Lagi Viral Kecurangan, Rise of Kingdoms Dalam Bahaya?

Saat ini lagi ada kehebohan di komunitas Rise of Kingdoms, pasalnya dalam event KvK Lost Kingdom #C11098 terjadi kejanggalan yang belum pernah ada sebelumnya sepanjang tiga tahun sejak game ini dirilis. 

Sekilas tentang LK #C11098 dihuni oleh beberapa Camp, dimana salah satu Camp berisi dua kerajaan yang dihuni oleh mayoritas pemain Indonesia yaitu #1708 dan #1664 berkoalisi dengan #1636 Vietnam. 

benteng aliansi rise of kingdoms rok

Mereka melawan kingdom populer sekarang yakni #1412, #1401 dan beberapa KD lain. Seperti diketahui 412 diisi oleh konten kreator disponsori Lilith di YouTube "Shinchi42", dan pemain tersultan di RoK, BABA TC ATATURK. 

Singkat cerita, pertarungan sangat sengit sejak dibukanya Pass 4 Zona 5, meski 412 berkali-kali mencoba memukul mundur 664 dan 708 namun mereka gagal dan koalisi kerajaan Indonesia sukses masuk ke Zona 7 di King's Land. 

Namun pada Kamis, 19/08 malam WIB, benteng aliansi milik tiga kerajaan dari 1636, 1708 dan 1077 mendadak hilang. Sengaja dihapus oleh leader atau R5 aliansi masing-masing kingdom. Aneh. Ada apa? Diselidiki oleh Council tiap kerajaan.

Dugaan kuat ternyata akun leader aliansi atau pejabat aliansinya sedang diambil alih oleh orang tak bertanggung jawab. Kejanggalan ini semakin menguat ketika percakapan dari akun tersebut tidak seperti biasanya. 

Waduh, Rise of Kingdoms dalam bahaya. Kenapa bisa akun sebesar leadership di situasi yang genting begitu diambil alih dan disalahgunakan? Di Discord, grup Telegram, Facebook, in-game forum semua menyayangkan tragedi ini. 

Lilith sebagai developer didesak menginvestigasi kasus hilangnya Alliance Fortress (Benteng Aliansi) tersebut. Bila sobat belum begitu paham, jika Benteng Aliansi dihapus maka teritori jadi tidak efektif (Ineffective), sehingga kota yang berada dalam wilayah territorial aliansi yang seharusnya aman kini bisa diserang. 

Aneh memang kenapa tiga Benteng sekaligus bisa dihapus dalam waktu yang bersamaan. Investigasi masih berlanjut, dugaan serta spekulasi bermunculan tanpa kepastian. 

Ada yang menyebut, para leader dibayar oleh pihak lawan. Di sisi lain tidak sedikit yang berkata bahwa akun mereka diambil alih dan disalahgunakan pihak musuh yang membayar orang lain. 

Terlepas apapun alasannya, ini tidak bisa ditolerir. Mencederai fair play dalam game Rise of Kingdoms, sudah game P2W, tidak butuh skil, kok masih saja main curang? Itulah kira-kira protes yang dilayangkan pemain. 

Ya, semua pemain Rise of Kingdoms. Bukan hanya dari kingdom yang menjadi korban kecurangan, tapi dari berbagai server kerajaan yang menyaksikan pertarungan sengit ini selama dua bulan terakhir. 

Ancaman pun berdatangan, Lilith diminta selidiki kasus hilangnya Benteng Aliansi di LK #C11098 pada KvK kali ini. Tak sedikit yang mengancam memboikot dan berhenti main Rise of Kingdoms. 

"Aku masih tidak percaya, kenapa ini bisa terjadi? Game ini sudah rusak disusupi orang yang pakai cheat, bot, sekarang ada lagi kecurangan yang baru? Mungkin ini akhir dari perjalanan RoK." kata akun Durong. 

Update terbaru, tampaknya Baba TC Ataturk melobi Lilith dan melaporkan 3 akun R5 dari lawannya di KvK. Ia kesal karena ketiga Kingdom tersebut membangun Benteng Aliansi saat akan maintenance. 

kvk rise of kingdoms baba tc ataturk
Ancaman TC Ataturk

Screenshot di atas diambil sebelum tragedi ini terjadi, Baba komentar dalam Live Streaming di channel Fleisch mengancam akan menggunakan uangnya untuk melakukan itu semua, ia kesal kalah strategi. 

Ini agak lucu, entah kenapa. Saya kehabisan kata-kata ngetiknya. Padahal itu tidak melanggar fair play gaming sama sekali, membangun Alliance Fortress menjelang Maintenance adalah strategi yang sering sekali terjadi di KvK sebelumnya. Ini game RTS bung.

Hanya karena seorang sultan kesal, Lilith menghancurkan sportivitas dan fair play di game online? Ketawain saja lah ya.

Tapi ya sudahlah, sebagai pemain dengan power terbesar di game, top-up paling banyak ke Lilith, Baba TC Ataturk kalau mau beli perusahaan developer Rise of Kingdoms pun bisa. Ditambah adanya konten kreator yang disponsori Lilith yakni Shinchi42 di KD yang sama. Ambyar.

Sekarang keputusan kembali ke pemain, apakah mau lanjut main atau tidak. Karena dengan kejadian ini wajar saja banyak yang hilang respect, mengurangi minat bermain, dan kecewa. Artinya ke depannya mereka bisa melakukan segala kecurangan di Rise of Kingdoms, hanya dengan melemparkan uang kepada Lilith saja. 

Buat para pemain Indonesia di KD 1664 dan 1708 tetap semangat. Lawan kalian adalah YouTuber bayaran Lilith dan sultan Turki yang diistimewakan Lilith di game ini.