Scipio Africanus Rise of Kingdoms (Legendary): Build Talent Terbaik

Dari sekian banyak figur, jenderal militer dan tokoh-tokoh di era kerajaan kuno, Lilith Games lebih memilih nama Scipio Africanus untuk komandan baru Infantry Rise of Kingdoms. Ia datang bersama dengan Flavius Aetius usai Patch 1.0.56.

Wajar kalau pemain RoK menyebut keputusan developer sangat aneh. Buat yang belum tahu kenapa, Scipio Africanus merupakan komandan generasi pertama Rise of Kingdoms yang punya Tier EPIC. 

scipio africanus rok legendary rise of kingdoms

Makanya kehadiran dia dinilai bakal membingungkan pemain ke depannya, terutama jika berdiskusi tentang Scipio Africanus RoK. 

Tapi setelah ditelusuri, di era kerajaan memang ada dua orang hebat dengan nama yang sama yakni Scipio Africanus. Untuk Scipio legend yang sedang kita bahas ini punya julukan "Hero of Zama" dengan rekam jejak mentereng di era kerajaan kuno.

Tips Memainkan Scipio Africanus Rise of Kingdoms Legend

Scipio Africanus Legend RoK punya skil Infantry - Versatility - Support. Keberadaan "Versatility" biasanya akan memaksa seorang pemain untuk expertise karena dari skil pertama hingga keempat saling berkaitan satu sama lain, contoh lain: Alexander The Great RoK atau Cheok Jun-gyeong.

Karena Scipio Africanus tidak memiliki talent Conquering atau Garrison, maka dia sangat bagus untuk baku hantam Open Field.

Skil Aktif (Unmatched Strength) : Memberikan damage langsung hingga 3 target di area berbentuk kipas (fan shapped area) yang menghadap ke depan (Damage Factor 2000 maks). 

Damage yang diberikan ke setiap target berkurang 15% untuk setiap target tambahan. Berhasil mencapai target juga menderita maksimal 30% pengurangan HP selama 3 detik.

Skil Pasif 1 (All Conquering) : Meningkatkan Attack unit Infantry sebesar 40% dan Kecepatan Bergerak (March Speed) mereka maksimal sebesar 15%. Mereka juga mendapatkan 10% peningkatan Kecepatan Bergerak di luar Wilayah Aliansi.

Skil Pasif 2 (Strategic Pressure) : Meningkatkan unit Infantry; HP sebesar 20% saat menyerang pasukan, dan memberi setiap serangan kesempatan 10% untuk menambah damage tambahan terus menerus selama 3 detik (Damage Factor 500). Efek ini dipicu setiap 8 detik sekali.

Skil Pasif 3 (Testudo Formation) : Saat pasukan di map menerima skil damage, ada peluang 50% untuk mengurangi damage itu sebesar 30% dan membentuk perisai yang menutupi hingga 3 pasukan sekutu selama 3 detik (Damage Faktor 500). Efek ini dipicu sekali setiap 8 detik. 

Skil Expertise (Fiery Rage) : Meningkatkan damage skill yang diberikan sebesar 10%. Saat target dibungkam, rage bertambah 30% lebih cepat.

Build Talent Scipio Africanus RoK Terbaik

Talent Tree Scipio Africanus Legendary di RoK cukup fokus ke Infantry. Sisanya bisa ke Support saja. Catatan: Talent akan diupdate.

Kelebihan dan Keunggulan Scipio Africanus Legend RoK

Komandan Infantry yang sangat cocok buat baku hantam di open field.

Punya skil AOE, menjadikan Scipio Legend ini sebagai salah satu komandan AOE terbaik di Rise of Kingdoms.

Memiliki skil damage yang cukup tinggi dan Health Bonus yang bikin dia jadi tebal.

Bisa dijadikan komandan utama (Primary Commander), tidak seperti Alexander Nevsky yang kebanyakan jadi komandan kedua.

Memiliki skil reduksi damage yang mumpuni.

Kekurangan dan Kelemahan Scipio Africanus RoK

× Bukan komandan yang bagus untuk PvE. 

× Harus upgrade semua skil (Expertise) jika ingin memaksimalkannya dan efektif buat war.

× Tidak ada Healing Factor ketika baku hantam.

Combo Pair Pasangan Komandan Scipio Africanus RoK Terbaik

Guan Yu - Scipio Africanus : Ketiadaan Healing Factor jadi salah satu kunci kelemahan Scipio, skil Healing dari Guan Yu bisa membantu melengkapi kekurangan Scipio. Duet ini salah satu calon Meta baru. Cek: Guan Yu RoK Talent.

Scipio Africanus - Harald Sigurdsson : Jika kamu khawatir bakal di-swarm, maka gunakan atau pair Scipio dengan Harald. Skil anti-swarm dari Harald bakal menguntungkan duet ini tanpa mengurangi damage besar dari Scipio. 

Scipio Africanus - Sun Tzu : Biasanya F2P dan Low Spender RoK punya pilihan komandan terbatas. Untuk sekadar open field, main Sunset Canyon hingga mengisi Rally dan Garrison, duet Sun Tzu - Scipio legend ini bisa jadi opsi terbaik. Keduanya sama-sama memiliki AOE berbentuk (fan-shapped area) alias bentuk kipas.

Cara Mendapatkan Komandan Scipio Africanus RoK versi Legend

Untuk bisa mendapatkan Scipio Africanus Rise of Kingdoms maka kamu harus tunggu kerajaan kamu memasuki musim penaklukan atau KvK Season of Conquest (SoC), alias kingdom yang sudah lebih dari 300 hari sejak terbentuk.

Nantinya Scipio Africanus tersedia di event Wheel of Forrtune Rise of Kingdoms. Membutuhkan Gems untuk ikut berpartisipasi, setidaknya summon dia terlebih dahulu dengan mengumpulkan 10 patung emas Scipio.