Sun Tzu Rise of Kingdoms: Tips Talent Terbaik dan Terkuat

rok sun tzu talent tree build rise of kingdoms

Mungkin sudah bosan mengucapkan bahwa Sun Tzu adalah komandan Epic terbaik yang ada di Rise of Kingdoms sejauh ini. Tentu ia dilabeli demikian bukan tanpa alasan, karena skil aktif dan pasifnya cenderung menyamai bahkan melebihi Charlemagne yang berstatus Legendary Commander. 

Tidak heran kalau banyak pemain yang mengatakan Sun Tzu ini komandan Epic rasa Legend. Dibanding Charlemagne, maka Sun Tzu lebih unggul karena dia bisa menghantam hingga lima marches berbeda saat ada lebih dari satu pasukan musuh di sekitarnya, ini yang disebut AOE Damage. 

AOE Infantry punya Sun Tzu bukan kaleng-kaleng, Kibezaka menyebutnya tampan dan pemberani, dia sering dipakai di awal kerajaan terbentuk atau early game hingga KvK musim 1 untuk baku hantam melawan komandan legend seperti Richard, YSG, Minamoto no Yoshitsune, Cao Cao dan Charles Martel. 

Bahkan untuk KvK Musim 2, dia tetap bisa diandalkan untuk war di Sunset Canyon dipasangkan dengan Aleksander Agung. Keduanya merupakan komandan Infantry yang mantap di kelasnya, duo Epic-Legend saling melengkapi. 

Tips Memainkan Sun Tzu di Rise of Kingdoms

Ada AOE Damage dengan area berbentuk kipas (Fan-shapped). Maksimal bisa hantam 5 target musuh membuat Sun Tzu sangat serbaguna. 

Dapat meningkatkan damage pada skill aktif sebesar 20%. Sangat baik saat digunakan dengan nuker yang punya damage tinggi. Sun Tzu bisa mengurangi damage musuh di ketika perang di open field sebesar 10%. 

Skil Sun Tzu juga mengurangi pertahanan (defense) musuh sebesar 17% saat dia digunakan sebagai komandan Garrison, dalam waktu yang sama juga meningkatkan HP Infanteri +10%. Pokoknya ini komandan Infantry paling sempurna untuk kelas Epic.

Inilah Build Talent Sun Tzu Terbaik di RoK

Berikut merupakan Talent Tree Sun Tzu terkuat di game Rise of Kingdoms. Kibezaka berani katakan bahwa ini talent yang serbaguna & multifungsi. 

Artinya walau dijadikan sebagai Garrison tapi kalian tidak perlu mengubah talent ke "Garrison" cukup fokus "Infantry" dan "Skill" saja, untuk main event Shadow Legion Invasion sangat bagus disandingkan sama Yi Seong-Gye (YSG). 

talent sun tzu terbaik terkuat rok

Pastikan Sun Tzu kalian sudah expertise atau memaksimalkan semua skillnya hingga 5-5-5-5. Sebagai komandan Epic tentu lebih mudah maksimalkan skil Commander Sun Tzu. 

Kenapa harus secepatnya expertise Sun Tzu sebelum KvK 1 dimulai? Skil dia meningkatkan damage langsung dari ski pertama menjadi 800 dan hingga 5 target. 

Faktor damage ekstra yang bisa meningkat hingga 200. Sobat juga bisa mendapatkan 250 Rage secara total. Yang mana 1/4 dari rage bar kalian, cukup mengagumkan? Skill ini sudah lumayan untuk membuatnya menjadi salah satu komandan Epic terbaik di game sejauh ini.

Perlengkapan atau Equipment terbaik buat Sun Tzu: Sakura Fubuki atau Gatekeeper's Shield, Frost Treads, Witch's Lineage, Quinn's Soul, Karuak's Humility, Silent Trial. 

Kelebihan dan Keunggulan Sun Tzu

Besarnya damage dari skil Nuker Sun Tzu yang tinggi. 

Faktor damage tambahan dari skil pasif 

Regenerasi Rage yang cepat. 

AOE aktif hingga 3 target dan mencapai 5 target jika expertised. 

Kekurangan dan Kelemahan Sun Tzu RoK

× Sun Tzu cenderung lemot dalam artian sebagaimana komandan Infantry pada umumnya, kalau diajak lari sama Belisarius sudah ketinggalan jauh. 

× Tidak bagus untuk PvE, kecuali sobat terpaksa memakainya dan tidak ada komandan dengan damage besar lain selain Sun Tzu. Contohnya untuk main Karuak Ceremony. Baca: Jadwal Karuak Ceremony RoK.

× Tidak memiliki Healing Factor untuk menyembuhkan pasukan secara instan saat war di open field. 

Combo Pair Pasangan Komandan Sun Tzu Terkuat

Duet Sun Tzu - Richard : Aroma KvK 1 sangat terasa jika sobat menemukan banyak pemain yang memakai Sun Tzu dan Richard sebagai komandan kedua, karena keduanya sama-sama memiliki skil & spesialisasi Infantry. Kehadiran Richard bakal menutupi kelemahan Sun Tzu yakni keberadaan Healing Factor. Kita tahu lah ya Richard I ini healingnya kuat banget. Baca: Talent Richard RoK.

Duet Sun Tzu - YSG : Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi, meski talent build Sun Tzu tidak difokuskan ke Garrison tapi sobat tetap dapat memanfaatkan skil pasifnya untuk dijadikan garrison. Coba saja pasangkan dengan Yi Seong-Gye alias YSG, saya tes di event Invasi Legiun Bayangan dengan level tertinggi cukup mantap bertahan sampai akhir karena damage mereka berdua bukan main bssarnya. 

Duet Sun Tzu - Alex : Keduanya sama-sama dianggap komandan Infantry terbaik di kelasnya, silakan dicoba pasang kombinasi Sun Tzu - Alexander The Great. Wajar saja mereka merupakan commander Infantry dengan skil mumpuni untuk baku hantam. Selain Tanky, juga damage besar diberikan dari skil keempat Alex. 

Cara Mendapatkan Komandan Sun Tzu RoK

1. Golden Key - Sobat bisa mendapatkan komandan Sun Tzu dengan mudah di Tavern, cukup buka Golden Key kalian. Jika bermain sejak awal kingdom terbentuk menggunakan peradaban China, maka Sun Tzu langsung didapatkan saat itu juga. 

2. Silver Key - Selain kunci emas juga ada kunci silver yang berisi patung semua komandan Epic, namun drop rate atau probabilitas yang ditetapkan Lilith Games tidak setinggi Gold Key. 

3. Ekspedisi - Mode kampanye bagian Expedition terkadang muncul patung Sun Tzu Sculpture, kalian bisa menukarkan 1000 koin medali emas dengan satu patungnya Sun Tzu. Cukup dapatkan 10 patung untuk summon dia dan simpan koinnya yang lain. 

Perlu diketahui juga Sun Tzu bukanlah komandan Legend, jadi dia nggak bakalan muncul lewat MGE RoK atau Wheel of Fortune. 

Demikian pembahasan tentang skil dan talent Sun Tzu terbaik di Rise Kingdoms yang bisa sobat gunakan baik buat Garrison atau war open field KvK Season 1 nanti.