Penggunaan Bot Bisa Hancurkan Game Rise of Kingdoms

Sebagai game online dengan pemain dari berbagai belahan dunia, sudah seharusnya developer Lilith mulai bersikap lebih tegas terhadap penggunaan Bot dalam bentuk apapun di game Rise of Kingdoms. 

Setelah isu kontroversi kecurangan KvK terbesar dalam sejarah RoK kemarin, belakangan viral lagi dimana para pemain Korea dari server kerajaan #1365 ketahuan menggunakan Macro Bot, jenis bot untuk multi-control beberapa akun yang sama, ada pun tipikal akunnya dengan desain tata kota serupa, power/komandan/pasukan yang sama. 

cheat dan bot di rise of kingdoms rok

Semuanya digerakkan secara bersamaan seolah-olah itu satu akun. Pemain itu kemudian mengunggah sebuah postingan dengan foto atau gambar di balik layar dia mengatur otentikasi multi-control saat bermain RoK. 

Sebenarnya jenis Bot pada game Rise of Kingdoms ada bermacam-macam, mulai dari untuk War atau Perang, hingga yang secara otomatis memberikan title kepada pemain ketika membutuhkannya. 

Misalnya server Kingdom #1960, pada KvK Musim 1 mereka diketahui memakai Bot saat berperang dengan #1957. Menurut pengakuan salah satu pemain RoK di grup Facebook, awalnya tidak banyak yang peduli, tetapi saat 60 berkhianat dari #1954 semuanya mulai terbongkar. 

Kerajaan #1997 juga sempat memakai jasa pihak ketiga dari sebuah situs web untuk menggunakan bot pemberian title seperti Duke, Architect, Scientist, dan Justice secara otomatis kepada para pemainnya. 

Namun beberapa waktu belakangan Council mereka sepakat menghentikan bot ini setelah banyaknya penyalahgunaan ketika #1997 dilanda Civil War & akun rajanya mendapatkan teguran keras dari Lilith.

Meski demikian, biar bagaimana pun pemakaian Bot dalam sebuah game online benar-benar tindakan tidak berfaedah dan kurang terpuji. Bot tetaplah ilegal, tak bisa dibenarkan apapun alasannya.

Sayang sekali kenapa harus terjadi begini, apalagi pelaku memakai bot ini saat sedang war atau perang di KvK dimana seharusnya semua pemain bermain senatural mungkin tanpa adanya penggunaan bot begitu. 

Ini jelas memalukan komunitas Rise of Kingdoms dan mencederai sportivitas & fair play dalam bermain game online. Meski sebenarnya game online lain juga banyak yang memakai cheat dan bot, ada baiknya para player RoK tidak meniru perilaku tidak terpuji itu. 

Apalagi Rise of Kingdoms adalah game idle, alias game yang santai tidak perlu skil khusus untuk menang. Ditambah kalau mereka para pemain P2W, harusnya bisa memenangkan pertempuran tanpa bot sekali pun.