Harga Paket Bundle di Rise of Kingdoms Alami Kenaikan

harga-bundle-rise-of-kingdoms-rok

Sejak beberapa hari belakangan banyak pemain Rise of Kingdoms protes di grup Facebook dan forum Reddit, bahwa ada perubahan harga bundle Rise of Kingdoms yang ternyata mengalami kenaikan. 

Bagi sobat yang sering top up tiap hari mungkin sudah menyadarinya ya, kalau nyaris bahkan semua bundle Rise of Kingdoms itu memang naik harganya, tak peduli di Kingdom berapa kalian berada. 

Setelah diselidiki, ternyata pengguna dari berbagai negara lain juga mengalami hal yang sama dengan pembelian menggunakan mata uang negara masing-masing. Kecuali USD, ya pemain yang tidak mau kena pajak rerata memakai GPC dalam satuan dolar AS buat top-up.

Catatan: Harga di bawah ini belum termasuk pajaknya, untuk Indonesia nilai PPN itu 10%. Jadi dikalikan saja dengan harga bundle yang kalian beli, misal harga top up Rp79 ribu + PPN 10% (Rp7.900) = Rp86.900. 

Harga Bundle Rise of Kingdoms yang Naik

Dalam Rise of Kingdoms ada sejumlah bundle reguler yang dapat di top-up, beberapa paket lain hanya tersedia dalam waktu terbatas semisal edisi event tertentu. Berikut bundle yang alami kenaikan harga sebesar mulai dari 5% dari harga sebelumnya.

Daily Special Offer (Promo Harian Spesial)

Treasure of Courage: IDR 16.000 (Sebelumnya IDR 15k) 
Treasure of Wisdom: IDR 35.000 (sebelumnya Rp 29 rb)
Treasure of the King: IDR 49.000 (Sebelumnya 45 ribu)
Paket Beli Tiga Sekaligus: IDR 79.000 (Sebelumnya 75k)

rok-promo-harian-spesial-rise-of-kingdoms-bundle

Super Value Bundle (Bundle Hemat)

Baik Penobatan Raja, Bumper Harvest, War Machine, New World, Geared Up, Fountain of Wisdom, City of Hope, dan Living Legend untuk paket level 1 atau Stone Chest itu naik dari IDR 75k menjadi 79k. 

Supply Depot

30-Day Gem Supply: untuk Suplai Gems bulanan 30 hari, tadinya 149 ribu per bulan, kini menjadi 159 ribu. 

Sementara buat Speedyp Supply, Material Equipment, Food Supply, Wood, Stone, dan Gold masing-masing juga naik dari 75 ribu ke angka 79 rb. 

harga-supply-depot-rok-gem-suplai-rise-of-kingdoms

Growth Fund dan Writer of History

Salah satu bundle yang disebut-sebut paling Worth It dan layak beli oleh banyak pemain RoK, ini juga naik lima persen yang tadinya 219k jadi hampir 230 ribu. 

Lalu paket Writer of History RoK ini pun dinilai sangat layak dibeli jika sobat merupakan Low Spender mengingat hadiahnya langka, 10 Legendary Commander Sculpture, harga awal 75000 kini jadi 79000 (belum pajak). 

Gem Store

Untuk ini bundle yang paling jarang diminati oleh pemain karena dirasa kurang worth it dibanding paket lain, namun tetap dinaikkan harganya. 

Kalau dipantau memang nyaris seluruh harga paketan dalam game RoK ini naik sebesar minimal 5% dari harga yang sebelumnya. 

Sekali lagi semua harga yang naik di atas belum termasuk pajak, tiap negara mungkin berbeda pajaknya tapi Indonesia itu ada yang namanya PPN 10% dari harga beli. 

Oleh karenanya pemain banyak yang beralih ke Google Play Card USD karena selain harga bundle Rise of Kingdoms yang masih normal juga tidak dikenakan pajak sama sekali hingga kini. 

Sampai sekarang belum diketahui penyebab kenaikan harga bundle Rise of Kingdoms ini, tapi apabila sobat RoK mau beralih dari satuan IDR ke USD tinggal pakai GPC dolar saja.