Hindari! Kesalahan Pemain Rise of Kingdoms Ketika War

Beberapa kesalahan pemula di Rise of Kingdoms yang bisa berakibat pada lambatnya progres akun mereka sendiri itu sudah dibahas di artikel RoK yang lain. 

Sementara untuk sekarang Kibezaka bakal membahas bagaimana para pemain melakukan kesalahan ketika war, baku hantam, perang, atau apa pun itu intinya melawan musuh di KvK. 

kesalahan pemula rise of kingdoms

Hal yang jelas mesti diperhatikan saat keadaan genting, semua pemain sibuk, jangan sampai kita yang disalahkan satu aliansi atau satu kingdom, karena kesalahan kecil bisa berakibat fatal hingga kekalahan KvK atau Lost Kingdom Event.

Semua ini saya tulis murni berdasarkan pengalaman pribadi memantau pemain di Kingdom saya, juga buat introspeksi diri. Sebab kalah KVK akibat hal-hal sepele yang seharusnya bisa dihindari itu bakal bikin pemain lain migrasi dan tidak mau bermain dengan kita lagi. 

Lantas apa sajakah hal yang harus dihindari itu? Berikut beberapa diantaranya:

1. Reinforce struktur (Bendera/Benteng Aliansi) dari jauh.
2. Salah mengirim jenis pasukan ke Rally dan Garrison.
3. Tidak Teleport ke Zona Aman atau Bubble (Peace Shield) Saat di Posisi Kalah.
4. Tidak Refresh Pasukan di Garrison kalau sudah Low HP.
5. Tidak mengganti Komandan Garrison saat Struktur aliansi Bisa di-rally
6. Malah main Barbarian Fort.

Oke kita bahas satu-satu. 

#1. Jangan reinforce struktur bangunan dari jauh. Ambil contoh Pass level 6 milik koalisi kita sedang di-rally musuh, kita harus cepat isi pasukan reinforce atau mengirim bala bantuan biar tidak kalah. 

Logikanya kalau ada pemain yang kirim pasukan reinforce dari jauh semisal 30 detik saja, maka akan berakibat fatal di sisi kita. 

Solusinya adalah kirim dulu pasukan ke dekat Pass 6 kalau udah dekat baru lah reinforce, kasih kesempatan pemain yang dekat Pass itu reinforce duluan supaya Pass tidak cepat jebol oleh lawan.

#2. Salah Kirim Pasukan. Kalau ini kejadian udah parah sih, mungkin di KvK Musim 1 masih bisa ditolerir deh karena bisa jadi banyak pemain baru yang tidak paham betul. Meski sebenarnya tetap harus dihindari.

Tapi kalau sudah masuk KvK Season of Conquest itu kebangetan. Kalau ada teman open rally, cek dulu di ikon/logonya pada Rally, dia minta jenis pasukan apa. Kalau mintanya Cavalry, jangan kasih Archer atau Infantry. 

Kesalahan sekecil ini akan membuat kamu diomelin R4 Aliansi di-kick dari aliansi dan dihujat pemain lain karena dianggap beban. 

#3. Tidak Teleport atau Bubble. Pindahkan kota ke zona aman atau Safe Zone apabila kingdom atau Camp kamu lagi diserang dan dalam posisi yang tidak aman atau sudah jelas akan kalah KvK. 

Kalau tidak mau Teleport, minimal pakai item Peace Shield atau Bubble. Biar nggak dizero lawan. Yang begini biasanya mendingan dirally teman satu kingdom sendiri dibanding kena zeroed sama musuh.

Seandainya sudah terlanjur kena zero bagaimana? Simak jurnal ini: Kehidupan Pasca Zeroed Rise of Kingdoms.

#4. Refresh Pasukan. Maksudnya kalau Low Bar HP (Health) pasukan di bangunan Garrison itu Recall saja alias ganti dan refresh dengan pasukan baru yang full. 

Kenapa demikian? Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Garrison dan Rally ada Marches yang Low Bar HP itu sangat amat tidak bagus buat melawan musuh, istilahnya disadvantage lah ya sehingga menguntungkan pihak lawan.

#5. Ganti Komandan Garrison. Ini yang terjadi di kingdom saya, AF roboh, bendera aliansi musuh terkoneksi ke bendera aliansi saya, sementara isi bendera full pasukan TAPI komandan pemimpin garrisonnya LOHAR dan KEIRA. Makanan empuk buat musuh menghantam tuh bendera.

Alangkah baiknya mempersiapkan diri sejak dini untuk mengganti Garrison Leader yang bagus kalau memang tujuannya mau mempertahankan bendera. 

#6. Barbarian Fort. Meski jarang terjadi, tapi kadang ada aja gitu spesies pemain yang dimana dia malah open rally ke Barbarian Fort disaat pemain lain sibuk baku hantam. 

Bukannya apa ya, di Rise of Kingdoms kamu akan dihujat kalau hal ini terjadi. Pahami situasi dan kondisi, saat war baku hantam di KvK sedang berlangsung dan kamu berada di aliansi utama maka tidak ada yang namanya farming, hunting barbarian, atau fort. 

Selebihnya saya kasih hadiah update: Kode Redeem RoK terbaru termasuk edisi Ramadan 2022 ini yang baru rilis aplikasi Rise of Kingdoms versi PC resmi.

Nah itulah kesalahan-kesalahan pemula ketika war di Rise of Kingdoms, bukan cuma KvK SoC tapi sejak KvK Musim 1 juga kalau bisa jangan sampai terjadi. 

Inilah indahnya game Rise of Kingdoms, anti egoisme, tidak ada yang namanya Solo Player di RoK, semua pemain harus kompak dan solid, saling membutuhkan dan mendukung satu sama lain. Esensi game bergenre Real-time Strategy (RTS) memang begitu.