Jualan RSS di Rise of Kingdoms Menguntungkan? Simak Tipsnya

jual rss rise of kingdoms rok

Apakah jual SDA/RSS Rise of Kingdoms benar-benar menggiurkan? Sebelumnya dalam catatan pribadi admin Kibezaka di artikel Lebih dari Tiga Sumber Penghasilan Berbeda, saya berbagi pengalaman singkat mencari celah memanfaatkan kesempatan buat cari pendapatan tambahan. 

Selain pekerjaan tetap di dunia nyata yang nggak jauh-jauh dari komputer juga, saya buka lapak sebagai Freelancer di situs web Fastwork.id, lalu penghasilan dari blog jadi yang ketiga, dan keempat adalah jual RSS di Rise of Kingdoms. 

Semuanya masih terus berjalan hingga kini dan saya menjalaninya tanpa merasa lelah, karena memang saya melakukan apa yang saya sukai. Sobat juga bisa kalau mau jual RSS di RoK, atau item lain di game-game yang lainnya.

Hobi yang Menghasilkan

Kalimat "Main Game Jadi Hobi yang Menghasilkan" itu sifatnya universal kalau menurut saya. Karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari bermain game. 

Contohnya: jadi konten kreator di YouTube, menjadi streamer di Twitch, mengandalkan bakat dan skil buat jadi Pro Player, buka jasa joki bagi yang ada skill juga, sampai yang seperti saya walau tanpa skill tetap bisa cari keuntungan. Tinggal bagaimana kita mencari celah kesempatan itu. 

Bahkan ketika menjadi pro player atau streamer game zaman sekarang bisa memperlebar sayapnya lagi, nanti ada endorse yang masuk, otomatis followers banyak, jadilah selebgram pendatang baru, dikontrak sana-sini. Walau itu semua tergantung setiap individunya.

Gamer Tanpa Skil

Nah, sekarang kembali ke topik. Bagaimana buat orang seperti saya gamer kasual yang nggak ada skil main PUBG lima jari seperti BTR Ryzen, atau ketepatan & kecepatan tangan seperti pemain-pemain EVOS & RRQ di Mobile Legends?

Jawabannya, jelas ada. Salah satunya ya jual RSS di Rise of Kingdoms. Dulu waktu saya main game RoK 900 harian yang lalu dan namanya masih Rise of Civilizations, tidak terpikirkan buat jualan item dalam game. 

Seiring berjalannya waktu, keadaan berubah. Game ini semakin menarik dan Lilith sukses membuat pemainnya terjerumus, banyak yang sulit berhenti main RoK karena solidaritas antar player yang kuat. Otomatis mereka bakal perang di KvK terus menerus. 

Mungkin sobat yang main RoK sudah paham ya, betapa esensialnya Resources (RSS) atau SDA dalam game ini. Bisa buat upgrade bangunan, melatih pasukan, riset teknologi, menempa perlengkapan, hingga yang sering dipakai itu Healing Troops (Menyembuhkan Pasukan) saat di medan perang.

Makanya tidak sedikit orang yang memanfaatkan kesempatan ini buat jualan RSS di Rise of Kingdoms. Kebanyakan dijadikan sebagai side job atau kerjaan sampingan saja, tapi menguntungkan juga. 

Saat ini jumlah penjual SDA RoK sangat sedikit, makanya saya ajak sobat buat memanfaatkan kesempatan ini. Tidak ada istilah bersaing dalam jualan RSS di Rise of Kingdom, toh ada banyak sekali server kerajaan, lebih dari 2400+ server dan terus bertambah tiap harinya buat dijadikan lapak tiap pemain.

Penghasilan Jual RSS di Rise of Kingdoms

Lantas berapa pendapatan para pemain yang menjual RSS di Rise of Kingdoms? Jawabannya, tidak menentu. Ya namanya juga orang dagang pasti pemasukan fluktuaktif tergantung situasi juga. 

Namun berdasarkan pengalaman pribadi, khusus dari jual RSS di RoK saja saya mencatat rekor tertinggi itu Rp5,8 juta sebulan, angka itu penghasilan dari jualan RSS di RoK saja. Saya pribadi tidak pernah terpikirkan bahwa jualan RSS dalam game ini bisa semenarik itu. Apalagi bantu teman & orang yang mau jual akunnya. 

Angka itu sudah termasuk fantastis untuk ukuran jual beli RSS, mengingat sobat tidak butuh skil khusus. Cukup luangkan waktu 5-10 menit buat kirim pasukan ke titik poin SDA.

Lalu bagaimana saya melakukannya? Beberapa tips berikut mungkin dapat dijadikan referensi bagi sobat pemain Rise of Kingdoms yang mau ikut jual RSS. 

Tips dan Cara Jualan RSS Rise of Kingdoms

Catatan: Transaksi jual beli RSS di game RoK itu saya lakukan langsung di dalam game terutama dengan pemain satu kerajaan. Tidak pernah dilakukan via situs web pihak ketiga di internet atau di luar game RoK.

1. Utamakan Farming Gold - Macul emas atau farming Gold itu sebaiknya diprioritaskan apabila sobat berada di kingdom tua yang sudah terbentuk lebih dari setahun. Khususnya di KvK Musim Penaklukan (Season of Conquest). 

Saya sudah bahas di postingan: Fungsi Gold RoK, intinya jika kalian berada di KD tua maka bakal banyak pemain yang sudah punya jenis pasukan T5. Dan kita semua tahu buat healing pasukan Tier 5 itu membutuhkan banyak RSS khususnya Gold. 

Para sultan RoK yang powernya sembilan digit rerata tidak punya banyak waktu buat farming. Maka di sinilah kesempatan kalian untuk jual RSS Gold kepada mereka para fighter T5.

Apakah berarti kita abaikan farming RSS lain seperti Food, Wood dan Stone? Oh jelas tidak, maka dari itu sobat setidaknya punya 4 akun jadi masing-masing bisa fokus mengumpulkan Food, Wood, Stone dan Gold. 

Gold merupakan RSS yang paling sulit didapatkan jika dibandingkan Food, Wood dan Stone. Untuk macul 410k Gold setara atau bahkan butuh waktu lebih lama dibanding farming 900k Food/Wood. Jika sobat belum T5, maka tidak terlalu terasa dan sobat akan merasakan betapa pentingnya Gold ini jika sudah punya pasukan T5. 

Tidak memakan waktu banyak kok, cukup login 5-10 menit buat kirim pasukan ke lumbung aliansi atau RSS Pit dan titik SDA untuk farming lalu bisa logout dan lanjut aktivitas lagi. Nanti kalau pasukan kembali, ada notifikasinya tinggal aktifkan di pengaturan.

2. Cari Kerajaan Seed A/B - Kingdom yang masuk kategori Seed A atau B itu biasanya ramai pemain, logikanya kita sebagai penjual bakal cari lapak strategis yang bisa dijangkau calon pembeli. 

Untuk itu, sobat harus mencari kingdom yang ramai, aktif, dan banyak jumlah pemainnya khususnya para fighter. Bagaimana caranya? Silakan cek artikel kami: Kerajaan Terkuat di Rise of Kingdoms, di sana sudah ada daftar kingdom yang masuk top 10 dan otomatis ramai pemainnya. 

Itu baru 10 kerajaan, karena ada puluhan sampai ratusan kingdom lain yang masuk ke dalam Seed A dan B. Khusus untuk Seed C, D dan seterusnya itu bisa saja sobat coba manfaatkan walau tidak sebanyak di seed A pembelinya, tapi kalau yang jualan dikit ya untung juga gitu kan. 

jual rss rise of kingdoms rok sda

3. Saya Targetkan Pembeli Bule - Ini paling penting, kita harus punya target market tersendiri. Terserah sobat mau jual RSS ke sesama pemain Indonesia atau ke orang luar negeri. Khusus buat saya, mengincar pemain-pemain bule. 

Kenapa demikian? Jujur saja, pemain luar lebih menghargai jerih payah saya. Mereka mau beli RSS saya dengan rate yang lebih tinggi dibanding pemain lokal. Bahkan ketika salah satu langganan saya tahu tarif yang saya banderol sebelumnya, dia cukup kaget karena terlalu murah katanya. 

Tapi ya untuk pemain Indonesia saya pasang harga wajar dan bersahabat. Hanya saja saya lebih pilih jual ke orang luar, karena metode pembayaran mayoritas suka bayar via PayPal pakai Dolar AS, kurs yang kian meningkat, juga bisa mendapatkan bonus tambahan dari langganan saya. 

Ya, saya sering dapat Tip dari sahabat langganan pembeli RSS. Orang Jerman, dia pernah kasih saya $50 secara cuma-cuma waktu habis menang KvK. Katanya "I know it's hard to farm gold, it took me days to get 2 mil gold, I appreciate your effort." (Saya tahu sulitnya macul emas/gold, butuh berhari-hari bagi saya mendapatkan 2 juta gold, saya apresiasi usahamu). 

Karena setiap saya punya stok Gold menumpuk, langsung saya tawarkan ke dia. Alih-alih saya beri diskon, justru saya yang mendapatkan bonus tambahan dari dia. Memang mantap sultan di Rise of Kingdoms ini. 

Wajar sih, karena kalau beli bundle resmi jumlah RSS yang didapatkan buat seharga $100 itu tidak sebanding dari harga yang dipatok para penjual RSS di Rise of Kingdoms. Jadi ya pemain lebih pilih beli dari pihak ketiga.

Update: Tips Tambahan

Selesaikan Daily Objective - Misi harian di akun farm buat jual RSS juga harus diselesaikan. Tujuannya agar ketika sobat mengirim RSS dalam jumlah banyak sekaligus nanti tidak dicurigai sebagai akun bot. 

Apalagi menyelesaikan misi harian itu mendapatkan 100 Gems. Kumpulkan saja Gems dan gunakan kalau saat butuh atau penting, semisal Teleport item untuk memindahkan kota ke dekat CH milik pembeli. Jangan lupa juga selesaikan beberapa misi pada event yang tersedia. 

Pengiriman RSS - Kalau calon pembeli lagi butuh mendesak, misalnya saat KvK dan dia membutuhkan RSS dalam jumlah banyak maka sobat harus selesaikan misi harian yang sudah dijelaskan barusan. 

Sebaliknya, apabila pembelian di saat atau waktu santai, tidak adanya war, mending dibatasi misal mengirim sehari 1B. Supaya akun sobat tidak terdeteksi sebagai bot oleh sistem dan tetap aman.

Sudah dulu ya, nanti trik tambahan mengenai cara jual RSS di Rise of Kingdoms ini bakal saya tambahkan. Mau lanjut olahraga dulu udah ditungguin teman.