3 Penyebab BiSH Bubar, Idol Group Jepang Populer

Kabar kurang bagus buat semua sobat wota yang mengidolakan grup ini, pasalnya manajemen mengumumkan BiSH bubar. Hal itu disampaikan melalui konser darurat yang digelar tadi. 

Awalnya penggemar dibuat terkejut karena grup memulai konsernya dengan setlist daftar lagu yang mereka bawakan saat pertama kali debut pada tahun 2015 silam. Seangkatan sama member NGT48 generasi pertama.

penyebab bish bubar

Setlist atau lagu panggung dengan nama "THIS IS FOR BiS" ini berisikan sejumlah lagu yang membuat para fans dan member terasa nostalgia. Jadi wajar saja sempat bikin heboh. 

Kronologi dan Penyebab BiSH Bubar

Saat diputar dan menampilkan setlistnya, ada 82000 lebih orang yang menonton konser BiSH secara online melalui live stream. Ditambah grup ini pun menampilkan layar hitam dengan video kilas balik perjalanan mereka selama 6 tahun terakhir. 

"Kami, BiSH, akan bubar pada 2023." demikian ucap Aina, salah satu anggota yang juga pemimpin grup. Sontak pengumumannya bikin viral, jadi trending topik di Twitter dan jejaring sosial Ameblo. 

Media Jepang langsung meliput kabar pembubaran BiSH. Idol group yang selama ini dikenal memiliki jumlah fans yang loyal dan cukup banyak di negeri Sakura itu ternyata dibubarkan. 

"BiSH akan bubar pada 2023. Kami berjanji akan membuat 2022 menjadi tahun terbaik, mari kita buat memori indah bersama." tulis akun Twiter ofisial @BiSHidol. 

Sepinya Peminat

Mungkin BiSH adalah grup yang punya banyak peminat di awal mereka terbentuk. Namun mereka tidak memiliki konsep seperti AKB48 Group dan Morning Musume dengan sistem regenerasi member. 

Memang mereka suka merekrut anggota baru, namun hanya dilakukan apabila ada dari member lama yang keluar. Contohnya saat Yukako Love Deluxe dan Hug Mii hengkang, BiSH mengumumkan membernya yang baru. 

Hingga dibubarkan saat ini, anggota BiSH terdiri dari Aina The End, Ayuni D, Sentochihiro Chicchi, Lingling, Hashiyasume Atsuko, dan Momoko Gumi. 

Kasus Manajer

Sejatinya BiSH adalah penerus grup yang dibubarkan lebih dulu yakni bernama BiS. Kedua idol group tersebut dibentuk oleh Watanabe Junnosuke yang juga mengurus beberapa grup lain. 

Namun sobat bisa baca artikel kamu di: Kasus Watanabe Junnosuke, rumornya penyebab BiSH bubar salah satunya adalah akibat dari skandal manajer mereka sendiri. 

Watanabe bahkan belum menyelesaikan kasusnya ini hingga sekarang. Sehingga ada kemungkinan kenapa BiSH dibubarkan adalah manajernya tersandung kasus.

Bukan Prioritas

Berdasarkan kabar dari forum internet di Jepang, menyebutkan bahwa Watanabe Junnosuke dan timnya berbicara langsung terhadap member BiSH bahwa mereka tidak dalam prioritas. Baca juga: Yasushi Akimoto Bakal Pensiun dengan Satu Syarat.

Hal itu membuat banyak anggota BiSH yang enggan memperpanjang kontrak profesional. Sementara di satu sisi BiSH bukanlah prioritasnya Watanabe yang lebih berfokus ke WACK. 

Sejumlah staf BiSH juga telah mengundurkan diri pada pertengahan 2021, atau sejak jauh hari sebelum diumumkan bahwa BiSH bubar pada 2023 nanti.