Richard Rise of Kingdoms: Tips Talent Build Terbaik dan Terkuat

cara mendapatkan richard rise of kingdoms

Kalau ada sebutan untuk komandan Tanky pada masa jayanya, predikat itu layak diberikan kepada Richard I. Musuh bebuyutan Saladin pada era kerajaan yang pernah bertarung memperebutkan tanah Jerusalem. Panduan Rise of Kingdoms kali ini membahas komandan Richard. 

Richard I sebagai komandan pertama yang muncul di Wheel of Fortune (WoF) RoK memang menjadi andalan untuk early game. Dia punya keahlian memimpin Infantry, Garrison sekaligus Defense, yang membuatnya sangat kebal ketika dibawa war di KvK 1. 

Lalu apa saja kehebatan Richard I lainnya? Dan apakah dia efektif untuk dipakai sampai late game? Semua bakal Kibezaka bahas dalam artikel spesial ini.

Tips Memainkan Richard I di Rise of Kingdoms

Seperti yang sudah dikatakan, Richard I ini kebal karena skil "Defense" dia membuatnya bukan prioritas musuh untuk dihantam. Ketika sobat war di open field dan bertemu Richard, kebanyakan lawan akan menghindari baku hantam dengan kalian. 

Itulah fungsi komandan Tanky, biar tidak dijadikan bulan-bulanan ketika war. Namun demikian, bukan berarti Richard merupakan komandan Tank yang terhebat karena ada banyak commander Tanky lain di Rise of Kingdom sebut saja Alexander The Great, dan bahkan Charles Martel. 

Kalau dibandingkan Martel - Richard, maka sebaiknya sobat mengutamakan Charles Martel. Setelah banyaknya uji coba ternyata Richard lebih boros RSS dan mudah mengirim pasukan ke hospital alias lebih lemah dari Martel dalam hal defensive. 

Tapi jika bicara Healer atau tukang heal terbaik, maka Richard juaranya. Itulah kenapa dirinya juga dinilai sebagai komandan serbaguna untuk PvE dan PvP, bahkan saya lihat sampai KvK Musim 4 pun masih ada yang pakai Richard.

Talent Build Richard Terbaik di RoK

Talent tree Richard I ini sangat sederhana dibuat untuk Richard, tetapi beberapa penyesuaian yang membuatnya sedikit berbeda dari yang ada di luar sana. 

tank talent richard rok terbaik terkuat


Saya telah memilih untuk tidak mengambil "Elite Soldiers". Sangat kuat sehingga dibutuhkan begitu banyak poin untuk sampai ke sana dan saya tidak akan bisa mendapatkan talent bernama "Armor Berduri" dan beberapa talent krusial lainnya.

Dengan build ini, bisa memberi pasukan Infantry Richard sobat hingga 600 faktor penyembuhan tambahan (Additional Healing Factor). Sehingga kini bisa mencapai 2.000 faktor penyembuhan dan dengan peningkatan efek heal 30%, itu bahkan lebih efektif. 

Dalam talent build Richard I ini, saya mencoba untuk meningkatkan HP (Health) dan faktor Tank sebagus mungkin di jalur Infantry. 

Makanya saya memilih March Speed Reduction di jalur skill kemudian menghabiskan sisanya pada bagian Health karena Jika mereka akan menjauh dari pasukan Richard milik sobat di Infantry, tidak ada jalan lain. 

Perlengkapan atau Equipment terbaik buat Richard: Gatekeeper's Shield, Frost Treads, Quinn's Soul, Witch's Lineage, Silent Trial, Call of The Loyal (untuk tambahan March Speed).

Kelebihan dan Keunggulan Richard I

Healer terbaik dalam game RoK.

Bagus saat war di early game buat dijadikan Tank. 

Komandan serbaguna untuk PvP dan PvE, khususnya buat Chaining Barbarian. 

Komandan Infantry yang bisa bawa Archer dan Cavalry.

Kekurangan dan Kelemahan Richard I RoK

× Tidak efektif untuk war di late game atau KvK Musim 3 dan seterusnya. 

× Sekarang cenderung lemah dan mudah bikin pasukan Luka Parah sehingga dia kirim pasukan ke Hospital. 

× Sudah banyak counter Richard bahkan di KvK 2 sekali pun seperti Aleksander Agung misalnya.

Combo Pair Pasangan Komandan Richard Terkuat

Duet Richard - YSG : Kombinasi duo ini sering sekali digunakan baik untuk PvE (chain Barbarian di KvK) atau untuk war open field, bisa dibilang inilah duet sempurna komandan legend di early game. Richard yang tanky dibantu dengan damage AOE besar dari Yi Seong-Gye membuat musuh cenderung menghindar. Saya pribadi suka pakai Richard YSG buat farming barbarians di KvK 1-3. 

Duet Richard - Martel : Jika sobat bertemu dengan musuh yang membawa pairing Richard dan Charles Martel, saran saya menjauh dan alihkan ke march pasukan lawan yang lain, karena percuma! Salah satu duo terbaik di Rise of Kingdoms saat ini, terutama buat pemain Infantry, adalah Richard + Charles Martel. Keduanya bisa menjadi yang utama karena keduanya memiliki skill serupa. Namun, disarankan untuk menggunakan Richard I sebagai komandan utama karena dia melakukan debuff pada damage sebelum Perisai Charles muncul!

Duet Richard - Sun Tzu : Kita sudah bahas soal komandan Sun Tzu kalau dia adalah salah satu komandan yang hebat karena Damage Reduction yang dia miliki. Juga karena bonus skil pasukan Infantry yang dimilikinya dan dia juga melakukan beberapa Damage AOE yang lumayan. 

Bayangkan sobat dikerumuni (Swarm) oleh musuh dan kalian dapat mengeluarkan damage mencapai lima target dengan Sun Tzu pada waktu tertentu, itu sangat mantap! Sun Tzu sangat bagus untuk pertarungan Open Field. Selain itu, combo Sun Tzu Richard juga bagus untuk Sunset Canyon & Lost Canyon hingga KvK Musim 2.

Kalau sobat masih bingung bisa baca panduan: Tips Komandan Sun Tzu Rise of Kingdoms

Cara Mendapatkan Komandan Richard RoK

Untuk cara mendapatkan Richard Rise of Kingdom maka sobat harus menunggu kehadiran dia di Wheel of Fortune RoK edisi perdana. Biasanya untuk kerajaan yang baru terbentuk akan muncul pada sebulan setelah dibentuk, dia akan hadir empat kali di WoF, jadwal bersamaan MGE tiap selasa.

Lalu bagaimana kalau sobat melewati WoF Richard di early game? Tenang saja ada beberapa opsi lain buat dapat Richard RoK seperti berikut: 

1. Card King – Seperti biasa, event Raja Kartu di Rise of Kingdoms bakal muncul sebulan sekali. Khusus untuk Richard jadwalnya biasanya hadir sekitar 3-4 minggu setelah KvK Musim 1 berakhir. Sobat hanya perlu menyiapkan Gems yang cukup. Untuk itu bacalah: Tips Farming Gems Rise of Kingdoms untuk meniru cara saya dapat 240k+ Gems per KvK. 

2. Daily Special Offer – Promo Harian Spesial ini khusus buat para pemain Low Spender. Sobat bisa mendapatkan komandan Richard I Rise of Kingdoms dengan mengumpulkan peti/chest yang didapatkan dari pembelian paket bundle. Saran saya kumpulkan dan buka per 9 kotak sekaligus agar dapat patung emas Richard dalam jumlah banyak. 

Bagi para pemain F2P tidak disarankan untuk expertise Richard, dia cukup upgrade skil sampai 5-5-1-1 saja. Sisanya tidak terlalu berpengaruh, apalagi kalau cuma diandalkan untuk chain Barbarian di LK. 

Demikian panduan dan tips talent Richard terbaik Rise of Kingdoms yang bisa sobat manfaatkan untuk dijadikan komandan Infantry-Tank di awal game RoK, khususnya buat para pemula dan akun baru.