Harald Sigurdsson Rise of Kingdoms: Tips Talent Terbaik

harald-sigurdsson-rise-of-kingdoms-rok

Kita bahas talent Harald Sigurdsson Terkuat di Rise of Kingdoms. Sejak kehadiran Harald Sigurdsson ke Rise of Kingdoms, skill ketiganya yakni "Stamford Bridge" menjadi andalan para pemain RoK yang berfokus pada pasukan dan komandan Infantry. 

Jika sobat belum membacanya, silakan cek artikel: Komandan Pakal, dimana peran Harald Sigurdsson sangat berpengaruh membantu penyerangan Rally terhadap bangunan CH, benteng atau bendera aliansi milik musuh di KvK SoC. 

Kisah dan Profil Harald Sigurdsson RoK

Harald Sigurdsson (1015-1066) juga dikenal dengan Harald Hardrada "The Last Viking", dan Raja Norwegia, merupakan ahli strategi dan sang penakluk kekacauan pada era kerajaan. 

Pada tahun 1030, Harald ketika masih berusia 15 tahun bersama saudaranya, Olaf Haraldsson bergabung dalam pertarungan di Pertempuran Stiklestad melawan Raja Knut Yang Agung dari Denmark. 

Perang berakhir dengan kekalahan untuk sisi Harald, selain itu Olaf juga gugur di medan perang. Harald Sigurdsson mencari perlindungan dengan menjadi asisten untuk melayani Yaroslav The Wise, di usianya yang masih remaja dia sudah punya jam terbang bertempur cukup impresif. 

Suatu hari, Harald bergabung dengan kelompok pasukan Byzantium Empire dipimpin Michael IV dan Harald Sigurdsson kembali ikut bertempur di Sisilia serta Bulgaria, bahkan dirinya menjabat sebagai kapten Varangia Guard. 

Di tahun 1066, Harald meluncurkan peperangan di tanah Inggris, namun pasukan perang Norwegia dikalahkan dalam serangan mendadak kejutan di Stamford Bridge, di sinilah Harald gugur dalam pertempuran yang menjadi penanda akhir kejayaan Vikings.
  • Nama: Harald Sigurdsson
  • Julukan: The Last Viking
  • Skil: Infantry - Conquering - Skill
  • Kelangkaan: Legendary Commander

Keunggulan dan Kelebihan Harald Sigurdsson

Beberapa kehebatan Harald Sigurdsson Rise of Kingdoms antara lain adalah: 

✓ Skill aktifnya memberikan banyak damage langsung ke satu atau beberapa target, walau tergantung pada situasinya sih.

✓ Terlahir sebagai pemimpin Infantry, berspesialisasi dalam PVP, ofensif dan damage serangan yang tinggi setiap saat dibawa perang baku hantam. 

✓ Kita bisa menggunakannya dalam kedua bentuk PVP, buat Rally atau menyerang di open field.

Kelemahan dan Kekurangan Harald Sigurdsson RoK

× Harald tidak memiliki Healing Factor atau instan healing pasukan saat war. 

× Defensif dan HP (Health) dari skil dan talent cukup rendah dibandingkan dengan beberapa komandan Infantry lainnya. 

× Tidak efektif untuk digunakan dalam PVE (Barbarian, Fort, dll)

Talent Build Harald Sigurdsson Rise of Kingdoms Terbaik

Harald Sigurdsson adalah komandan Tier A untuk dipakai buat baku hantam di KvK, skill aktifnya “Berserker” menjamin damage langsung yang lumayan mantap dan jika dia dikelilingi oleh musuh (Swarm), skill ini mengenai maksimal 3 target di AOE, pada saat yang sama meningkatkan damave semua pasukannya 20% selama sekitar 2 detik. 

Skill bernama “Viking Battleaxe” tidak akan menjadi skill yang efektif untuk open-field, skil ini hanya aktif di build “Conquering”. 

talent harald sigurdsson rok terkuat terbaik

Sebagai pemimpin pasukan Infanteri yang diandalkan, ia memiliki skill yang kuat yang bisa menjadi pedang bermata dua, "Varangian Guard" menjamin semua Infantry di bawah komandonya berikan damage besar dan March Speed tambahan, namun, menggunakan "Berserker" meningkatkan serangannya lebih mantal lagi. 

Tetapi skill itu menurunkan tingkat defensifnya hingga maksimum 5%. Efek ini berlangsung selama 8 detik, dan dapat di-stack hingga 15 kali. 

Skil “Stamford Bridge” menjadi skill hebat yang melawan debuff yang diakibatkan oleh “Varangian Guard” karena memberi Harald 20% peluang saat menyerang untuk mengaktifkan skil aktifnya “Berserker”, membuatnya kebal terhadap pengurangan defense komandan apa pun selama 5 detik. 

Harald Sigurdsson adalah komandan legend buat war yang sangat baik untuk menghantam lawan di open field, dalam build ini, kami memfokuskan talent terbaiknya untuk meningkatkan damage dahsyat pada musuh mana pun saat bertarung di map. 

Sebagai komandan Infantry, Harald Sigurdsso  jelas bisa dipakai buat menyerang lawan setiap saat, dia tidak serapuh yang sobat pikirkan. Karena ya wajar, kelasnya aja legendary.

Tetapi dia juga bukan komandan Infantry yang tangguh seperti yang biasa kita lihat dalam kasus seperti Guan Yu, Charles Martel atau Alexander The Great, spesialisasinya adalah open field atau jadi komandan kedua (Secondary Commander) buat Rally. 

Combo Pair Pasangan Harald Sigurdsson Terbaik RoK

Duet Guan Yu - Harald : Kombinasi kedua komandan ini hampir sempurna, sinergi yang terjalin antara skil mereka sangat bagus, Guan Yu sebagai komandan Infantry ofensif memiliki damage AOE yang besar selain peningkatan yang kuat untuk pasukannya seperti "Healing Factor" yang tidak dimiliki Harald, banyak lagi damage pada pasukan ditambah kecepatan bergerak (March Speed) yang tinggi untuk pertarungan di open field. Untuk "Conqueing", kedua komandan berpasangan sangat baik, asalkan jika salah satu dari mereka jadi Primary Commander jelas harus sudah expertise skilnya.

Duet Pakal - Harald : Sudah bukan rahasia lagi bahwa sejak kehadiean K'Inich Janaab Pakal menjadi angin segar buat pecinta komandan Infantry. Bukti dalam artikel Pakal II yang pernah kami bahas, combo pair ini berhasil menghancurkan tangguhnya Zenobia RoK. Tapi kelemahannya, Pakal sangat rapuh buat open field, khusus Rally saja.

Duet Martel - Harald : Komandan Infantry yang tangguh, ideal untuk pertempuran PVP berkat ketahanannya yang luar biasa dan peningkatan yang diberikan kepada Infantry. Charles Martel adalah pilihan yang baik untuk tawuran di open field yang didukung oleh defensive dan attack dari skil Harald.

Duet Alex - Harald : Komandan 
infantry hebat lainnya di Rise of Kingdoms, ofensif dan defensif pada saat yang sama, pasangan Harald-Alexander atau sebaliknya sangat cocok untuk open field, keduanya menggabungkan yang terbaik dari Infantry dan mengubah kelemahan mereka menjadi kekuatan melawan musuh mana pun wajah itu. Combo pair yang kuat dan hampir perfect pokoknya.

Cara Mendapatkan Harald Sigurdsson Rise of Kingdoms

Untuk mendapatkan komandan Harald RoK sobat harus menunggu Kingdom kalian terbentuk lebih dari 400 hari atau sudah masuk KvK 4 ke atas (Musim Penaklukan/Season of Conquest). 

Nanti sobat bisa kumpulkan 10 patung emas Harald Sigurdsson dari event Wheel of Fortune yang hadir setiap dua minggu sekali pada hari selasa-kamis saat MGE (Mightiest Governor Event) berlangsung, pakai Gems ya. Namun pada konsep WoF yang baru, jadwal kemunculan Harald tergantung pada komandan jenis apa di MGE tersebut. Kalau MGE Infantry, maka ada kemungkinan Harald hadir

Sekian dulu panduan mengenai talent terbaik Harald Sigurdsson Rise of Kingdoms beserta pasangan buat medan perang open field hingga untuk rally melawan struktur bangunan musuh di KvK nanti.