3 Cara Mengatasi Network Timeout Rise of Kingdoms

Lagi asik farming Gems, muncul verifcation rewards. Pas mau verif ternyata error. Gagal verifikasi di RoK ini sering terjadi karena berbagai alasan dan itulah mengapa saya bikin artikel Cara Mengatasi Network Timeout Rise of Kingdoms ini. 

Sejatinya proses hadiah verifikasi bakal muncul minimal sekali per hari di game Rise of Kingdoms. Ini bertujuan untuk mencegah penggunaan plugin pihak ketiga yang digunakan pemain untuk bermain curang alias melibas bot. 

network timeout rise of kingdoms

Kebetulan, saya baru mengalami Network Timeout atau Batas Waktu Jaringan Habis ini. Padahal sebelumnya proses verifikasi selalu lancar tanpa lama, kurang dari satu menit. Captcha yang tampil pun jarang meleset. 

Lalu apa penyebab error Network Timeout di Rise of Kingdoms? Dan bagaimana cara mengatasi Batas Waktu Jaringan Habis RoK? Simak sampai tuntas. 

Penyebab Network Timeout RoK

Ada beberapa hal yang menyebabkan Batas Waktu Jaringan Habis Rise of Kingdoms. Seperti misalnya koneksi internet yang buruk, ada gangguan pada provider atau operator seluler yang sobat gunakan. 

Koneksi - Awalnya saya belum tahu, tapi ternyata jaringan WiFi Indihome yang saya pakai sempat mengalami gangguan dimana beberapa situs web yang pakai akselerasi Cloudflare tidak dapat digunakan, salah satunya Discord. 

Ketika buka grup, ternyata banyak pemain Rise of Kingdoms dari Indonesia yang mengalami Network Timeout juga. Saya berasumsi mereka memakai provider Wi-Fi yang sama. 

Saya langsung cari solusi sendiri. Karena memang tidak ada yang tahu mengatasinya, nanya Customer Sevice pun percuma bakal dijawab semingguan lagi paling.

Cara Mengatasi Network Timeout Rise of Kingdoms

Yang saya coba lakukan: Restart HP, tidak berhasil. Hapus Cache, gagal juga. On-off mode pesawat, masih belum bisa. Sampai akhirnya kecurigaan saya terkait Indihome pun terbukti. 

Saya pindahkan jaringan dari WiFi ke mobile data seluler, pakai kartu Tri. Ternyata berhasil. Jadi buat sobat yang mengalami Network Timeout di Rise of Kingdoms saran saya coba ganti koneksinya ke provider selular lain dulu. 

Gunakan VPN

Sayangnya tidak semua pengguna berhasil. Meski sudah gonta-ganti jaringan dari WiFi ke data seluler, tetap muncul itu pemberitahuan Batas Waktu Jaringan Habis. 

Langkah yang harus dilakukan ialah: Memakai VPN. Apa pun VPN yang sobat miliki di HP, langsung aktifkan. Saran saya pakai aplikasi DNS 1.1.1.1 cukup mudah tinggal geser toggle ON langsung bisa. 

Ganti APN

Buat sobat yang memakai data seluler provider lokal, coba cek setelan APN di pengaturan HP. Biasanya APN default bikin jaringan kurang stabil sehingga proses bermain game tidak lancar. 

Bagi pengguna Tri, ganti APN dengan username dan password ke "3data" (tanpa tanda kutip). Untuk user Telkomsel, XL Axis, Smartfren dan Indosat IM3 bisa tanyakan langsung CS tiap provider. Bagi user by.U simak: Settingan APN byU Terbaik

Terakhir kalau beberapa metode cara mengatasi Network Timeout Rise of Kingdoms tadi belum juga bisa menyelesaikan masalah jaringan, uninstall dan install lagi.