairing destruktif untuk hasilkan damage yang sangat tinggi. Buat KvK Musim 2 lumayan lah ya. 

Duet Cao Cao - Baibars : Komandan Epic dengan skil Cavalry paling kuat, jadiin Secondary saja dengan Cao Cao sangat efektif baik PVP dan PVE. Apalagi Baibars punya skill AOE yang membuatnya fleksibel dimainkan di Open Field dan Sunset Canyon. 

Duet Cao Cao - Aethelflaed : Dia adalah komandan yang ideal untuk menghancurkan benteng Barbarian Fort, kita bahkan dapat menggunakan Cao Cao sebagai komandan kedua dan Aethelflaed menjadi komandan utama, atau sebaliknya tetap berguna secara efektif.

Cara Mendapatkan Komandan Cao Cao RoK

Kita sudah bahas di awal bahwa Cao Cao bisa didapatkan melalui Golden Key secara gratis, walau sobat harus sedikit mengandalkan keberuntungan karena jelas butuh 10 patung emas buat summon seorang commander. Tapi jika kalian butuh lebih banyak Sculpture Cao Cao bisa lewat cara berikut: 

Card King - sebuah event bernama Raja Kartu ini bakal muncul sebulan sekali di semua kerajaan. Tapi sobat harus menyiapkan Gems dengan jumlah yang cukup banyak, saran kami jangan terlalu menghabiskan Gem buat commander legend dari Gold Key. 

Daily Special Offer - Promo Harian Spesial ini termasuk harga paket bundle Rise of Kingdoms yang baru naik beberapa waktu lalu, bahkan menurut survey di forum Reddit, sobat yang Low Spender tidak disarankan memilih Chest Cao Cao.

Bagi F2P, saran saya jangan memaksakan diri memakai Patung Emas untuk Cao Cao. Biarkan Sculpture dia didapatkan murni dari Golden Key saja, bahkan 5111 buat KvK 1 sudah lumayan bagus. 

Artikel Pembahasan Komandan Lainnya:  

Amanitore 

Demikian panduan sederhana mengenai Talent Terbaik Cao Cao di Rise of Kingdoms, untuk digunakan sebagai komandan Cavalry PvP atau PvE dalam game RoK.