Infografis Rise of Kingdoms: Data Pemain dan Waktu Bermain

Pernahkah sobat RoK bertanya-tanya, siapa saja sih pemain Rise of Kingdoms? Dalam artian, apakah kebanyakan pemainnya adalah anak-anak, remaja, atau orang tua? 

infografis rise of kingdoms

Hingga kini Rise of Kingdoms sudah diinstal lebih dari 60 juta kali. Ini game tergolong muda, baru tiga tahun. Rilis pada 2018 sebagai Rise of Civilizations sebelum akhirnya berganti nama. 

Kompetitor

Menurut data dari GameRefinery, sejumlah game yang menjadi kompetitor atau pesaing langsung Rise of Kingdoms  antara lain ialah:  Magic Wars: Army of Chaos dan Avatar: Pandora Rising. 

Cukup mengejutkan dan tidak terduga. Karena Kibezaka pribadi sebelumnya mengira bahwa kompetitor RoK adalah Lords Mobile, Clash of Clans, atau Infinity Kingdom. 

Negara Pengguna Terbanyak

Jika sobat penasaran pemain Rise of Kingdoms terbanyak itu dari negara mana, jawabannya adalah Amerika Serikat. Yap, lagi-lagi prakiraan kami meleset, tadinya mengira China. 

Mengingat Lilith Games merupakan developer yang dibentuk dan berbasis di negeri Tirai Bambu yang ternyata menempati posisi kedua. Di bawahnya ada Korea Selatan, Jepang, barulah Indonesia. 

Pemain Aktif Harian

Catatan rekor tertinggi Daily Active Users (Pemain Aktif Harian) di Rise of Kingdoms adalah 5 juta pemain dalam sehari sekaligus. Itu terjadi pada tahun 2020, atau saat awal pandemi. 

Angka ini anjlok sangat drastis pada awal 2021 menjadi 1.5 juta pemain aktif per hari. Sementara angka rata-rata pengguna aktif bulanan paling tinggi terjadi pada April-Mei 2020, dua tahun lalu! Wow! Tidak disangka, pandemi sudah berlalu 2 tahun.

Tentu angka yang sudah dapat diprediksi, mengingat ketika lockdown dihapuskan, masyarakat sudah kembali beraktivitas. 

Sesi, Durasi dan Waktu Bermain

Mayoritas pemain login setiap harinya. Ini standar buat game yang terbilang sukses. Yang menarik adalah, 12% pemain login lebih dari 10 kali dalam sehari. 

Waktu bermain: Sekitar 21% pemain menghabiskan waktu antara 1 hingga 10 jam per hari, 25% antara 5-10 menit. Sisanya kurang dari 5 menitan. 

Data Usia Pemain Rise of Kingdoms

Target audiens Lilith Games mungkin tepat sasaran. Karena 64% pemain Rise of Kingdoms adalah Laki-laki, dan 36% Perempuan berdasarkan demografi. 

Rerata umur pemain Rise of Kingdom: 31 Tahun.
  • 20% Pemain di bawah usia 24 tahun
  • 29% antara 25-34 tahun
  • 23% di rentang 35-44 tahun
  • 20% berusia 45-54 tahun
  • Dan 9% berusia di atas 55 tahun
Dari sini, kita dapat melihat distribusi usia cukup merata dan ada persentase yang signifikan dari pengguna yang lebih tua. Dengan kata lain, Rise of Kingdoms menarik untuk semua kelompok umur.

Harap dicatat, data diatas merupakan rilisan GameRefinery untuk semua negara (Global). Jadi tidak hanya berlaku untuk satu negara tertentu saja. 

Dengan kata lain, jika menemukan pemain yang terkesan punya sifat dan sikap kekanak-kanakan maka sama sekali tidak menggambarkan pemain RoK sesungguhnya yang rata-rata berusia 31 tahun. 

Kesimpulannya, Lilith Games mungkin sukses mencapai target pasar mereka untuk Rise of Kingdoms ini. Info tambahan, Lilith juga yang punya game AFK Arena dan Warpath.