Harus Punya Lebih dari Tiga Sumber Penghasilan Berbeda

sumber penghasilan berbeda

Pernah suatu ketika saya nonton sebuah video YouTube, tapi lupa entah siapa yang ngomong, jadi orang itu bilang kalau kita yang hidup di zaman serba modern dan digital ini harus lebih cerdas. 

Kita harus bisa memanfaatkan keadaan dan kemajuan zaman, bahwa seseorang harus punya lebih dari satu sumber penghasilan dalam hidupnya. 

Kata-kata itulah yang terus terngiang-ngiang di kepala saya, dan dalam hati berkata "Harus bisa, harus bisa, harus bisa.". Pelan-pelan tanpa mengesampingkan kerjaan utama saya di dunia nyata yang juga nggak jauh-jauh dari komputer, saya pun memberanikan diri untuk memulai mendaftar ke beberapa situs Freelancer. 

Tujuannya satu, yaitu mencari sumber penghasilan lebih dari satu. Sejumlah website Freelance sudah saya hampiri seperti Projects, Sribu, Fiverr, Upwork sampai yang terakhir Fastwork. 

Hari berlalu, dari banyaknya akun yang saya punya di beberapa website Freelance ternyata saya belum sanggup melayani semuanya sekaligus. Karena terkadang orderan datang di saat hampir yang bersamaan. 

Pada akhirnya saya memilih bertahan dan mengelola satu lapak saja di Fastwork.id yang sampai sekarang masih saya tekuni. Itu pun harus menambah durasi pengerjaan mengingat kesibukan saya di pekerjaan utama. 

Hobi saya bermain game, tepatnya video game. Meski tidak ada skil sama sekali buat main game online yang kompetitif. Ibaratnya saya adalah gamer casual mirip bang Tara Arts, prinsipnya main game itu buat senang-senang bukan malah bikin tambah stres. 

Kemudian saya terpikirkan untuk membangun blog sendiri, blog personal yang artikelnya isinya apa saja yang mau saya ketik baik soal game, Sakamichi Series yang sejak kenal JKT48 2011 dulu jadi lebih mengenal grupnya Yasushi Akimoto. 

Blog pun rupanya bisa menjadi sumber penghasilan ketiga, alternatif paling akhir dan bukan prioritas utama. Tapi benar kata orang-orang, makin banyak sumber penghasilan dari berbagai mata angin, semakin sedikit waktu buat bersantai, Me Time, dan sejenisnya. 

Karena saya orangnya nggak mau ambil pusing dan lebih reaktif buat menghindar dari rasa stres & pusing karena kerjaan, akhirnya bisa kurang-kurangin dikit lah biar ada waktu buat diri sendiri gitu kan. 

Saya sebenarnya posting di blog juga kalau lagi mood aja, itu pun hampir semua artikel di blog diposting dan diketik lewat di HP. Mengetik di Notes HP, lalu buka browser tinggal posting dan edit-edit dikit gambar ala kadarnya. 

Semua dilakukan sambil rebahan, ngetik banyak yang tersimpan di draft kadang postingnya kapan-kapan kalau sempat, dikala ada waktu luang langsung saya gas manfaatkan kesempatan.

Sebab kalau sudah sekalinya online di PC/Laptop, hal pertama yang saya lakukan adalah menyelesaikan orderan yang datang di Fastwork. Tidak sempat buka-buka aplikasi dan website lain, apalagi ngurus blog sendiri. 

Akibat dari kesibukan inilah akhirnya saya uninstall beberapa game yang sebelumnya saya mainkan di HP seperti Arknights, PUBG Mobile, GTA San Andreas, Genshin Impact. Menyisakan dua, Mobile Legends dan Rise of Kingdoms saja. 

Itu pun saya jarang login ke MLBB, karena sekalinya ada waktu buat main ya saya pasti lari ke RoK. Rise of Kingdoms juga bukan sekadar game buat saya, ibarat kata udah terjebak dalam dunianya sendiri. 

Punya teman baru dari berbagai belahan dunia, aliansi yang terdiri daru 150+ orang sudah dianggap seperti keluarga sendiri, belajar ilmu baru tentang era kerajaan dan tokoh-tokoh perang di zaman perangnya Richard vs Saladin, Aleksander Agung, Genghis Khan, Sun Tzu dan kawan-kawannya. Karena game Rise of Kingdoms secara tidak langsung memberikan ilmu pembelajaran kepada pemainnya. 

Sempat terpikirkan beberapa kali untuk berhenti main Rise of Kingdoms tapi sangaaat sulitttttt sekaliiii. Menurut pengakuan orang-orang juga mereka gagal berhenti bermain RoK hanya karena tidak bisa meninggalkan teman mereka sendiri di dalam game. 

RoK mengajarkan arti solidaritas dan loyalitas, wajar kalau pemain gagal move on. Bahkan banyak yang mendapatkan jodoh antar negara, anggota aliansi berkumpul kopdar di dunia nyata. Ini game emang gila sih, beda banget dari yang lain. Mungkin saya harus bersyukur kenal game Rise of Kingdoms walau memakan banyak waktu. 

Yaaps.. Rise of Kingdoms emang tidak butuh skil khusus, tidak ada istilah push rank, awalnya juga saya mengira ini game lebih santai dan asik makanya saya install. FAKTANYA TIDAK DEMIKIAN KAWAN! Hahaha. Lumayan menyita banyak waktu juga kalau disadari lama-lama. 

Dan yang paling penting apa? Rise of Kingdoms bakal jadi sumber penghasilan keempat buat saya. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dalam game RoK yang juga sudah dilakukan oleh teman-teman sobat gamers. 

Contoh kecilnya: Jual RSS/SDA (yang saya lakukan juga), Joki Push Honor Poin Individu di KvK, joki clear tribal dan cave buat akun Jumper, joki-joki event tertentu sampai jual-beli akun bahkan menjual Kingdom! Ya kalian tidak salah baca, coba cek pembahasan saya: Jual Beli Server Kerajaan Rise of Kingdoms.

Walau semua menyita waktu tapi saya tidak merasakan stres dan kelelahan berlebihan, karena saya mencintai semua yang dikerjakan sampai sekarang. Mantap!

Sekarang sedang mempertimbangkan untuk sumber kelima yang sudah siap menanti, yang kelima ini harusnya bersifat lebih pasif karena masuk kategori investasi, sekian.