Penyebab Jumlah Gems Minus di Rise of Kingdoms

kenapa gems minus rise of kingdoms

Beberapa dari sobat mungkin penasaran, apa penyebab jumlah gems minus Rise of Kingdoms? Di game ini memang tidak jarang ada kejanggalan yang dialami pemain sejak dua tahun terakhir. 

Salah seorang F2P paling terkenal, pemain luar negeri bernama Teo membagikan kisah dirinya dan rekan satu aliansinya. Dia sendiri hanya pernah merasakan jumlah SDA minus yakni RSS Crystal. 

Cari Tahu Penyebab Gems Minus Rise of Kingdoms

Seperti diketahui, fungsi Crystal saat KvK untuk upgrade riset teknologi perang/militer di bangunan Pusat Riset Kristal. Lalu apa jadinya jika Gems minus di Rise of Kingdoms? Mungkin kalau sobat belum mengetahui penyebabnya akan merasa sedikit kesal. 

Tapi ada banyak faktor dan alasan mengapa Lilith sebagai developer memutuskan untuk mengambil Gems dari akun pengguna. Berikut merupakan penyebab utama kenapa Gems Rise of Kingdoms minus. 

1. Melakukan Refund di Rise of Kingdoms

Apabila sobat merasa tidak sengaja membeli bundle entah top-up paket apa pun itu, sekarang pemain sudah bisa melakukan refund di Rise of Kingdoms untuk mengembalikan uang mereka. 

Lilith Games akan menerima setiap permintaan refund penggunanya, namun semua item seperti Speedup, Gems, SDA, Tome of Knowledge, Legendary Sculpture/Patung Emas yang didapatkan akan ditarik kembali. 

Bagaimana jika seluruh item yang terdapat pada bundle sudah digunakan oleh pemain? Penarikan akan tetap dilakukan apabila item yang sama masih ada di tas atau "Item" akun sobat. 

Sebaliknya, apabila semua item tersebut sudah terpakai dan tidak lagi tersisa di tas, maka akan terjadi minus. Seperti halnya jumlah Gems minus Rise of Kingdoms dialami oleh banyak pemain ketika memutuskam refund ke pengembang. 

2. Hukuman atau Sanksi

Mungkin untuk kasus ini sangat jarang terjadi, tapi tentunya pernah dialami pemain di server kerajaan #1959. Pada event Lost Kingdom atau KvK, salah seorang user diketahui memakai Bot Farming pada akun farm miliknya. 

Mendapatkan banyak laporan dari musuh, Lilith langsung bertindak lalukan penyelidikan. Hasil investigasi mereka menyatakan pelaku terbukti menggunakan Bot di karakter lainnya pada akun. 

Oleh karenanya, hampir 1,2B total RSS/SDA di semua akun farm dia yang berjumlah 7 akun direset jadi Nol. Ya, benar-benar 0, hingga tidak tersisa. Tindakan Lilith sudah sepenuhnya benar. 

Untuk menjaga fair play dan sportivitas dalam game, Lilith harus tegas menghukum siapa saja yang berani melakukan kecurangan. Entah penggunaan bot Rise of Kingdoms dalam bentuk title, farm, atau saat perang di LK. 

3. Kesalahan Developer

Saat event ulang tahun di 2020 silam, hampir semua pemain mengalaminya. Yakni kasus dimana item Gems dalam tas mereka berubah jadi minus. Ada pun nominalnya bervariasi, baik -200, -500, hingga -2000 Gem di tasnya. 

Menurut pengakuan Customer Service Rise of Kingdoms, pihaknya meminta maaf karena terjadi kesalahpahaman. Penarikan Gems dari pemain diakibatkan kesalahan teknis yang tidak sengaja kirim Gem ke tas pemain. 

Kasus ini mirip saat event komandan Mulan dulu, dimana kala itu banyaknya pemain, termasuk saya yang mendapatkan double rewards yakni 20 patung emas Mulan. 

Tapi Lilith menyadari adanya bug, dan mereka menarik 10 Legendary Sculpture saya karena yang sepuluh dianggap tidak sah oleh mereka setelah saya gunakan untuk upgrade skil Mulan.

Terjadinya Gems Minus di Rise of Kingdoms memang sangat disayangkan beberapa pemain. Tapi kalau sudah kejadian, sebaiknya sobat kumpulkan saja Gem yang didapatkan dan recover atau comeback lagi.

Memperbanyak Gems Rise of Kingdoms

Kalau sudah minus, maka kalian harus kembali mengumpulkan Gems. Itu pun dua kali lipat usaha kerasnya, misal jumlah Gems RoK minus -9000 maka kalau sobat punya Gem cadangan, farming, atau top up bundle sebesar 9 ribu gems, torehan Gems kalian menjadi 0 surplusnya. 

Bagi pemain P2W yang rajin top up mungkin bukan masalah besar. Tapi untuk F2P dan Low Spender ikan teri, bakal kecewa sekali pastinya, tapi mengingat ini bukan game ajang balap-balapan power dan tidak ada tamatnya, jadi ya dibawa santai saja.

Saran kami adalah lebih rajin grinding seperti mengalahkan Barbarian dan mengumpulkan Gem di map. Kami sudah berbagi cara mendapatkan 240k+ Gems per KvK di artikel: Tips Farming Gems RoK. Silakan disimak. 

Ini memang bukan kejadian baru, mengingat pernah seorang sultan melakukan refund sangat banyak. Hingga jumlah Gems yang dia miliki minus -400k, ya empat ratus ribu Gems minusnya. Seolah-olah dia unlock T5 gratisan.

Seperti itulah kejadian belakangan yang ramai di media sosial Facebook, khususnya grup WhatsApp Rise of Kingdoms Indonesia kerajaan #1914 terkait jumlah Gems minus di RoK, sekian.