Tips Bermain Sunset Canyon Rise of Kingdoms Agar Menang

sunset canyon rise of kingdoms

Salah satu mode gameplay yang abadi dan akan terus ada di semua kerajaan dalam game Rise of Kingdoms adalah Sunset Canyon. Selain Ark of Osiris dan Ekspedisi (Expedition) tentunya. 

Pada kerajaan atau server yang baru terbentuk di RoK, Sunset Canyon biasanya terbuka (Unlocked) seminggu setelah dibentuknya Kingdom tersebut dan akan terus ada seterusnya. Sementara edisi KvK, ada yang namanya Lost Canyon.

Keuntungan bermain Sunset Canyon ini adalah kita mendapatkan banyak Material Equipment untuk menempa perlengkapan perang (War Gear). Di awal/early game mungkin tidak terasa fungsinya, tapi sobat akan menyadari nanti betapa pentingnya Material perlengkapan ini. 

Pada dasarnya material harus dikumpulkan sebanyak mungkin dan disimpan, jangan asal dipakai buat Forge (Menempa) perlengkapan perang yang tidak dibutuhkan dan tak sesuai spesialisasi komandannya.  

Trik Sunset Canyon di Rise of Kingdoms

Oke sekarang masuk ke topik utama, pada dasarnya secara ideal kalian butuh 5 Marches atau lima antrian pasukan di Sunset Canyon. Maka dari itu upgrade CH minimal sampai level 22. 

1. Gunakan Komandan AOE dan Penempatannya

Pemilihan komandan itu penting buat bermain Sunset Canyon, kalian disarankan memakai commander yang punya skil AOE Damage. Intinya, AOE berguna untuk memberikan damage ke lebih dari satu target secara bersamaan. 

Untuk pemula atau akun baru di KvK 1, beberapa rekomendasi komandan Sunset Canyon versi Kibezaka adalah sebagai berikut: Sun Tzu, Aethelflaed, Joan of Arc, Baibars, Mehmed, Bjorn Ironside, Osman I, Kusunoki Masashige, Richard I, Yi Seong-Gye (YSG) dan Queen Tamar of Georgia (Secondary). 

Soal penempatan posisi yang tepat dan combo pair disesuaikan dengan role atau tugas tiap komandan. Contoh di KvK1 saya pakai duet Richard - Osman & Sun Tzu - Mehmed di depan buat dijadikan Tank. 

Lihat gambar berikut buat Sunset Canyon KvK 1: 

cara main sunset canyon rise of kingdoms rok

Sedangkan, Aeth - YSG bertugas memberikan damage besar kepada musuh tanpa harus kena langsung serangan dari lawan karena dia diposisikan di balik Tank si Richard/Sun Tzu. Baca: Talent Terbaik Sun Tzu.

Kenapa saya pilih Osman disandingkan Richard? Karena kalau dia expertise, bisa menambah jumlah kapasitas pasukan lebih banyak yang bisa di bawa ke Sunset Canyon.

Pada foto, saya memakai Baibars - Cao Cao lebih efektif karena sama-sama punya skill Cavalry. Namun sobat bisa mengganti Cao Cao dengan yang lain seperti Mehmed, atau Queen Tamar. Dan Sun Tzu duetkan saja dengan Bjorn Ironside


Di bagian bawah ada Hermann - Kusunoki, ini buat mengalihkan perhatian aja. Sebenarnya opsional & subjektif, sobat bisa mengganti Kusunoki dan duetin Hermann - Joan of Arc untuk skill regenerasi Rage dengan cepat. 

Selebihnya untuk KvK2 dan seterusnya sama sih, kesimpulannya komandan AOE harus diutamakan kalau main Sunset Canyon dan Lost Canyon. 

Tambahan: Kalau sobat sudah memaksimalkan skill Charles Martel dari kemenangan MGE, bisa menggunakan dia dengan Sun Tzu sebagai Tank. Walau tanpa AOE, Martel kuat di defense.

2. Perlengkapan Biru Itu Minimal

Pada mode Sunset Canyon dan Lost Canyon Rise of Kingdoms tidak dibutuhkan teknologi perang/militer yang maksimal. Karena murni mengandalkan strategi, skil komandan dan Equipment/Perlengkapan war sobat. 

Itulah kenapa saya sering mengalahkan pemain Leviathan yang powernya di atas 200M+, karena equipment berbicara disini. Sobat juga harus andalkan minimal perlengkapan jenis Elite (Biru) untuk digunakan di Sunset Canyon. Kalau ada yang lebih baik seperti Epic (Ungu) dan Legendary (Oranye) itu lebih bagus.

PENTING: Rumus Rise of Kingdoms adalah Health > Defense > Attack. Pilihlah & utamakan menempa perlengkapan atau Equipment dengan buff HP (Health), lalu Defense, sedangkan Attack itu opsi terakhir. 

Tips Tambahan

Semua komandan utama yang digunakan di Sunset Canyon disarankan level 60 (Maksimal), karena perbedaan satu level saja akan berpengaruh pada Talent Build commander tersebut. 

Jika memungkinkan, simpan semua tiket bonus/cadangan Sunset Canyon. Untuk tiket harian gunakan semua sebelum reset dan tiket bonusnya dipakai pada Senin pagi sebelum jam 07:00 WIB (00:00 UTC). 

Sunset Canyon bakal reset setiap pekan pada waktu tersebut, usahakan kalian minimal finish di posisi 100 besar pada akhir periode mingguan buat dapat Golden Key, Buku EXP (Tome of Knowledge) dan Speedup yang lebih banyak. 

Sekian panduan tips Sunset Canyon di Rise of Kingdoms, ini juga berlaku ketika kerajaan sobat bermain Lost Canyon di Lost Kingdom (saat KvK berlangsung).