Cara Menambah SDA Aliansi Rise of Kingdoms dengan Cepat

Sudah bukan rahasia lagi ya sobat, kalau RSS atau SDA itu sangat amat dibutuhkan di game Rise of Kingdoms. Bukan hanya untuk para pemain, tapi juga sebuah aliansi membutuhkan banyak SDA. 

Kalau bagi pemain, SDA seperti Food, Wood, Stone dan Gold bisa digunakan untuk upgrade level bangunan, melatih pasukan, healing troops, sampai riset teknologi di Academy. Semua pemain butuh RSS/SDA. 

cara menambah sda aliansi rss alliance

Begitu juga SDA aliansi yang masih sama terdiri dari Makanan, Kayu, Batu dan Emas itu mesti dikumpulkan. SDA pada aliansi berguna untuk memperluas teritori atau wilayah dengan membangun bendera (Alliance Flag) hingga benteng aliansi (Fortress). 

Apalagi saat ajang Lost Kingdom atau event KvK berlangsung, sebuah aliansi harus mempersiapkan banyak SDA. Khusus KvK 4 dan seterusnya (Musim Penaklukan), ada satu RSS tambahan yakni Crystal. Baca: Cara Dapat Crystal Rise of Kingdoms.

Lantas bagaimana cara memperbanyak SDA aliansi dengan cepat? Berikut panduan sederhananya: 

1. Farming di dalam wilayah aliansi

Contohnya aliansi sobat identik dengan teritorial warna biru, maka kalian harus farming mengumpulkan SDA di dalam wilayah alliance supaya SDA di Storehouse atau gudang ikut terkumpul. 

Makanya di awal-awal terbentuknya sebuah Kingdom, kita dilarang farm RSS/SDA di wilayah aliansi lain dan begitu sebaliknya, jangan biarkan warga aliansi lainnya farming di teritorial kalian. 

Ini tujuannya agar tidak menghambat progres sebuah aliansi. Untuk mengumpulkan SDA di early game sangatlah sulit, butuh banyak pemain aktif dan kompak mematuhi perintah pejabat atau pimpinan aliansi. 

Catatan: Untuk farm Gems di dalam teritorial tidak berpengaruh apapun ke aliansi, hanya saja member mendapatkan buff Gathering Speed 25%.

2. Bangun Bendera di Resource Point

Resource Point merupakan lumbung SDA aliansi yang pasif, dan memproduksi RSS dengan jumlah terbatas dalam waktu satu jam. Cek screenshot berikut: 

menambah sda aliansi rok
SDA Aliansi "Stone" Bertambah 1500/jam

Contoh pada gambar di atas Resource Point Stone Deposit, artinya aliansi bernama [S~LN] akan mendapatkan 1500 batu/Stone per jamnya dari sana hanya dengan membangun bendera dan RSS point harus berada dalam wilayah aliansi ketika membangun bendera. 

Itulah kenapa sebuah aliansi haruslah memperluas teritorinya bukan cuma dengan memperbanyak bendera asal-asalan tapi juga harus mencakup Resource Point sebanyak mungkin.  

RSS Point ini disebut sebagai penghasilan pasif SDA aliansi. Untuk mengetahui apakah sudah bertambah atau sebanyak apa progres peningkatannya silakan cek di Aliansi > Storehouse

3. Pemain Aktif Menambah Kredit Aliansi

Satu RSS atau SDA yang paling penting bernama Alliance Credit, ini ibarat kata koin aliansi (Silver Coin) yang kita sering gunakan untuk mendapatkan passport Rise of Kingdoms di Alliance Shop (Toko Aliansi) atau beli teleport item, speedup, VIP Poin dan sebagainya. 

Alliance Credit ini berguna juga untuk membangun bendera, Benteng (Fortress) dan membuat lumbung aliansi atau pusat SDA (RSS Pit) bagi para member mengumpulkan SDA sekaligus. 

Ada pun cara mendapatkan kredit aliansi warna kuning itu semua anggota harus aktif membantu satu sama lain, menekan tombol Help, lalu didapat juga dari chest hadiah hasil top-up member aliansi tersebut. Cek juga: Hadiah Ulang Tahun Rise of Kingdoms.

Pokoknya banyak kegiatan dan aktivitas member yang bisa menambah kredit sebuah aliansi, makanya kalau sobat adalah R4 atay R5 (Pejabat dan pemimpin) aliansi, rekrutlah pemain yang aktif agar bisa saling bantu berprogres lebih cepat. 

Seperti itu ya pembahasan kali ini mengenai cara menambah SDA aliansi Rise of Kingdoms emang dibutuhkan kekompakan dalam bermain game RoK, semua pemain di suatu kingdom harus bekerja sama. Tidak ada istilah solo player, itulah uniknya game ini.