--> Skip to main content

Tentang Civil War di Rise of Kingdoms yang Sering Terjadi

civil war rise of kingdoms

Kenapa bisa ada Civil War Rise of Kingdoms? Apa penyebabnya? Apakah berimbas pada keseluruhan kerajaan tersebut? Jadi di Kingdom saya berada saat ini terjadi Civil War antar pemain melibatkan 5 aliansi.

Sebenarnya perang internal ini sudah terjadi sejak seminggu yang lalu. Kronologinya bermula dari kesalahpahaman, ketidaksetujuan dan pro kontra Kingdom Council mengenai keputusan sejumlah hal di kerajaan. 

Menurut rencana, petinggi Kingdom Council disarankan mengubah tata letak peta kerajaan kami dan menyusun ulang struktur bangunan agar aliansi besar bisa mendapatkan buff yang sama rata buat persiapan KvK Season 3 "Light and Darkness". 

Namun menjelang KvK Season 2 berakhir, ternyata sejumlah dewan kerajaan membatalkan keputusan re-map atau merombak teritori di Kingdom. Alhasil, banyak council lain yang tidak setuju dan kecewa. 

Akibat dari hal ini, kerajaan kami yang sedang fokus di KvK2 harus menerima kekalahan. Karena fokusnya terpecah jadi dua di home kingdom yang mulai terjadi perpecahan, serta di Lost Kingdom pun harus war untuk masuk menguasai zona 7 "Kingsland". 

Jika dilihat dari sudut pandang pemain Rise of Kingdoms secara keseluruhan, maka kerajaan kami termasuk yang jenis "Diktator". Atau bangunan Lost Temple hanya dikuasai satu aliansi saja. 

Ini yang kerap diprotes oleh pemain di kingdom kami, terutama mereka para imigran yang berdatangan sebelum KvK 2 berlangsung. Kerajaan yang berstatus "Diktator" tidak disukai pemain RoK. 

Namun hal ini sudah berlangsung sejak sebelum KvK 1, suksesnya petinggi Kingdom Council dalam sistem pembagian hadiah akhir KvK musim pertama juga meningkatkan kepercayaan pemain lain, sehingga tidak banyak yang mempermasalahkannya. 

Kadang Civil War Rise of Kingdoms pun terjadi akibat pembatasan aturan di event The Mightiest Governor (Gubernur Terhebat), makanya seorang Raja dan dewan kerajaan harus benar-benar mengambil keputusan yang tepat dan adil bagi semua pemain.

Dari penjelasan di atas sekiranya sudah bisa dipahami, bahwa penyebab Civil War di Rise of Kingdoms terjadi karena berbagai alasan. Mulai dari salah paham, pro dan kontra kebijakan, hingga egoisme pemain. 

Seperti yang pernah kita bahas, bahwa Rise of Kingdoms merupakan game yang penuh drama, sulit untuk menghindari drama di game ini. Secara langsung atau tidak, setiap pemain pasti terlibat. 

Ditambah lagi jika suatu Kingdom sudah semakin tua sejak terbentuk, itu bakal makin sepi penduduknya dan pemain bakal melakukan migrasi ke kerajaan yang lebih baru. 

Civil War termasuk drama yang sering terjadi. Pada game Rise of Kingdoms, mayoritas pemain sebisa mungkin menghindari server kerajaan yang sedang perang saudara di suatu Kingdom tersebut. 

Karena balik lagi, tujuan sebuah Kingdom dibentuk untuk memperkuat ikatan antar pemain, membangun kekompakan dan bersiap di sebuah event terbesar The Lost Kingdom atau KvK untuk memperebutkan hadiah, kehormatan dan menjaga martabat kerajaan. 

Umumnya Civil War atau perang saudara di Rise of Kingdoms itu pemain saling serang satu sama lain. Tidak ada zona yang aman, siapa saja bisa berpotensi kena Zero dan dihabisi kotanya sampai tidak tersisa SDA dan pasukan. 

Dengan demikian, Civil War dalam Rise of Kingdoms bisa melemahkan kekuatan sebuah server kerajaan secara keseluruhan hingga tidak siap menjalani event Lost Kingdom atau KvK. 

Belakangan banyak Civil War di RoK yang diakibatkan oleh pemain imigran. Jadi mereka datang migrasi dari Kingdom lawas secara baik-baik meminta izin Raja untuk masuk kerajaan, namun setelah mereka masuk justru berulah dan melakukan kudeta Lost Temple dan menghancurkan kota siapa saja yang mencoba menghalangi mereka. 

Pentingnya diplomasi dan transparansi dari petinggi kerajaan terhadap semua pemain juga harus terus dijaga. Pemimpin atau Kingdom Council yang kompeten bisa menggambarkan situasi suatu kerajaan. 

Jadi begitulah pembahasan kita mengenai apa penyebab Civil War di Rise of Kingdoms. Memang sulit dihindari dan jadi alasan banyak pemain memilih berhenti bermain game ini.