Pasangan Komandan Pakal Rise of Kingdoms dan Tips Talent Build

cara dapat pakal rise of kingdoms tips pasangan

Kedatangan K'Inich Janaab Pakal ke game Rise of Kingdoms tampaknya akan mengubah Meta yang ada saat ini. Ia kemarin diuji coba oleh para sultan dari kingdom #1412 ketika berhadapan dengan Zenobia untuk menghancurkan bendera crusader milik FcN, aliansi dari kerajaan #1077. 

Duel cukup alot, setidaknya ada 17 juta pasukan gugur dalam pertempuran Rally yang berdurasi lebih dari 2 jam tersebut. Sebenarnya kerajaan yang ditempati oleh Baba TC Ataturk dan YouTuber Shinchi42 itu bisa saja menyudahi perlawanan dengan counter Zenobia memakai komandan lain. 

Akan tetapi mereka sengaja mempertahankan rally untuk menguji coba seberapa kuat dan layaknya Pakal buat dijadikan Rally Leader. Jika efektif, maka Meta baru akan tercipta di KvK Musim Penaklukan

Sepanjang pertarungan, Zenobia memang cukup tangguh. Bahkan koalisi dari beberapa aliansi di kerajaan 412 sempat melancarkan double Rally berkali-kali dengan memakai commander berbeda, mulai dari Xiang Yu, Ramesses II, Saladin, hingga Nebuchadnezzar, semuanya gagal menumbangkan Zenobia. 

Memang sejauh ini Zenobia dinobatkan sebagai satu dari komandan Garrison terbaik di Rise of Kingdoms, khususnya untuk Lost Kingdom Season of Conquest. Namun pada akhirnya Pakal menjadi pemenang. 

Sekilas tentang komandan Pakal Rise of Kingdoms. Rilis pada Juli 2021 berbarengan dengan Cheok Jun-gyeong, Pakal dan CJ sama-sama memiliki spesialisasi memimpin pasukan Infantry. 

Baik Pakal dan CJG, keduanya hanya bisa digunakan di kerajaan yang sudah lebih dari 300 hari atau masuk Musim Penaklukan. Sedangkan untuk cara mendapatkan dua komandan ini jelas berbeda, CJG lewat Wheel of Fortune. 

Lihat statistik perang berikut, Pakal sukses menjebol tanggul Zenobia. Kita tahu Zeno merupakan komandan garrison terkuat di RoK sejauh ini. 

pakal vs zenobia rise of kingdoms


Berikut ini merupakan cara mendapatkan komandan Pakal di Rise of Kingdoms: 

1. Mightiest Governor Event 

Ya, event Gubernur Terhebat atau MGE jadi cara paling cepat namun juga tersulit untuk dapatkan commander Pakal di RoK. Kalian harus masuk minimal peringkat top 15 agar bisa dapat setidaknya 10 patung emas Pakal dan summon dia.

Kalau pun sobat tidak berhasil masuk ranking 15 besar, maka posisi 16-25 memberikan lima Sculpture Pakal. Dan itu harus sobat dapatkan secara konsisten dua kali 5 patung emas Pakal dalam 2 MGE berbeda. 

Sementara MGE ini sistemnya sekarang berbeda. Jika minggu pilihan komandannya misalnya ada Pakal, Theodora dan Constantine, maka 2 pekan berikutnya atau MGE selanjutnya belum tentu ketiga commander itu hadir lagi alias harus nunggu lama. 

Sekarang untuk meraih peringkat 25 besar MGE agak sulit, kecuali sobat berada di kerajaan yang sepi pemain P2W. Bila di kingdom Seed A/B maka jangan berharap banyak, tinggal gunakan cara alternatif di poin kedua. 

2. Card King - Raja Kartu 

Cara mendapatkan Pakal Rise of Kingdoms yang terakhir ialah melalui event Raja Kartu. Sebelumnya sudah kita bahas jadwal Card King RoK, yaitu komandan baru akan muncul apabila semua commander legend sebelum Pakal sudah hadir di Card King. 

Artinya masih sangat lama. Kecuali sobat pindah atau migrasi ke server tertua di game ini yaitu kerajaan #1001 atau #1002. Seperti yang sobat ketahui, main Card King membutuhkan keberuntungan dan tentunya pakai Gems. 

Oleh karena itu sobat harus rajin mengumpulkan Gem, jangan digunakan untuk hal tidak penting. Baca panduan: Tips Farming Gems, buat meniru cara saya mendapatkan 200 ribu gems dalam satu KvK, apalagi kalian sesama pemain F2P Rise of Kingdoms. 

Selain itu bagi F2P dan Low Spender, main event Raja Kartu cukup sampai meraih 10 patung komandan yang dimaksud saja lalu berhenti, masuk ke tab menu Komadan/Commander dan tap "Summon". 

Pasangan Pakal, Combo Pair Terbaik

Sejauh ini Pakal sangat bagus dijadikan komandan utama untuk Rally bangunan Crusader Flag/Bendera, Benteng Crusader Aliansi, dan Kota musuh. Dan pasangan terbaiknya jatuh kepada: Harald Sigurdsson, dua-duanya bagus dipasang sebagai komandan Primary (Utama) atau Secondary (Kedua) asalkan sepasang ini.

Kenapa demikian? Jika melihat skil dan keahlian mereka berdua, Pakal dan Harald punya skill "Conquering" alias Penakluk. Keduanya memang komandan yang dibuat untuk menyerang bangunan milik lawan.  

Pakal punya Shield yang bisa meminimalisir damage dari lawan sebesar 500 (maksimal), dan bonus damage tambahan maksimal 5%, sementara Harald bertugas memberikan Attack tambahan dengan total maksimal 65% damage jika Expertise semua skilnya. 

YouTuber Chisgule sudah melakukan pengujian seberapa efektifnya Pakal buat perang di open field. Hasilnya sama sekali tidak memuaskan, buat kalian F2P dan Low Spender yang bukan Rally Leader, hindari menggunakan patung emas buat Pakal.

Terakhir, komandan Pakal biasa digunakan oleh sultan Rise of Kingdoms. Jarang sekali F2P memimpin rally menggunakan Pakal, apalagi di KvK yang terasa aroma P2W seperti Musim Penaklukan (Season of Conquest).